alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Memahami Politik Para Kiai di Jatim
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5be41f781854f73f498b4567/memahami-politik-para-kiai-di-jatim

Memahami Politik Para Kiai di Jatim

 Memahami Politik Para Kiai di JatimMemahami Politik Para Kiai di Jatim



Dunia politik bagaimanapun sangat dinamis, tak ada yang bergerak konstan dan tetap. Termasuk arah dukungan sejumlah kiai di Jawa Timur. 

Beberapa Kiai yang dulunya mendukung Jokowi, seperti KH Hasib Chasbullah Wahab, putra pendiri NU, KH. Wahab Chasbullah, sekarang ini secara tegas siap memenangkan pasangan Prabowo-Sandi.

Sebaliknya, KH. Anwar Iskandar, pengasuh Ponpes Al Amin, Kediri serta beberapa kiai sepuh NU lainnya. yang dulu mendukung Prabowo, sekarang ini justru mendukung Jokowi. 

Adanya pertukaran posisi politik kiai NU di Jatim merupakan konsekuensi dari dinamika politik. baik pasangan Joko Widodo - KH. Ma'ruf Amin maupun Prabowo Subianto - Sandiaga Uno masing-masing memiliki ceruk Kiai berpengaruh di Jatim. 

Para tokoh-tokoh NU struktural di Jatim hampir dipastikan akan mendukung Jokowi karena sosok Ma'ruf Amin. Namun, NU kultural masih bisa didekati oleh kedua belah pihak. 

Perubahan pilihan adalah bagian dari cara para kiai memahami politik praktis yang perlu juga dihormati. Sepanjang politik praktis Kiai tersebut dapat menciptakan suasana adem serta ruang kebaikan bersama tidak menjadi suatu masalah. 

Perubahan dukungan dari para kiai tersebut juga sebuah fenomena yang biasa. Mereka mendukung secara terang-terangan maupun sembunyi-sembunyi. 

Namun terkait adanya perpindahan dukungan dari Prabowo ke Jokowi itu harus diakui lebih banyak mengacu pada capaian Jokowi selama 4 tahun terakhir yang dinilai berhasil. Kerja Jokowi yang baik, serta capaian yang kongkret adalah alasan yang rasional bagi para kiai mendukung Jokowi.
Urutan Terlama
NU dilawan

pusing ndiri ntar

ngusir tikus engga perlu bakar rumah
Mmg hebat strateginya rezim ini.
Kiai dimanfaatkan hanya utk melanggengkan kekuasaan
Balasan post ivan.haz
Quote:


ijtimak ulamak brey?
Quote:


Bukannya kebalik ya? Justru pihak oposisi yg begitu ? emoticon-Bingung
tebu ireng condong kemana?


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di