alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Story / Heart to Heart /
Kenapa Aku Gampang Banget Marah: need help
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5be5750e1a99752a258b4567/kenapa-aku-gampang-banget-marah-need-help

Kenapa Aku Gampang Banget Marah: need help

Selamat malam agan dan sista, gw pernah nulis beberapa curhatan di forum ini. Gak banyak sih tetapi kalau gw menemukan jalan buntu atas kegalauan gw. Pasti gw tulis. I think, I always need your opinion brother,

PENGANTAR
---------------------
Mulai sebulan lalu, kira kira pertengahan atau awal bulan Oktober. karena gw terpicu (triggered) tantangan teman gw untuk lari marathon akhirnya gw rajin latihan meskipun hanya satu minggu dan enggak gw lanjutin lagi. ada beberapa perubahan sih dari diri gw. tidur teratur, mulai bersemangat dan lebih bahagia.

dibalik sisi positif itu ada hal yang selama ini gw benci dan gw ubah sejat tahun - tahun lalu muncul lagi gan. entah kenapa gw jadi gampang meledak - ledak dan marah. padahal hanya masalah sepele gw marahnya bisa gede.

KEJADIAN
-----------------
gw kerja di universitas gan, sebagai tenaga kependidikan. lalu biasanya komunikasi kita lewat WA. jadi gw bertanya kepada teman gw

"gw gak ikut rapat nih, karena pelatihan, hasil rapatnya apa?" (ini gw tanya ke beberapa temen untuk klarifikasi tiap jawaban mereka berhubung gw salah satu penanggung jawab)

temen gw jawabnya gini
"lu udah tanya bunga kan (nama samaran) ya itu isinya"

terus dengan caplock jebol gw jawab sambil emosi
"SIMPLE, LU TINGGAL JAWAB APA YG GW TANYA, GAK USAH JAWAB YANG LAIN"

mulai dari situ langsung sakit kepala gw emosi.

KEJADIAN 2
____________
setelah itu gw langsung emosian nih. jadi gan hahah di lobby gw itu. berhubung gw kerja di perpustakaan. ada lt.1 tempat mahasiswa nyantai, ngobrol, makan dipasang tulisan (quiet area). dalam hati gw sambil emosian dan marah.

"WTF, anj***. bodoh banget ini. harusnya meletakkan rambu rambu begitu ada kajiannya dan pertimbangan enggak asal letak seenak udel. biasa orang pintar dengan kelakuan bodoh"

KEJADIAN 3
-------------------
hari ini. gw jadi asisten pelatihan. jam 8.30. udah sewajarnya dong gw harus tepat waktukan. tapi gw anggap remeh banget. gw datang jam 9.30. Sampai atasan gw panik gan. WA gw begini

"mas absen belum disiapkan, souvenir untuk peserta juga, mohon sekali lagi datang tepat waktu ya"

dan gw jawab dengan emosi dan sebel gan
"Absen sudah disiapkan dari hari kamis bu. dan kami pegawai tidak tetap masuknya jam 11 bu ini baru jam 8.30 dan tidak dihitung lembur jadi ini kerja sukarela namanya" (jadwal shift gw jam 1.001 - 19.00 gan. kalau kerja 8.00 - 11.00 gak ada gajinya)

gila ya. gw yang salah, gw yang marah marah.

HELP
_____
gan dan sista gw tersiksa karena gampang emosian begini. gw gak suka marah marah gan. Doi juga sering gw marahin gan T_T sampai nangis kadang. apa yang terjadi sama gw Gan. help... gw gampang banget juga mengeluarkan kata "bunuh", "penggal" dsb. kadang ketika gw pulang kerja gan kan jalan kaki tuh ya lewat jalan sepi. saat sepi itu gw nangis (duh malu sebenarnya cowok nangis) iya gw nangis agar marah di hati gw reda dan kepala gw gak pusing. kemarin saat marah dan pulang kerja gw telepon ibu dan gw nangis (agak gw tahan - tahan sih ntar ibu gw sedih) sambil ngomong ke ibu gw "kangen". btw ts anak rantau gan.

gw butuh nasihat agan. terima kasih gan sudah membaca curhatan ane yang tak seberapa ini

UPDATE 10 NOVEMBER 2018
------------------------------------------
ane udah baca beberapa saran dari agan, akan ane balas di komentar
ini salah satu dampak yang ane dapatkan dan jadi pelajaran hidup buat ane. Hubungan ane dengan doi berakhir karena hal ini. gw paham gw salah. mungkin jadi pelajaran hidup berharga. dan gw sepertinya batal menikah lagi.
Diubah oleh handdy21
Halaman 1 dari 3
Saya termasuk sulit buat marah. Karna karakter saya terbangun dari orang tua yang sangat sabar. Tapi, sekalinya saya marah, akan sangat lama untuk reda. Sampai semuanya benar2 jelas bagi pemikiran saya.

Marah yang meledak ledak biasanya karna menganggap orang lain lebih bodoh dari kita. Harus ideal menurut kita. Orang lain tidak boleh berbuat salah. Dan biasanya juga agar orang yang kita marahi merasa "nunduk" dan merasa "pantas" untuk kita marahi.

Solusinya sederhana, Marah itu Pilihan. Bagi saya, marah itu capek. Capek2in diri kita aja. Dan belum tentu orang yang kita marahi bisa nerima dan menghapus memori tentang kemarahan kita begitu saja. So, jadinya kita yang rugi.

Rugi itu biasanya efek dari marah yg meledak ledak karna ketika ada permasalahan yg bikin kita marah tidak kita cermati terlebih dahulu. Tidak kita cari alasannya, dll. Karna sebetulnya, bisa jadi, kita tidak perlu bertindak semarah itu.

Pengendalian diri sangat penting. Jika anda muslim, perbanyak istighfar. Perbanyak menyadari bahwa kita manusia juga banyak kekurangan. Dan yang pasti, belajar dari kerugian yang kerap terjadi dari marah yang meledak ledak itu.

Banyak sabar ya.


Good luck.
banyakin istighfar,ato mungkin nte musti di rukyah
Semangatnya terlalu gan, ente harus bisa menstabilkan semangat trsebut...
Fokuskan semangat itu ke arah yg lebh positif....
Teetap tenang....
Mengatur pernafasan juga bisa menstabilkan smngat yg bergelora...
Ga semua hal bisa berjalan sesuai pemikiran dan mau ente. Kayaknya ente marah gara2 ngarep semua hal harus seperti yang ente mau. Dari 3 contoh yang ente tulis kayaknya 2 tergolong sangat sepele, sementara yang 1 itu ente ga profesional dengan pekerjaan ente.

Coba introspeksi. Ga usah segala hal dibawa jadi marah2. Cek darah ke laboratorium boleh juga. Barangkali tekanan darah ente tinggi.
Coba deh agan cuti sehari trus pergi keluar kota misalnya trus renungin.. Agan menikmati dengan kehidupan sosial agan sekarang atau enggak? Apa yg bikin agan jadi gini? Lingkungan tempat tinggalkah? Lingkungan kerja kah? Kalo merasa ada yg salah dan ada yg gak cocok coba ambil tindakan buat merubah gan.. Hehe
Marahlah sblm marah itu dilarang.
Kalau tidak sempat cuti :
1. Meditasi
2. Yoga
3. Coba atur nafas kalau lagi marah. Hitung 1-10.

Kalau bisa cuti, coba liburan.
pemarah biasanya karena merasa superior, yg kaya begitu biasanya disentil dikit juga kicep.
coba baca baca situs humor/ nonton acara komedi, mungkin bisa buat nahan tempramen agan emoticon-Big Grin
Permasalahannya lu udah tau, dan kenapa gak lu coba atasi?

Lu bisa aja coba untuk menahan rasa amarah lu, apapu itu.
Quote:


Ane orangnya juga temperamen..
Tapi mungkin ga keliatan di kaskus emoticon-Ngakak

Kalo di kantor, kalo ane lagi bener2 uring2an, jangankan ngomong sama ane, orang yang udah liat cara ane natap orang aja bisa kabur emoticon-Ngakak (S)

Cara kontrolnya:
1. Sadari, bahwa sia-sia kalo merespond suatu hal dengan emosi. Ane jadi ga bisa dapetin mau ane dalem orang itu. Karena dia luka hati, sehingga dia bakal jadi defensif.

2. Berusaha melihat dari kacamata dia. Kayak kejadian nomor 3, kalo ane jadi agan, ane akan coba ngeliat kenapa dia suruh ane tepat waktu. Apakah emang karena ane telat, atau karena ane kurang komunikasi.

3. Salurin emosinya. Entah mau teriak sekenceng2nya, atau mau tonjok tembok sampe tangan merah2 atau tendang bola sekencengnya atau apa gitu, tiap orang beda2. Curhat pun salah satu buat salurin emosi.

4. Jangan stress
Laa Taghdobh, Innallaha ma'asshoobiriin

Jangan lah engkau marah krn Allah brsama orang2 yg sabar

Bisa cobain telor asin herbal gan, lumayan bisa redam amarah krn rasanya yg meneduhkan emoticon-Big Grin
Diubah oleh englishlupherz
Belum ketemu yg cepat naik darah saja. Selama ini kamu marah2, merasa jumawa, karena gak ada yang melawan balik, pada ngebaik-baikin, pada menghindar kan.

Hati-hati saja. Sekali meledak ke lawan yang salah, kadang bukan hanya makian, kepalan tinju, nyawa pun bisa menghilang.


Quote:


Saran dari agan polos patut dicoba nih kaka ts
Quote:


Setubuh, ane juga sekarang dikit2 marah kalau orang laen melakukan hal yang bodoh. Padahal kalau ane pikir2 kenapa ane harus marah.

Kadang mau gak marah tapi mulut gak bisa ditahan
kejadian pertama.
bagi ku wajar kamu marah.
aq juga klo sering digituin suka sebal.
jawaban tanya si A ato si B itu bagi ku bukan jawaban yg tepat.
masih mending dia jawab gak tau.
aq paham koq, nanya ke A disuruh nanya ke B, nanya ke B disuruh nanya ke c.

karena kesan nya dia menghindar.
kejadian 2, aq gak ngerti maksud mu apa.
kejadian 3.
next time profesional aja.
kadang kerja itu jadi kerja bakti.
kamu masih enak dicari2 pas pagi, coba liat orang2 yg kerja nya standby.
malam2 masih terima krjaan, jam 1 pagi masih ditelponin.
Aq dulu bisa support 24 jam. Kadang ditelpon pas jam 11 malam, jam 3 pagi, lagi makan malam ditelponin.
Bagi ku, kamu komplain dan gak profesional itu lucu.
Hati2 aja dengan attitude mu.
Salah mu itu, telat lalu gak koordinasi ke doaen.
Aq klo telat (pasti nyari alasan, baik itu beneran telat or lagi malas).
Lalu mendelegasikan tugas or hand over.
Misal nya kerja tandem si A, aq bakal bilang ke si A aq telat, lalu bilang absen n suvenir nya ada di situ. Lalu ngubungin atasan, pak bu maaf saia telat. Saia udh infoin ai A , abseb suvebir nya ada di tempat ini.
Kan enak.
Kamu gak bakal jadi sasaran tembak.
Dan bola panas nya bukan di kamu.
Begitu kamu datang, kerjaan udah smooth.

Penyebab marah or itu banyak.
Cuma saat kamu ngerasa pingin marah sebenarnya ada beberapa detik buat kamu ambil keputusan.
Bakal marah ato bakal let it gone.
Di aq waktu yg singkat itu kayak waktu saat pikiran normal mu masih kerja.
Klo udah mwledak marah nya ya gak bekerja lagi pikira normal mu.
Aq sering ngerasa gitu.
Mostly saat ada triger, aq ngerasa ada sedetik dua detik buat maw apa nich selanjutnya.
Apalgi kalo kamu tipikal yg sensitif.
Well kuakuin aq tipe sensitif.
Itu meati byk2 nahan amarah.
Dicolek dikit kesinggung.
Digas dikit keainggung.
Dibecandain dikit kesinggung.
Aq sich sekarang udh jarang marah.
Mungkin gegara ibadah kali ya.
Diubah oleh enam.kehendak
Jangan marah, maka bagimu surga..
uda ke psikiater gan?
Balasan post mooncrit
Quote:


terima kasih gan sarannya. gw berusaha banyak bersabar. tapi memang itu sulit gan. kadang sedih juga ingat ketika gw marah. malah gw juga merasa bodoh sendiri
Balasan post kucingkuncung
Quote:


sepertinya ini gw kurang istigfar, kurang mengingat Allah, untuk rukyah ane belum coba gan pernah berpikir begitu tetapi gak jadi karena saat ane dengerin ayat ayat rukyah gak ada masalah. thanks for ur suggestion
Halaman 1 dari 3


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di