alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Mengintip Eksotisme 5 Pulau di Sulawesi Selatan, Cantik Banget!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5be4d24896bde6b26f8b4572/mengintip-eksotisme-5-pulau-di-sulawesi-selatan-cantik-banget

Mengintip Eksotisme 5 Pulau di Sulawesi Selatan, Cantik Banget!

Mengintip Eksotisme 5 Pulau di Sulawesi Selatan, Cantik Banget!

Provinsi Sulawesi Selatan dengan kota Makassar sebagai ibukotanya ini kaya akan destinasi wisata dan juga keragaman suku penduduk, mulai dari suku Bugis hingga suku Toraja.

Provinsi yang terletak di persimpangan jalur transportasi internasional ini memiliki 295 pulau yang 190 diantaranya sudah memiliki nama. Pulau-pulau di Sulawesi Selatan ini memiliki keindahan alam yang tak kalah eksotis dengan palau-pulau terkenal lainnya di Indonesia. 

Beberapa diantaranya menawarkan panorama alam bawah laut dengan terumbu karang warna-warni yang mempesona. Bagi kamu yang hobi diving atau snorkling wajib hukumnya mengeksplor keindahan bawah laut Sulawesi Selatan.

Penasaran dengan pesona pulau-pulau yang tersebar di Sulawesi Selatan? Yuk simak ulasannya berikut ini !

Mengintip Eksotisme 5 Pulau di Sulawesi Selatan, Cantik Banget!
Pulau Kodingareng Keke merupakan salah satu pulau tak berpenghuni di Sulawesi Selatan yang letaknya memanjang dari timur laut hingga barat daya. Karena tempatnya yang jarang terjamah manusia, menjadikan keasrian pulau ini masih terjaga. 

Hamparan pasir putih nan halus dipadukan dengan air laut berwarna biru jernih menjadikan Pulau Kodingareng Keke tak kalah cantik dengan pulau Gili di Lombok. Karena airnya yang terlampau jernih, disini kamu bisa melihat pemandangan underwater yang memukau dari permukaan lautnya lho.

Pulau yang berjarak 14 km dari Pantai Losari ini cocok buat kamu yang hobi olahraga air seperti diving atau snorkeling. Karena kedalaman lautnya hanya berkisar 2-3 meter saat pagi hari, pulau ini aman buat kamu yang masih pemula ataupun kamu yang hanya ingin berenang.

Jangan khawatir untuk masalah tempat peristirahatan. Pasalnya di pulau tak berpenghuni ini sedang dibangun beberapa gazebo yang bisa dijadikan tempat istirahat setelah berenang.

Mengintip Eksotisme 5 Pulau di Sulawesi Selatan, Cantik Banget!
Pulau Kapoposang adalah salah satu dari ratusan pulau kecil di jajaran spermonde atau gugusan kepulauan selat Makassar. Pulau yang terletak di Kabupaten Pangkep ini menyajikan keindahan alam yang memukau baik dari sisi pantai hingga bawah lautnya. 

Pasir putih yang menghampar di sepanjang pantai dengan air laut berwarna biru jernih dipadukan dengan pepohonan hijau merupakan sebuah harmonisasi yang sempurna. 

Untuk keindahan bawah lautnya, Pulau Kapoposang sudah tidak diragukan lagi. Karena kondisi topografi Pulau Kapoposang yang sangat mendukung untuk wisata bawah laut menjadikan Pulau ini sebagai salah satu spot diving terbaik di Sulawesi Selatan.

Tidak seperti Pulau Kodingareng Keke, Pulau yang berjarak sekitar 68 km dari kota Makassar ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Pasalnya pemerintah setempat sudah membangun bungalow dengan tarif sangat terjangkau. Jadi bagi kamu yang ingin menikmati keindahan pulau ini selama beberapa hari tidak perlu khawatir.

Pulau Kapoposang memanglah surga bagi penyelam profesional. Tapi bagi kamu yang tidak berpengalaman dalam hal menyelam, kamu bisa mencoba pengalaman memancing di sekitar pulau ini. 

Dan perlu diketahui, Pulau Kapoposang ini merupakan salah satu lokasi memancing terbaik di Indonesia.

Mengintip Eksotisme 5 Pulau di Sulawesi Selatan, Cantik Banget!
Kamu lagi liburan ke Makassar? Wajib hukumnya mampir ke Kecamatan Ujung Tanah untuk menikmati hidden paradisenya kota Makassar yaitu Pulau Langkai. 

Pulau dengan luas lebih dari 27 hektare ini dihuni oleh penduduk yang berasal dari berbagai suku, seperti Bugis, Mandar, dan Makassar. Disini kamu bisa menyaksikan lebih dekat bagaimana aktivitas masyarakat sekitar yang kebanyakan bermatapencaharian sebagai nelayan dan pengrajin perahu. Kamu bisa belajar bagaiamana cara membuat kapal hingga cara merawatnya.

Pulau Langkai menyajikan panorama alam yang sangat mempesona. Pulau yang berada di 5,5 km selatan Lanjukang ini dikelilingi terumbu karang seluas 142 hektare dengan kondisi yang masih baik dan sangat menarik. Maka tak heran jika para wisatawan yang datang memanfaatkan tempat ini untuk snorkeling. Disini tak hanya terumbu karangnya yang patut dibanggakan. 

Pulau Langkai juga memiliki kekayaan laut lainnya yang begitu melimpah. Disini kamu bisa menjumpai berbagai macam spesies ikan seperti, ikan terbang, kerapu, suni, cepa, lamuru, tinumbu, ikan cakalang, udang mutiara, ikan kaneke, ikan kerapu, napoleon, dan juga hiu.

Mengintip Eksotisme 5 Pulau di Sulawesi Selatan, Cantik Banget!
Samalona, adalah nama sebuah pulau di selat Makassar yang memiliki keindahan alam yang amat sangat luar biasa. Pulau seluas 2 hektare ini mampu memanjakan siapa saja yang bertandang kesana. 

Karena pulau ini tidak terlalu luas, kamu bisa mengeksplor keindahan pulau ini di setiap sudutnya. Disini kamu bisa menjumpai sebuah mercusuar berdiri kokoh yang digunakan sebagai tanda batas daratan bagi kapal-kapal besar.

Lagi-lagi yang menjadi kebanggaan pulau di Sulawesi Selatan ini adalah pemandangan bawah lautnya. Disini kamu bisa menerawang keberadaan terumbu karang dan ikan-ikan cantik yang beraneka warna dari permukaan airnya tanpa harus menyelam. Meskipun demikian, bagi kamu yang sudah mahir menyelam tentu tidak akan puas jika belum menjelajahi alam bawah lautnya secara langsung.

Untuk bisa sampai di pulau Samalona ini kamu cukup menyewa perahu dari dermaga Kayu Bangkoa atau dermaga depan Benteng Fort Rotterdam yang hanya akan memakan waktu sekitar 30 menit.

Mengintip Eksotisme 5 Pulau di Sulawesi Selatan, Cantik Banget!
Masih di Kecamatan Ujung Tanah. Bukan hanya Pulau Langkai, kecamatan ini juga memiliki pulau yang tak kalah indah yaitu Pulau Barrang Lompo. Pulau dengan jumlah penduduk lebih dari 3.000 jiwa ini memiliki tingkat kesejahteraan yang tinggi dibandingkan pulau-pulau lainnya. Mata pencaharian penduduk Pulau Barrang Lompo pun beragam, mulai dari nelayan, pelayar, hingga pengrajin perak tradisional.

Pulau Barrang Lompo termasuk dalam bagian spermonde, hal ini dicirikan dengan hamparan terumbu karang seluas 71.72 hektare dengan tipe karang tepi atau fringing reef.

Selain menyelam untuk mengeksplor keindahan terumbu karangnya, disini kamu bisa menjumpai oseanorium peninggalan Jepang lho. Tak cukup sampai disitu, pulau ini juga memiliki 2 buah dermaga (semi permanen dan tradisional) dan juga marine field universitas Hasanuddin, keren kan ?

Jika beruntung, kamu juga bisa menjumpai upacara tradisional masyarakat sekitar seperti upacara lahir bathin, upacara songkabala, dan juga upacara pa'rappo.

Wah, sudah gak sabar kan untuk mengeksplor surganya Sulawesi Selatan ?


Sumber : https://www.idntimes.com/travel/dest...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Mengintip Eksotisme 5 Pulau di Sulawesi Selatan, Cantik Banget! 5 Wisata Sejarah di Sulawesi Selatan Ini Bikin Kembali Ke Masa Lalu

- Mengintip Eksotisme 5 Pulau di Sulawesi Selatan, Cantik Banget! Beautiful! Inilah 8 Objek Wisata Alam Hits di Kabupaten Barru

- Mengintip Eksotisme 5 Pulau di Sulawesi Selatan, Cantik Banget! Kelewat Eksotis, Ini Lho 7 Destinasi Wisata Pantai di Sulawesi Selatan



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di