alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Education /
Beasiswa Kuy
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5be5860e620881c85a8b456e/beasiswa-kuy

Beasiswa Kuy

Ada beasiswa dari bank konvensional ambil atau jangan?

Menurutku si yang aman mending beasiswa bank konvensional jangan diambil, karena sepemahamanku bahwa bank itu bukan termasuk ke pemerintahan melainkan badan yang bekerjasama dengan pemerintah. Sama halnya dengan kampus, yang dalam lingkup mahasiswa bisa dikatakan sebagai pemerintahannya sedangkan bank merupakan lembaga yang menjalin kerjasama mutualisme dengan kampus (bukan kampus/pemerintah yang mendanai).
Beda halnya dengan beasiswa yang ditawarkan oleh badan yang termasuk ke pemerintahan seperti Kemenristek Dikti, beasiswa pemprov, dll. Hal itu jelas bahwa pemerintahlah yang mendanai beasiswa tersebut dan menurutku itu boleh kita ambil, sedangkan bank konvensional bagaimana? Apakah pemerintah yang mendanai? Tentu bukan kan? uang hasil keuntungan merekalah yang digunakan untuk mendanai keperluan beasiswa. Dan jelas bahwa bank konvensional mendapatkan keuntungan dengan jalan yang sebagian besar adalah jalan riba. Yaa mungkin ada juga sistem perbankan yang diperbolehkan (saya kurang paham). Tapi meskipun begitu tetap saja dana dari mereka itu menjadi syubhat. Bukankah dalam Hadits Arba'in Rasulullah ﷺ bersabda:
"Sesungguhnya yang halal itu jelas dan yang haram itu jelas. Di antara keduanya terdapat perkara-perkara yang samar(syubhat) yang tidak diketahui oleh orang banyak. Maka siapa yang takut terhadap syubhat berarti dia telah menyelamatkan agama dan kehormatannya. Dan siapa yang terjerumus dalam perkara syubhat, maka akan terjerumus dalam perkara yang diharamkan. Sebagaimana penggembala yang menggembalakan hewan tembakannya disekitar ladang yang dilarang untuk memasukinya, maka lambat laun dia akan memasukinya. Ketahuilah bahwa setiap raja memiliki larangan dan larangan الله adalah apa yang Dia haramkan. Ketahuilah bahwa dalam diri ini terdapat segumpal daging, jika dia baik maka baik-lah seluruh tubuhnya dan jika dia buruk, maka buruklah seluruh tubuhnya; ketahuilah bahwa dia adalah hati "
Nah dari hadits tersebut bisa kita ketahui kan bahwa jangan sekali kali kita mendekati perkara syubhat.
Jadi menurutku mending jangan diambillah uang dari bank, jangan buru-buru diambil meskipun kita tau nominalnya yaa lumayan untuk bisa bantu bayar UKT. Toh masih ada juga beasiswa yang bener-bener jelas dari pemerintah kayak Bidikmisi dkk. Rezeki udah diatur, tinggal kitanya mau ambil lewat jalan mana ya kan?
Gitu sih pendapatku, mohon maaf kalo ada yang gak sependapat 🙏
Oiya aku ngasih argumen ini juga karena udah pernah ngalamin yaa tentang perkara-perkara riba dan bener bahwa الله ngajak perang orang yang ikut ke riba :'v , jadi jangan sekali-kali lah deketin apalagi ambil perkara riba😂

Walaataqroburriba 💪
والله اعلم
yang ane katahui bank konvensional yang sebagian ulama mengatakan berpenghasilan haram membayar pajak kepemerintah dari penghasila haram itu sehingga menurut ane semua penghasilan Pemerintah "subhat" karena penghasilan yang halal bercampur juga dengan penghasilan yang haram kita tidak tahu emoticon-Big Grin
Quote:


Wahh bener juga yaa, jadi syubhat tuh. Jatuhnya ke pajak yaa 😂


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di