alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Empat Toko Mainan di Batam Disegel Kemendag
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5be4f50d1854f717068b4567/empat-toko-mainan-di-batam-disegel-kemendag

Empat Toko Mainan di Batam Disegel Kemendag

Empat Toko Mainan di Batam Disegel KemendagEmpat toko mainan disegel Kemendag di Batam. (Foto: Johannes Saragih/Batamnews)

Empat toko mainan di Batam disegel pihak Kementerian Perdagangan RI, Kamis (8/11/2018) siang.

Keempat toko tersebut tidak memenuhi aturan karena disinyalir menjual produk ilegal dari luar negeri. Diantaranya  Toko CKS di Ruko Inti Batam, Toko VCT Komplek Penuin Batam, Gudang PT JMP Komplek pergudangan Union dan Toko IM, Ruko Tanah Mas.

Penyegelan dilakukan petugas Kemendag setelah melakukan pemeriksaan. Telihat pemilik distributor mainan itu tidak bisa menujukan surat izin.

Empat Toko Mainan di Batam Disegel Kemendag


Setelah itu penyegalan dilakukan. Tidak hanya di bagian pintu gudang. Namun, setiap tempat penyimpanan barang. 

Direktur Pengawasan Barang Beredar dan Jasa Ditjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kemendag, Ojak Simon Manurung mengatakan, setelah diperiksa ke empat distributor mainan anak-anak itu tidak dapat menunjutkan SPPT-SNI, NPB dan dokumen impor. "Kita sudah segel dan memasang garis PPNS-PK," katanya. 

Ojak mengatakan, pengawasan barang beredar akan dilakukan secara terus-menerus dan konsisten. "Ini melindungi konsumen dari produk yang tidak memenuhi ketentuan," katanya. 

Selain itu, pengawasan dilakukan guna memberikan dan menjamin kepastian hukum bagi pelaku usaha yang berdagang dengan tertib dan taat aturan. "Kita berharap pelaku usaha mematuhi aturan SNI ini," ujar Dia.

Empat Toko Mainan di Batam Disegel Kemendag

Kepala Pusat Sistem Penerapan Standar Badan Standarisasi Nasional (BSN), Wahyu Purbowasito mengatakan, SNI yang ditetapkan oleh BSN pada dasarnya bersifat sukarela. Perumusan SNI sendiri melibatkan empat stakeholder yakni produsen, konsumen, ahli, dan pemerintah.

“Namun apabila menyangkut Keamanan, Kesehatan, Keselamatan dan Lingkungan Hidup atau K3L, instansi teknis bisa memberlakukan SNI secara wajib,” ujar Wahyu seperti dilangsir dari Gatra.com.

SNI Mainan Anak yang diberlakukan secara wajib oleh Kementerian Perindustrian meliputi SNI ISO 8124 – 1:2010, Keamanan mainan – Bagian 1: Aspek keamanan yang berhubungan dengan sifat fisis dan mekanis; SNI ISO 8124 – 2:2010, Keamanan mainan – Bagian 2: Sifat mudah terbakar; SNI ISO 8124-3:2010, Keamanan mainan – Bagian 3:Migrasi unsur tertentu, dan (4) SNI ISO 8124-4:2010, Keamanan mainan – Bagian 4: Ayunan, seluncuran dan mainan aktivitas sejenis untuk pemakaian di dalam dan di luar lingkungan tempat tinggal dan (5) SNI IEC 62115:20111 Mainan elektrik- Keamanan. (6) SNI 7617:2010 Tekstil - Persyaratan zat warna azo, kadar formaldehida dan kadar logam terekstraksi pada kain untuk pakaian bayi dan anak. Serta (7) EN 71-5 Chemical toys (sets) other than experimental sets.

Pemberlakuan secara wajib SNI Mainan anak dengan mempertimbangkan risiko atas penggunaan mainan. ”Kita tidak bisa membayangkan buah hati kita mengalami kecelakaan karena penggunaan mainan yang tidak aman,” kata Wahyu.

Empat Toko Mainan di Batam Disegel Kemendag

Beberapa risiko dari penggunaan mainan yang tidak aman, seperti bahaya tertelan dan tersedak. Sebagai contoh, asesoris yang tertempel pada boneka, bisa lepas dan tertelan. Kemudian, bahaya kerusakan alat pendengaran yang ditimbulkan suara seperti sirine mobil-mobilan. Yang lebih membahayakan adalah pada mata seperti pistol mainan atau panah-panahan. Juga bahaya terjerat atau tercekik yang ini biasa dijumpai pada permainan tali.

Bahaya tersayat dan tergores, dari mainan yang terbuat dari bahan plastik, kayu, logam dan mika. Bahaya terjatuh yang biasa dijumpai pada ayunan atau seluncuran. “Bahaya terjepit, tersetrum, terpapar zat kimia berbahaya, serta terbakar adalah resiko bahaya yang bisa saja menimpa buah hati kita,” terang Wahyu mengingatkan.

Lanjut Wahyu, SNI yang ditetapkan BSN secara prinsip memuat persyaratan mutu yang menjadikan mainan aman digunakan. 

Dengan mempertimbangkan faktor itu, Wahyu mengajak semua pihak untuk mendukung kebijakan pemerintah memberlakukan SNI secara wajib. “Tidak ada niatan apa pun dari pemerintah selain ingin melindungi anak-anak Indonesia dari bahaya mainan terutama yang berasal dari impor yang belum tentu ada jaminan kualitasnya,” ujar Wahyu.
Di sisi lain, pelaku usaha dalam negeri pun terdongkrak usahanya mengingat produk impor yang membanjiri pasar Indonesia. “Untuk Usaha Mikro dan Kecil yang kemungkinan terkena dampak kebijakan ini, dibantu pemerintah mengurus sertifikasi SNI,” kata Wahyu.

Selengkapnya di:Empat Toko Mainan di Batam Disegel Kemendag
Diubah oleh manwarsalahudin
Halaman 1 dari 2
Tumben dr duluu bgt kemana aja.

Br sekarang razia nyee
Diubah oleh miyaza
mainan bukan barang haram
kok bisa lulus custom? emoticon-Leh Uga
Ada yg punya pengalaman ngurus sni mainan dan elektronik? Tolong jabarkan disini

Kalo menurut pendukung atau fans berat si dongo,ga susah ngurus sni.
Jadi distributor mainan Mantul cuk
Kalo mau lebaran omset sampe berkali lipat sehari
Kalo mainan , emang sebaiknnya SNi. .soalnya brg gtuan yg murah meriah, rata" produksi china yg ga ad standard utk anak", bahkan sgt berbahaya . .

Cinaa boleh nyaingi usa dlm ekonomi, tp dlm 10-20 thn klo cina gaa dpt 'koloni' yg kaya sda, bakalan susah. .. krn yg tua jauh lbh byk dri yg muda . .
Balasan post miyaza
Quote:


di tungguin gede dulu gan, biasa di pupuk baru di panen emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
sikat pak.. pasti produk ilegal made in arab emoticon-Wink
Quote:


prinsipnya kan yg tua masuk sorga.. yg muda foya2 emoticon-Big Grin
Balasan post biaozi
Wkwkk.. . .tp klo yg tua ga msuk" k sorga, yg muda .
Orang custom sama kemendag minta duit tuh, kasih ajalah yang penting omser lancar
Barang KW milik aseng sudah sewajarnya disegel.. emoticon-Big Grin
Banyak banget pedagang mainan di Jakarta menjual mainan China....terutama di Pasar Gembrong Jaktim.

Kenapa tidak disegel juga ?

emoticon-Thinking
Balasan post miyaza
hahah. pada tidur tuh. tunggu udah tercecer baru mau di tindak

Balasan post emmanuel.macron
izinya brawww, agar melindungi konsumen dari produk yang tidak di izinkan di indonesia
Balasan post unicorn.phenex
biasa taulah negeri kita ini duit emoticon-No Hope
Balasan post beli03
nah bener nih emoticon-Wow
Balasan post biaozi
hahaha gk made in china lagi yaa wkwk
Balasan post everesthome
Dikasih napas dulu para pedagang disanaemoticon-Wakaka


Quote:


gratifikasi tuh pidana mas emoticon-Embarrassment
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di