alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Pengacara Kecewa Berkas Ratna Sarumpaet Dilimpahkan ke Kejaksaan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5be40625620881c0518b458a/pengacara-kecewa-berkas-ratna-sarumpaet-dilimpahkan-ke-kejaksaan

Pengacara Kecewa Berkas Ratna Sarumpaet Dilimpahkan ke Kejaksaan

Pengacara Kecewa Berkas Ratna Sarumpaet Dilimpahkan ke Kejaksaan

Jakarta, IDN Times - Kuasa Hukum Ratna Sarumpaet, Insank Nazruddin, kecewa atas permohonan kota Ratna ditolak dan hari ini, Kamis (8/11) Polisi telah menyerahkan berkas perkara Ratna Sarumpaet dalam kasus hoaks ke kejaksaan.

“Hari ini akan diserahkan ke kejaksaan tahap pertama, nanti kejaksaan akan meneliti kasus ini apakah berkas ini dievaluasi, apakah ada petunjuk maupun apakah ada kekurangan baik itu materil dan formil, seandainya itu ada petunjuk nanti akan segera kita penuhi,” kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono di Polda, Jakarta, Kamis (8/11).

Menanggapi hal itu, apa yang akan dilakukan pihak Ratna?

Pengacara Kecewa Berkas Ratna Sarumpaet Dilimpahkan ke Kejaksaan
Berita Acara Pemeriksaan (BAP) dan 63 Barang Bukti (BB) telah diserahkan, kini Insank dan keluarga Ratna mengaku akan mengajukan praperadilan.

“Ini kan sudah pengiriman berkas, otomatis ketika kami mengajukan praperadilan itu bisa saja. Ini kan sudah tahap pelimpahan, kita tunggu saja,” kata Insank dihubungi IDN Times, Kamis (8/11).

Pengacara Kecewa Berkas Ratna Sarumpaet Dilimpahkan ke Kejaksaan
Sebelumnya, kuasa hukum Aktivis Ratna Sarumpaet, Insank Nazruddin, mengatakan permohonan pertama dari pihak keluarga ditolak dengan alasan belum selesainya proses pemeriksaan saksi dan BAP, permohonan kedua pun dilayangkan keluarga pada 29 Oktober 2018 dengan dasar alasan kekhawatiran kesehatan Ratna selama di Rutan kian memburuk.

Pengacara Kecewa Berkas Ratna Sarumpaet Dilimpahkan ke Kejaksaan
Argo menjelaskan jika permohonan keluarga yang kedua kalinya ditolak dengan alasan subjektivitas penyidik yang tetap akan melakukan penahanan kepada Ratna Sarumpaet.

“Untuk tahanan kota tidak dikabulkan alasannya jadi masih dilakukan penahanan adalah subjektivitas penyidik, artinya penyidik masih tetap melakukan penahanan,” pungkasnya.

Menanggapi itu, Insank menilai jika subjektivitas oleh penyidik dianggap tidak konsisten.

“Kalau alasan kedua ditolak karena subjektivitas penyidik, kami anggap tidak konsisten. Tidak konsisten ini bahwa merujuk pada alasan penolakan permohonan kami yang pertama. Bahwa saksi-saksi belum ada yang diperiksa, Ibu RS juga belum selesai pemeriksaannya.

Kalau alasannya merujuk pada subjektivitas penyidik, buat apa kami mengajukan permohonan yang kedua?”

Pengacara Kecewa Berkas Ratna Sarumpaet Dilimpahkan ke Kejaksaan
Insank juga menilai subjektivitas penyidik tidak relevan. Pasalnya, Insank mengatakan kliennya tak mungkin melarikan diri dan menghilangkan barang bukti ketika menjadi tahanan kota. Seharusnya penyidik, kata Insank, memikirkan kesehatan Ratna dari sisi kemanusiaan.

“Yang harus kita pikirkan itu adalah sisi kemanusiaan. Karena alasan subjektivitas penyidik dikhawatirkan Ibu RS melarikan diri dan menghilangkan barang bukti, oke. Coba kita berpikir sejenak. Beliau ini sudah disita semua identitas bahkan ATM, paspor sudah disita. Mau kemana coba? Kalau alasannya mengulangi perbuatan, saya kira hal itu tidak relevan,” tandasnya.

“Semata-mata tujuan kami adalah agar nantinya Ibu RS bisa dalam kondisi sehat, tidak lemah baik secara fisik dan mental sehingga proses hukum bisa berjalan dengan baik dan cepat. Makanya kami mengajukan itu,” lanjut Insank.


Sumber : https://www.idntimes.com/news/indone...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Pengacara Kecewa Berkas Ratna Sarumpaet Dilimpahkan ke Kejaksaan Polda Metro Jaya Serahkan Berkas Ratna Sarumpaet ke Kejaksaan

- Pengacara Kecewa Berkas Ratna Sarumpaet Dilimpahkan ke Kejaksaan Atiqah Hasiholan Batal Jadi Jaminan Ratna Sarumpaet

- Pengacara Kecewa Berkas Ratna Sarumpaet Dilimpahkan ke Kejaksaan Ratna Sarumpaet Depresi di Tahanan, Hanya Mau Makan Bubur



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di