alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Tips untuk agan-aganwati yang fresh grade atau baru lulus
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5be5256d60e24b4b658b4568/tips-untuk-agan-aganwati-yang-fresh-grade-atau-baru-lulus

Tips untuk agan-aganwati yang fresh grade atau baru lulus

Banyak lulusan baru baik SMA atau kuliah yang sulit sekali mencari kerja karena tidak memiliki pengalaman kerja sama sekali dan banyak lulusan baru ini yang langsung bingung karena tidak memiliki apa yang diminta oleh perusahaan.

Lalu memikirkan pilihan lain yang lebih mudah seperti kuliah lagi, atau bekerja tidak sesuai dengan bidang sekolah yang digeluti atau yang lebih parah memilih  praktek DRS ….yaitu Di Rumah Saja.

Tips untuk agan-aganwati yang fresh grade atau baru lulus
Kalau kita ulas mengapa pengalaman kerja dibutuhkan bagi perusahaan dalam mencari karyawan. Sangat sederhana sebenarnya, karena perusahaan tidak punya banyak waktu untuk memberikan training dan juga tidak ingin menderita kerugian yang besar apabila terjadi kesalahan yang dilakukan para pekerja baru
     
Namun ada kabar baik, sebenarnya tidak semua perusahaan benar-benar butuh semua calon karyawan sudah memiliki pengalaman kerja. Beberapa pekerjaan seperti Administrasi atau Gudang biasanya tidak membutuhkan pengalaman kerja yang banyak.

Namun perusahaan membuat syarat tersebut agar dapat menyaring orang-orang yang mau berusaha lebih dalam bekerja. Biasanya kalau ditulis pengalaman kerja 1 tahun, nah itu sudah boleh untuk dicoba lamar. Juga apabila ditulis harus mampu berbahasa asing, tidak perlu takut untuk melamar.

Kalau memang kemampuan kita tidak mumpuni maka perusahaan tersebut tidak akan menghukum anda dengan penjara atau lainnya. Resiko terbesar adalah hanya anda “tidak diterima” dan percayalah perusahaan memiliki kriteria tertentu yang tidak ditulis dalam iklan lamaran kerja, yang hanya dapat diketahui setelah interview.

Selain itu, perusahaan juga dapat mengira-ngira apakah Fresh Graduate ini mampu/mau diberikan kesempatan untuk bekerja diperusahaannya yaitu dengan melihat beberapa hal dibawah ini:

             1. Nilai pelajaran
Tidak dipungkiri nilai masih merupakan salah satu bahan pertimbangan bagi sebagian besar perusahaan. Apabila melamar posisi akunting namun nilai Matematikanya tidak bagus, perusahaan akan ragu.
  1. Seminar yang diikuti

Jumlah seminar yang diikuti oleh pelamar menunjukkan seberapa ingin pelamar belajar hal yang baru dan selalu mengupgrade ilmu. Namun pastikan seminar yang anda ikuti adalah seminar yang memiliki korelasi dengan posisi jabatan yang anda tuju.

Kalau posisi yang dituju adalah dibidang bisnis internasional maka seminar tentang ekspor impor akan bernilai lebih, tapi seminar tentang budidaya kambing etawa kurang relevan bagi perusahaan. Seminar-seminar berbayar yang berfokus untuk pengembangan kepribadian juga sangat membantu dalam penilaian.
  1. Kegiatan di sekolah/ kampus

Kalau pelamar memiliki banyak kegiatan di sekolahnya, terutama bila memiliki kedudukan di organisasi-organisasi maka besar kesempatan untuk dapat diterima, misalnya merupakan ketua OSIS atau ketua Senat.
Jadi kita bisa lihat, tidak ada yang tidak mungkin bagi fresh graduate untuk mendapatkan pekerjaan pertamanya. Karena akan berhubungan dengan bagaimana penilaian perusahaan terhadap karyawan”.




×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di