alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Tips Persiapkan Presentasi Dadakan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5be50a76de2cf22b7a8b4567/tips-persiapkan-presentasi-dadakan

Tips Persiapkan Presentasi Dadakan

Tips Persiapkan Presentasi Dadakan

Mungkin Anda pernah mengalami masalah bahwa seminar hampir dibatalkan karena secara mendadak orang yang membawakan materi presentasi mengalami halangan seperti macet dijalan, sakit, kecelakaan atau yang lainnya? Kejadian ini pada akhirnya mengharuskan Anda atau rekan kerja Anda yang lain menggantikan untuk memberikan presentasi. Lalu apa yang Anda lakukan? Bagaimana juga rasanya? Pasti campur aduk. Namun Anda tidak perlu gugup, beberapa hal dapat Anda pelajari saat harus berada pada situasi menyiapkan presentasi dadakan.
Pertama, jangan panik.
Saat menghadapi situasi mendadak ini, wajar kebanyakan orang akan merasa panik. Sebaiknya Anda hindari rasa panik karena bisa membuat Anda menjadi buntu. Anda harus tenang agar dapat berpikir secara jernih.
Kedua, tentukan topik.
Apabila tema atau topik telah ditentukan, Anda tidak perlu bersusah payah menentukannya. Anda hanya perlu mencari bahan atau materi yang tepat sesuai dengan tema presentasi. Namun apabila tema belum ditentukan, Anda dapat mencari tema yang relevan dan menarik untuk dipresentasikan.
Ketiga, Anda harus mengetahui tujuan presentasi
Karena setiap presentasi pasti memiliki tujuan dan alasan mengapa harus dijelaskan dalam sebuah materi presentasi. Setelah Anda mengetahui tujuannya, Anda harus bisa menuangkan dalam sebuah materi presentasi. Jangan lupa bahan materi presentasi yang disertakan harus tepat dengan tujuan dan tidak bertele-tele.
Keempat, gunakan template presentasi yang sudah ada.
Saat tidak memiliki banyak waktu untuk menyiapkan desain materi presentasi, Anda dapat menggunakan template presentasi yang sudah ada dan tersedia dalam berbagai desain yang menarik.
Kelima, buatlah sebuah catatan kecil.
Meski persiapan terbilang singkat, namun jangan pernah Anda membuat cue card sebagai alat yang membantu Anda dalam menjelaskan materi presentasi. Tetapi buatlah sebuah catatan kecil yang berisi inti-inti materi presentasi yang akan membantu Anda berlatih untuk mengembangkan kata-kata penjelasan secara verbal.

Menyiapkan presentasi mendadak memang bukanlah hal yang mudah. Namun Anda tetap harus menghadapinya, membuat dan memahami materi presentasi dengan sebaik mungkin. Anggaplah ini sebagai tantangan yang bisa membuat pribadi Anda menjadi lebih berkembang. Jangan panic lagi ya, kalau harus menjalankan presentasi dadakan. Anda pasti bisa!

Gambar: pixabay


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di