alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Indonesia Update /
IPS Forum Ajang Perbaikan Pelayanan Publik
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5be5718362088153458b4585/ips-forum-ajang-perbaikan-pelayanan-publik

IPS Forum Ajang Perbaikan Pelayanan Publik

IPS Forum Ajang Perbaikan Pelayanan Publik

JPP, JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin menyatakan bahwa The Internasional Public Service (IPS) Forum 2018 merupakan sebuah ajang untuk memperbaiki kualitas pelayanan publik yang dilakukan pemerintah.

Pasalnya, IPS Forum menyajikan inovasi dari sektor layanan publik yang berasal dari Top 40 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP), serta menampilkan inovasi dari mancanegara, khususnya pemenang ajang United Nations Public Service Awards (UNPSA).

“IPS Forum dapat dijadikan bekal dan acuan untuk memperbaiki pelayanan publik pada masing masing insatansi pemerintah, swasta, maupun sektor private,” ujarnya dalam acara Closing Ceremony IPS Forum di Jakarta, Kamis (8/11/2018).

Menurutnya, apa yang ditampilkan dalam IPS Forum dapat menginspirasi dan menginovasi para pengunjung serta peserta sendiri, yang hasilnya bisa dirasakan dikemudian hari.

Selain menyuguhkan inovasi layanan publik, IPS Forum pun menghadirkan transfer knowledge melalui forum diskusi yang diisi oleh narasumber di tingkat nasional maupun internasional.

Melalui forum diskusi tersebut, para penyelenggara layanan dapat mengetahui gambaran serta kondisi dari layanan yang berada di tiap negara, sehingga hal yang baik dapat direplikasi.

"IPS Forum adalah etalase dan miniatur bagi manifestasi layanan yang dapat direplikasikan dan perlu diketahui masyarakat," tutur Menteri Syafruddin.

Meski demikian, dirinya mengajak para inovator untuk tidak cepat berpuas diri, karena perbaikan harus terus dilakukan.

"Kolaborasi aparatur negara dan masyarakat sangatlah penting dilaksanakan untuk menciptakan birokrasi yang berjiwa entrepreuner, birokrat yang cepat dan adaptif terhadap perkembangan zaman yang berubah sedemikian cepatnya," terangnya.

Lebih lanjut Menteri Syafruddin menyampaikan bahwa pelayanan publik adalah siklus yang dinamis atau selalu berubah mengikuti bertumbuhnya peradaban dan tren kebutuhan masyarakat.

Oleh karenanya, Ia mengimbau kepada instansi pemerintah untuk jangan ragu mencontoh hal yang baik untuk masyarakat, namun juga jangan berhenti untuk berinovasi karena inovasi adalah kunci mendorong keterbukaan tentang pengetahuan baru, mengubah platform culture dan mindset ego sektoral instansi menuju pemerintahan yang dinamis.

“Mari berkaca sejauh mana layanan publik kita bisa bersaing, bahkan disejajarkan dengan praktek pelayanan terbaik di berbagai belahan dunia. Dengan demikian kita tahu segala kekurangan. Sudah saatnya Indonesia bangkit untuk melayani,” tandasnya.

IPS Forum yang diselenggarakan Kementerian PANRB dilaksanakan selama dua hari yakni pada 7-8 November 2018. Acara yang dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla tersebut menampilkan pameran inovasi pelayanan publik dari Top 40 KIPP serta pemenang UNPSA seperti Azerbaijan, Georgia, dan lainnya.

Selain itu, IPS Forum juga menampilkan diskusi yang diisi oleh inovator yang dianggap berhasil menyelenggarakan layanan publik di instansi masing-masing. (prb)


Sumber : https://jpp.go.id/nasional/pemerinta...layanan-publik

---

Kumpulan Berita Terkait NASIONAL :

- IPS Forum Ajang Perbaikan Pelayanan Publik Resmi Dibuka, 867 Perusahaan dari 60 Negara Ramaikan Indo Defence 2018 Expo & Forum

- IPS Forum Ajang Perbaikan Pelayanan Publik Gelar Rakerda, ATR/BPN Evaluasi Kinerja Kanwil BPN Provinsi

- IPS Forum Ajang Perbaikan Pelayanan Publik Kementerian PUPR Siapkan 8 Km Jalan Akses Ke Pelabuhan Patimban



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di