alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Minyak Curah Tak Boleh Lagi Beredar Tahun 2019, Inilah Reaksi Para Pedagang di Pasar
3 stars - based on 4 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5be42ab8582b2edd408b4569/minyak-curah-tak-boleh-lagi-beredar-tahun-2019-inilah-reaksi-para-pedagang-di-pasar

Minyak Curah Tak Boleh Lagi Beredar Tahun 2019, Inilah Reaksi Para Pedagang di Pasar

Minyak Curah Tak Boleh Lagi Beredar Tahun 2019, Inilah Reaksi Para Pedagang di Pasar Kota Jambi

TRIBUNJAMBI.COM - Mulai tahun depan tidak dibolehkan lagi transaksi jual beli minyak curah di pasaran.

Kebijakan minyak goreng wajib kemasan sudah diatur di Permendag yang terbit pada tahun 2016, tentang minyak goreng wajib kemasan.

Aturan ini mewajibkan penjualan minyak goreng harus menggunakan kemasan.

Adapun minyak goreng yang bisa dijual juga sudah harus bersertifikat sesuai standar nasional Indonesia (SNI).

Kepala Disperindag Provinsi Jambi, Ariansyah, menegaskan pihaknya akan menjalankan aturan dari pemerintah pusat tersebut.

“Apapun alasanya, distributor minyak goreng curah mulai tahun depan harus beralih. Hanya minyak goreng kemasan yang bisa dijual di pasar," kata Ariansyah.

Pantauan Tribun di Pasar Angso Duo, Kota Jambi, penjual minyak goreng curah mengaku hingga kini permintaan minyak goreng curah masih lebih tinggi dibandingkan minyak goreng kemasan.

Harganya memang jauh lebih murah.

"Sekilo minyak goreng curah Rp 10 ribu. Kalau minyak goreng yang lain rata rata Rp 14 ribu sampai Rp 16 ribu," kata Yusri, pedagang di Pasar Angso Duo, pekan lalu.

Ia mengaku, penjualan minyak goreng curah masih banyak diminati sampai sekarang. Pasalnya harganya tidak pernah mengalami kenaikan sejak dulu.

"Jarang sekali harganya naik. Kalau yang bermerek (kemasan) biso naik seribu," ujarnya.

Dia mengaku dalam sehari bisa menjual puluhan kilogram minyak goreng curah. "Pasokan minyak dari distributor datang terus. Jarang langka," terangnya.

Terkait adanya pelarangan penjualan minyak goreng curah mulai tahun depan, Yusri mengatakan itu sangat disayangkannya jika direalisasikan.

Menurutnya bisa jadi hal itu membuat penurunan pada pendapatanya.

“Soalnya peminat sampai sekarang masih banyak," tuturnya.

Pedagang lainnya, Maryadi, yang ditemui di Pasar Angso Duo mengaku belum tahu soal adanya peraturan yang mewajibkan minyak nabati dari kelapa sawit menggunakan kemasan paling lambat tahun depan.

Namun jika peraturan menteri perdagangan ini diberlakukan, berpengaruh pada omsetnya sebagai pedagang.

Maryadi mengatakan sudah berdagang minyak curah dan sembako di pasar tradisional ini lebih dari 10 tahun.

Langganannya untuk penjualan minyak curah sudah cukup banyak.

Dalam satu minggu ia bisa menjual hingga 20 galon minyak curah, atau sekitar 300 kilogram.

Satu galon memiliki berat 30 kilogram.

Rerata pembeli dikiosnya merupakan pedagang makanan.

Mulai dari pengelolah rumah makan, nasi uduk dan penjual gorengan serta berbagai produk makanan berbahan minyak goreng.

"Harganya lebih murah, bisa selisih dua sampai tiga ribu dari minyak kemasan. Kalau ini satu kilogram harga 10ribu, kalau mintak kemasan bisa 12 sampai 13 ribu perliternya. Satu liter isinya paling cuma sembilan ons," ujarnya.

Selain lebih murah, kealitas hasil olahan dari minyak curah juga tak jauh beda dengan minyak goreng kemasan.

"Kalau pengakuan langganan yang pake minyak curah hasilnya tidak jauh beda. Cuma kemasannya aja beda, bisa lebih menguntungkan pakai minyak yang perkilo," ujarnya.

http://jambi.tribunnews.com/amp/2018/11/05/minyak-curah-tak-boleh-lagi-beredar-tahun-2019-inilah-reaksi-para-pedagang-di-pasar-kota-jambi

Katanya pro rakyat
Tapi minyak curah dilarang. Lah piye iki
emoticon-No Hope emoticon-No Hope
Halaman 1 dari 2
Dalam satu minggu ia bisa menjual hingga 20 galon minyak curah, atau sekitar 300 kilogram.

Satu galon memiliki berat 30 kilogram.
takutnya kandungan minyak curah gak sehat gan. sebaiknya pemerintah memfasilitasi pengecekan kualitas minyak curah tersebut
Quote:


Gak sehat, ga ada additif (ex. premix vitamin) & rawan pemalsuan

tukang gorengan ae sekarang banyakan make kemasan
ada yg dr kementrian, harga hampir sama dengan curah
mematikan usaha masyarakat kecil, lebih pro ke perusahaan besar. super sekali memang rezim ini emoticon-Traveller
kualitas tak jauh beda? emoticon-Ngakak padahal beda banget
Quote:


Justru karena pro rakyat makanya berusaha untuk menghentikan peredaran minyak curah yg ngga sehat dan ngga jelas sumbernya

lagian sekarang sudah banyak merek minyak kemasan diluar pemain lawas.. harga juga kompetitif
wajar pikiran nasbung masih mundur mau diajak maju susah emoticon-Leh Uga
Balasan post khafidz99
Quote:


Terus pabrikan kecil yang gak punya merk gimana nasibnya... Di tutup begitu saja?
Pabrikan kecil ditutup karyawannya pasti dipecat.. ujungnya pengangguran nambah..

Sama aja mematikan usaha pabrik kecil menengah

Harusnya yg belum bermerk itu dibina dibimbing agar berdaya bukan dibunuh sama aturan kaya gitu

emoticon-No Hope emoticon-No Hope
Mantap
Kebijakan yang Bikin menjerit dan mengikat Nasbung dan Nastaik
sama.sama kena lho emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga
Balasan post selldomba
Quote:


Daftarkan merk nya

Pake logika aja, buat motor/mobil ente mau ngasi oli/BBM curah yg ga ada merknya? Ngga kan
Dan ente mau masukin minyak curah yg ga ada merknya ke dalam badan ente? Badan anak-anak ente?



Quote:


Mereka taunya buat goreng2 juga bisa mateng gan, jadi ya kurang lebih sama aja emoticon-Ngakak (S)



















emoticon-Ngacir
ini kebijakan pasti ada kepentingan apa gitu lhooooemoticon-Wakakaemoticon-Coblos
Yup ..minyak curah kualitasnya gak standard dan diragukan higienitas-nya...
Enak jg ya dagang minyak
Puluhan kilo sehari x 10rbemoticon-Matabelo
Diubah oleh nastak2200kv
wah gorengan udah gak bisa gopek lagi dong emoticon-Cape deeehhemoticon-Cape deeehhemoticon-Cape deeehh
Diubah oleh pisangkepok008
Quote:
Bahaya minyak curah.. coba aja pake goreng sekali udah item..
detik. 19 juni 2008

Bahkan berita terbaru yang ditayangkan salah satu stasiun televisi swasta tentang terulangnya praktek kecurangan terhadap minyak goreng yang dioplos dengan oli bekas kendaraan bermotor. Padahal peristiwa yang sama sempat marak di bulan Mei lalu. Pertanyaannya kenapa hal serupa menjadi marak lagi sekarang?




ane udah lama ga makan gorengan abang2 pdhal makanan favorit sebenernya.
pantesan heran kok tetep krispi walau lama taro diluar, ngga taunya.....

lantas kali masy jd sakit kan bpjs d pem yg kedodoran d sakitnya bukan sakit main2, tumor, kanker, stroke dll.
tapi tetep aja yg salah jkw...
Diubah oleh suralia
Balasan post selldomba
Quote:


Suruh kelurga lu minum ini mau?
https://www.google.co.id/amp/m.tribunnews.com/amp/bisnis/2017/03/28/mengejutkan-20-persen-minyak-goreng-curah-yang-beredar-di-pasar-adalah-jelantah
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di