alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Kesan kaskus Menurut Silent Reader : “Dari Komunitas Untuk Komunitas”
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5be52e77529a452b458b4567/kesan-kaskus-menurut-silent-reader--dari-komunitas-untuk-komunitas

Kesan kaskus Menurut Silent Reader : “Dari Komunitas Untuk Komunitas”



Kesan kaskus Menurut Silent Reader : “Dari Komunitas Untuk Komunitas”


 
Di dalam forum kaskus terdapat berbagai jenis kaskuser seperti kaskuser yang hobi pertamax, kaskuser yang hobi ngejunk, kaskuser yang hobi ngehoax, kaskuser yang hobi membuat sindiran sarkasme, kaskuser yang alim (seperti ane), kaskuser yang rajin update, kaskuser yang hobi badge, kaskuser yang tukang tipu, kaskuser yang tukang jual beli barang ataupun kaskuser yang hobi cendol.

Kesan kaskus Menurut Silent Reader : “Dari Komunitas Untuk Komunitas”


Ada beragam macam jenis kaskuser di forum yang tercinta ini. Saya sendiri termasuk kaskuser yang hampir tergolong silent reader. Kaskuser silent reader adalah kaskuser yang jarang ngepost di forum namun terus  mengikuti perkembangan kaskus dari Jaman ke jaman. Pada Umumnya kaskuser seperti ane yang paling setia ama kaskus karena kita tidak akan bosen seperti halnya kaskuser militan atau aktivis kaskus yang rutin ngepost dan reply setiap hari. 

Kaskuser Silent reader pun jarang sekali terlibat keributan dengan sesama kaskuser tapi tetap aktif mengikuti event dan acara – acara online maupun offline yang dibuat kaskus. Ada juga sih yang benar – benar silent reader alias gak pernah posting. Lah ngapain bikin id yakh !! hehe

Di Ulang Tahun Kaskus , saya ingin memberikan gambaran bagaimana kesan saya dengan perkembangan kaskus selama ini. Kaskus telah menemani saya dari mulai smp hingga saya beranjak dewasa seperti sekarang .

Kesan kaskus Menurut Silent Reader : “Dari Komunitas Untuk Komunitas”


Berawal dari Komunitas yang tidak mempunyai tempat kumpul.

Awalnya dulu masuk kaskus bermula dari teman – teman komunitas gamers yang ingin mengetahui cheat  game , review game terbaru dan sebagainya. Nah bareng dengan beberapa teman sekolah saat itu untuk masuk ke forum kaskus.  Saya juga tergabung di forum gamers lainnya yaitu Indo***ers,  G*****, A***** yang sudah tidak jelas lagi sekarang forumnya.  Owh yah just for info, ini bukan id pertama saya karena saya pernah vakum 2 – 3 tahun dari kaskus dan lupa passwordnya.

Nah dari sekian forum yang saya masukin, hanya kaskus yang bertahan cukup lama dan masih cukup solid dibandingkan forum sejenis. Mungkin ini disebabkan karena kaskus dikelola secara profesional dan tidak melupakan anggota forumnya.  Contohnya saja : Banyak berbagai acara komunitas disupport langsung oleh kaskus, hadiah – hadiah buat para anggotanya yang berpartisipasi dalam acara kaskus dan lainnya.  Ini menunjukkan meskipun kaskus dikelola secara professional dan mendapatkan keuntungan finansial . Kaskus masih memikirkan komunitasnya dan mau mengeluarkan uang atau hadiah  (meskipun tdk besar nominalnya)  untuk komunitas yang mengadakan acara. Kaskus menganggap komunitas adalah bagian penting dari mereka.

Nah memasuki tahun demi tahun, komunitas gamers saya menghilang satu per satu dikarenakan berbagai banyak hal diantaranya faktor umur, dan uang.  Setelah tidak ada teman forum, saya mulai mengikuti  thread – thread dengan topik menarik yang ada di beberapa forum. Nah disini saya mulai masuk ke bagian fjb yang model jaman dulu. Memulai penjualan di kaskus  dan selama di fjb saya menemukan banyak skandal penipuan yang dilakukan oleh para kaskuser. Kasus rekber mandiri  juga menjadi masalah tuh sebelum  kaskus bikin kaspay . Akhirnya saya berhenti berjualan di fjb kaskus dan balik kembali menjadi silent reader.

Thread di kaskus ini banyak menarik saat dulu karena banyak diisi oleh kalangan akademisi,  kalangan profesi maupun kalangan praktisi yang benar – benar memahami  persoalan maupun cara membuat sesuatu. Saya dapat belajar banyak hal dari mereka – mereka tersebut. Nah sayang sekali banyak dari thread maker yang bagus itu sudah tidak aktif posting di kaskus.  Kalau sekarang, kaskus lebih banyak thread copas dari google ataupun thread sederhana yang sudah diketahui oleh masyarakat.  Mungkin terjadi regenerasi dari kaskuser sehingga mungkin kaskuser yang menurut saya masih pada muda ini kedepannya dapat terus mengembangkan topik – topik yang edukatif dan menarik. Jangan mengejar uang tapi berikanlah thread – thread yang edukatif dan produktif maka uang akan mengikutimu.

Kaskus sendiri telah menyadari hal ini dan terus mengembangkan inoivasi dan ketrampilan para  kaskus creator. Namun sebaiknya kaskus creator ini juga mungkin dapat diisi dari penunjukkan  pihak kaskus  pada  orang – orang yang memiliki latar belakang dan pengalaman yang mumpuni sehingga thread yang dihasilkan akan lebih baik lagi dan tidak sebatas berita singkat . Kedalaman dari sisi edukatif thread menjadi hal penting di forum seperti ini sehingga menarik pembaca maupun pemasang iklan.  Saya sih menyarankan agar pihak kaskus juga menghire secara part time saja seperti yang dilakukan koran - koran konvensional saat ini. Jadi selain thread dari masyarakat , ada juga thread dari kontributor yang benar - benar ahli dan bukan hanya ngiklan yah.

Di kaskus ini, menurut saya juga  ada beberapa oknum moderator yang seharusnya dipensiunkan karena terlalu galak, tidak aktif ataupun terlalu sepi forumnya. Salah sedikit, id diban atau ditembak bata. Mungkin perlu adanya handle dari pihak kaskus  untuk oknum momod yg tidak aktif karena momod khan juga tidak dibayar besar dan berasal dari sukarelawan.  Sekedar sharing, forum sejenis selain kaskus pernah menerapkan kebijakan momod dari komunitas namun berakhir forum tersebut hancur karena sifat egois maupun ketidak aktifan momod. Tidak semua momod seperti ini yah dan beberapa momod kaskus justru sangat baik serta berdedikasi tinggi..  Saran saya ada baiknya bahwa seluruh momod ini juga dibackup tugasnya secara rutin oleh kaskus officer sehingga  forum ini semakin terjaga kualitasnya terutama dalam membasmi id – id militan pencipta hoax dan marketing. Sepertinya saran terakhir sudah dijalankan namun saya masih menemukan id - id pencipta hoax itu berkeliaran. Ntah itu id2 maunya apa yah wkwkwkw..

Kesan kaskus Menurut Silent Reader : “Dari Komunitas Untuk Komunitas”


Menjadi Bagian dari Komunitas – komunitas Indonesia.

Kelebihan kaskus dibanding forum  sejenis adalah kaskus memiliki reputasi baik di mata komunitas di Indonesia. Penanganan yang profesional  dan cepat oleh pihak  kaskus bagi para biang masalah dan penipu merupakan kesan yang bagus di mata saya. Saat ada penipuan yang dialami kaskuser maka officer maupun momod akan berperan serta dan update untuk menemukan penipu tersebut. Ini hal yang luar biasa dan sangat patut diapreasiasi. Nah ini perlu dipertahankan oleh pihak kaskus. Komunitas sangat senang dengan hal ini maka  Kaskus majulah bersama komunitas.

Menurut saya , kaskus selama ini tidak pernah melupakan komunitasnya  dan sangat baik. Namun pemberantasan id – id bernada sara dan militan penyebar hoax serta permusuhan yang bermunculan di kaskus perlu adanya penanganan dan perhatian dari kaskus. Mereka secara terstruktur dan masif justru memecah secara perlahan para kaskuser. Menurut saya ini akan berbahaya bagi kaskus karena saya pernah mengalami hal sejenis di forum lain dan ketika pihak forum terlalu menjunjung kebebasan berbicara. Para anggota forum akan perlahan meninggalkan karena tidak tahan dengan situasi yang dibuat id militan tersebut. Jadi penting sekali ini untuk menangani id – id militan dan penyebar hoax serta permusuhan ini.
 
Selamat Ulang Tahun Kaskus , Tetap Besar dan Berkembang

Tidak lupa saya mengucapkan rasa terima kasih kepada kaskus karena sudah cukup lama menemani kehidupan saya. Saya banyak menambah ilmu, teman maupun informasi dari kaskus. Saya belajar dan juga berkontribusi dalam kegiatan kaskus. Tetap professional dan jangan pernah lupakan komunitas. Semakin canggih dan perbanyak fitur – fitur di kaskus. Saya secara pribadi dan tulus selalu mensupport forum kaskus ini. Terima kasih telah menjadi bagian dari hidup ini

We love you Kaskus, I Love Kaskus.




emoticon-Ultahemoticon-Ultahemoticon-Ultah


Urutan Terlama
ane juga suka jadi silent reader gan emoticon-Leh Uga
Kalo treatnya di luar kemampuan otak dan nalar terkadang ane juga menjadi silent reader
wkwkkwkw jadi silent reader

tapi emang harusnya seperti itu

nice thread gan wkwkkw

kaskus harus memperhatikaN komunitas karena sukses dari komunitas jg

emoticon-Traveller


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di