alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Pajak /
Ini Dia Wajib Pajak yang Tidak Wajib Membayar Pajak Penghasilan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5be50fa960e24b721e8b456f/ini-dia-wajib-pajak-yang-tidak-wajib-membayar-pajak-penghasilan

Ini Dia Wajib Pajak yang Tidak Wajib Membayar Pajak Penghasilan

Ini Dia Wajib Pajak yang Tidak Wajib Membayar Pajak Penghasilan


Pajak seringkali menjadi momok yang menakutkan bagi masyarakat yang sudah terdaftar sebagai wajib pajak (WP). Sebab, beban yang ditanggung oleh seorang WP biasanya cukup besar, tergantung dari hak yang ia miliki. 

Ada beberapa macam pajak yang sudah menjadi kewajiban untuk dibayarkan seperti Pajak Bumi Bangunan (PBB), Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Bea Materai (BM).

Namun siapa sangka jika tidak semua orang wajib melakukan pembayaran pajak penghasilan. Kenapa? karena ada istilah Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP). 

Jika Anda masuk ke dalam kategori PTKP ini, Anda dipastikan akan bebas dari wajib pajak selama satu tahun penuh. Lantas, apa itu sebenarnya PTKP dan bagaimana cara menghitung PTKP dengan mudah dan cepat?

PTKP adalah penghasilan tidak kena pajak yang mana memberikan 'kebebasan' seorang wajib pajak untuk tidak membayarkan sejumlah uang sebagai bagian dari kewajiban dalam membangun sebuah negara. 

Orang-orang yang termasuk ke dalam PTKP ini biasanya mereka yang mempunyai jumlah gaji di bawah sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Dengan kata lain, PTKP memang merupakan salah satu faktor yang menyebabkan penghasilan pajak berkurang. Akan tetapi, hal itu sengaja dilakukan untuk mengurangi beban ekonomi seorang pegawai atau pekerja yang berpenghasilan di bawah ketentuan. 


Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menjadi pihak yang berhak menentukan besaran PTKP. Terbaru, PTKP pada tahun 2018 ini dipatok sebesar 54 juta rupiah setiap satu kepala.

Apa saja syarat PTKP?



Cara Menghitung PTKP?



Belajar Pajak Lebih Lanjut?







×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di