alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Bendera Hitam di Rumah Rizieq, Lambang Ilegal di Arab Saudi
5 stars - based on 7 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5be4de551a9975de388b4567/bendera-hitam-di-rumah-rizieq-lambang-ilegal-di-arab-saudi

Bendera Hitam di Rumah Rizieq, Lambang Ilegal di Arab Saudi

Jakarta, CNN Indonesia -- Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab sempat ditahan oleh kepolisian Arab Saudi terkait bendera bertuliskan kalimat tauhid yang dipasang di dinding luar rumahnya di Mekkah. Bendera tersebut dinilai ilegal di Arab Saudi.

Dari keterangan pihak Kedutaan Besar RI untuk Saudi, pemeriksaan Rizieq itu terkait pemasangan bendera hitam yang mengarah pada ciri-ciri gerakan ekstremis.

Pembina Majelis Syuro DPP FPI Muhsin Al Attas menegaskan bendera yang dipajang di tembok rumah Rizieq serupa dengan panji yang dikibarkan pada Aksi Bela Tauhid pekan lalu.

Pengamat Timur Tengah dari Universitas Indonesia Yon Machmudi menilai, pemeriksaan itu didasari kecurigaan otoritas Saudi pada bendera hitam yang terpasang di dinding rumah Rizieq.

Pemerintah Saudi diketahui melarang keras segala bentuk jargon, label, atribut, dan lambang apapun yang terkait terorisme dan ekstremisme. Sementara bendera yang terpasang itu diduga identik dengan kelompok terlarang Hizbut Tahrir.

Selama ini Arab Saudi melarang aktivitas Hizbut Tahrir sekaligus persebaran ideologi melalui terbitan yang ditulis orang-orang berafiliasi dengannya.

"Saya kira kecurigaan ini diarahkan ada sebuah bendera dan tidak melambangkan sesuatu yang legal di Arab Saudi," ujar Yon kepada CNNIndonesia.com, Kamis (8/11).


Sementara bendera yang terpasang, menurut Yon, cenderung melambangkan simbol, kelompok, maupun organisasi tertentu. Padahal, pemerintah Saudi telah mengatur secara tegas larangan organisasi atau kegiatan politik apapun di negaranya.

"Jadi persoalan bendera ini bisa jadi terkait pelarangan aktivitas politik, bisa juga dilarang apabila berkaitan dengan kelompok yang dicurigai berafiliasi dengan kelompok radikal atau terorisme. Itu bisa jadi ancaman serius bagi kerajaan Arab Saudi," ujarnya.

Oleh karena itu, kata dia, pemerintah Saudi berhak menindak Rizieq secara hukum jika memang terjadi persoalan dalam pemasangan bendera tersebut. Menurut dia, pemerintah Saudi memiliki kewenangan menyelidiki kasus yang menyangkut warga negaranya sendiri maupun warga negara lain yang tinggal di sana.

"Ya, bisa dilakukan penindakan karena Arab Saudi sangat tegas terhadap aturan-aturan ini," kata Yon.

Ia sendiri tak dapat memastikan apakah bendera itu berkaitan dengan kelompok atau organisasi tertentu. Namun, kata dia, pemerintah Saudi memang memiliki aturan yang lebih ketat dari Indonesia terkait pemasangan bendera semacam itu. Tak heran jika di Indonesia bendera-bendera semacam itu lebih bebas untuk dikibarkan.

"Bendera itu mungkin tidak lazim di Arab Saudi, bisa saja memang lazim di Indonesia. Ya karena di Arab Saudi itu simbol-simbol dibatasi, makanya (ketika ada bendera itu) mereka langsung memanggil dan menyelidiki pihak yang dianggap terkait," kata Yon.

Lebih lanjut Yon mengatakan Indonesia belum memiliki aturan terkait larangan simbol-simbol maupun pemasangan bendera kelompok atau organisasi di muka umum. Setiap kelompok bebas memasang bendera masing-masing.

Selain itu tak ada ketentuan pasti yang menegaskan tentang lambang bendera organisasi terlarang seperti Hizbut Tahrir atau ISIS di Indonesia.

"Di Indonesia begitu banyak model bendera tapi tidak ada aturannya. Semestinya beri aturan saja bendera ini berkaitan dengan kelompok mana, yang mana yang tidak boleh dikibarkan, sehingga orang bisa lebih hati-hati ketika akan mengibarkan atau menggunakan lambang tertentu," tuturnya.

Bendera bertuliskan kalimat tauhid itu menjadi kontroversi di Indonesia. Polemik itu berawal dari pembakaran bendera hitam oleh anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Nahdlatul Ulama di Garut.

Pembakaran terjadi saat perayaan hari santri di daerah Limbangan, Garut, pada Senin (22/10). Bendera tersebut dibakar karena dianggap sebagai bendera Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Usai pembakaran itu, sejumlah demonstrasi digelar dengan tema Aksi Bela Tauhid. (pris/pmg)

https://m.cnnindonesia.com/nasional/20181108151107-12-345052/bendera-hitam-di-rumah-rizieq-lambang-ilegal-di-arab-saudi

Di Saudi, negeri di mana Islam lahir, bendera itu dianggap sampah dan simbol keonaran

Di indo, bendera itu dianggap suci oleh kaum kampret.

Gw hanya bs bilang: wakakakakaka
Halaman 1 dari 5
Begitulah kaum otak 2D dan zombie. emoticon-Big Grin

Wah. Dapet PERTAMAX.. emoticon-Selamat
Diubah oleh greengeckoijo1
Loh bukan bendera tauhid yang selama ini buat bahan ngeles? emoticon-Ngakak
Maklumlah ... nasbung otaknya dipantat

....... tapi, disini dipuja kok ma gerombolan sebelah ........... emoticon-Leh Uga
Nasbung bener-bener dibikin mengubur diri sendiri..

1. Hoax Ratna.
2. Klaim 99% penduduk miskin.
3. Tampang Boyolali.
4. Bibib digeruduk polisi.

Kalau punya otak, sekali lagi kalau punya otak, seharusnya malu jadi simpatisan nasbung bin kampret.
jadi gini teriak2 pasang bendera di rumah2, eh rumahnya dipasangi bendera kok jiper emoticon-Wakaka

Bendera Hitam di Rumah Rizieq, Lambang Ilegal di Arab Saudi
Bendera Hitam di Rumah Rizieq, Lambang Ilegal di Arab Saudi
Diubah oleh itkgid
Ternyata arab anti ama bendera begitu, sebenarnya disini jg ga terlalu peduli ama bendera begitu, cuma berhubung momentum nya bisa dipakai untuk kepentingan politik, ya di manfaatkan deh
emoticon-Leh Uga
Semoga Habib Rizieq tidak sampai dihukum pancung.

BIN akan mencoba memberi bantuan hukum kepada Habib Rizieq jika terjadi apa-apa.
Diubah oleh app.developer
Bendera Hitam di Rumah Rizieq, Lambang Ilegal di Arab Saudi

Gayanya sih sepertinya mau ngebohongi Muslim di Indonesia
sedari awal sudah dijelaskan bedanya simbol dan bukan simbol :CD


akal kalau sudah ditutup oleh nafsu kebencian maka hilanglah fungsi akal itu

semoga sadar dengan teguran lembut dari sang pemilik Tauhid ini
Bendera "Tauhid" dianggap Lambang ilegal oleh Saudi... NasbungTAIK pasti mati kutu... gak berani bilang Fenistaan.... kan Anyiiing....

Bendera Hitam di Rumah Rizieq, Lambang Ilegal di Arab Saudi
Quote:


Itu yg warnanya putih.
Yg warnanya hitam berani nggak?

emoticon-Ngakak
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Pulang bodypart kah?
Quote:


Bukan karena nafsu berkuasa ???
umat bingung
tapi umatnya riziek tetap tinggal dalam "kepintaran"
Kebenaran terungkap dengan sendirinya
Timses petahana dikasih libur ini, lawannya mati sendiri mulai tanda2 W.O

Kalau jahat bisa aja penggiringan opini cap teroris
katanya sih bendera panji rasulullah tapi yg pajang di arab malah kena ciduk

nasbung mana suaranya emoticon-Ngakak
Jadi bendera boleh apa kaga nih emoticon-Big Grin
Benderanya sama, tapi beda lokasi beda sikap Nasbung
Halaman 1 dari 5


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di