alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Rasanya Cetar, Inilah 5 Makanan Paling Favorit di Turki
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5be402faded770a43b8b4572/rasanya-cetar-inilah-5-makanan-paling-favorit-di-turki

Rasanya Cetar, Inilah 5 Makanan Paling Favorit di Turki

Rasanya Cetar, Inilah 5 Makanan Paling Favorit di Turki

Rata-rata orang Turki sarapan pada pukul 10.00-11.00 pagi. Padahal, kalau di Indonesia, itu sih namanya makan siang ya. Orang Turki rata-rata bangunnya siang, kalau gak ada kuliah atau kerja. Jadi, kalau misalnya salat, setelah salat subuh ya tidur lagi.

Setelah itu, bangun-bangun langsung sarapan. Menyiapkan sarapan, bagi mereka, tidak sulit karena sebagian besar menu utamanya ekmek (roti). Selain roti, sedikitnya ada lima makanan paling favorit orang Turki, seperti berikut ini.

Rasanya Cetar, Inilah 5 Makanan Paling Favorit di Turki
Midye adalah kerang hijau yang banyak tumbuh di sepanjang pantai Turki. Cara penyajiannya ada dua, yakni midye tava, tepung krispi kemudian ditusuk seperti sate dan digoreng. Kedua, midye dolma, yang diracik dengan nasi berbumbu dan disajikan langsung dalam kulit kerangnya. 

Seporsi midye dolma biasanya berisi 20 buah yang dijual seharga 5 TL. Nah, midye ini bisa dikatakan satu-satunya makanan standar rasa yang bisa diterima lidah tropis orang Asia. 

Rasanya Cetar, Inilah 5 Makanan Paling Favorit di Turki
Sarma, makanan yang terbuat dari nasi berbumbu diselimuti daun anggur muda atau daun tertentu lainnya. Dimasak dengan cara dikukus atau direbus dengan sedikit air. Sekilas, sarma ini mirip lemper, ya. Bedanya hanya pada cara penyajian. 

Kalau lemper hanya dimakan bagian isinya, sarma justru semua bagian dilahap habis. Termasuk daunnya. Siraman yogurt pada sajian bakal menambah kenikmatan rasa kuliner khas Anadolu satu ini.

Rasanya Cetar, Inilah 5 Makanan Paling Favorit di Turki
Makanan ini mirip lumpia kering kalau di Indonesia. Bedanya, gözleme  berukuran lebih besar. Satu buah gözleme umumnya terbuat dari adonan lumpia berdiameter 30 sentimeter. 

Isinya kentang, keju putih, dan bayam. Nah, gözleme yang paling disukai adalah ıspanaklı (isian) berupa bayam yang dicampur dengan keju putih, dan sedikit potongan daun maydanos (daun peterseli).

Rasanya Cetar, Inilah 5 Makanan Paling Favorit di Turki
Börek termasuk dalam kategori ekmek (roti). Jenisnya banyak. Ada börek yang berbentuk seperti sendok besar, sigara böreği yang bentuknya seperti rokok atau sigara jumbo, ada juga berbagai jenis pastry. Jadi, kalau kamu mau beli roti-rotian di Turki, pastikan tahu nama jenisnya ya.

Rasanya Cetar, Inilah 5 Makanan Paling Favorit di Turki
Çorba artinya sup. Makanan berkuah ini merupakan menu wajib khas Turki sebelum mulai menikmati makanan berat. Menurut mereka, çorba dinilai dapat mengurangi ketegangan perut, karena teksturnya yang lembut dan penyajiannya yang dihidangkan ketika hangat.

Selain itu çorba juga dikatakan dapat mencegah datangnya berbagai macam penyakit kronis, seperti kanker, mengurangi tekanan darah tinggi, dan sebagainya. Biasanya çorba dimakan dengan ekmek (roti) yang dicelupkan ke dalamnya. 

Çorba Turki punya banyak jenis. Beberapa di antaranya yayla çorba, tarhana çorba, brokolli çorba, domatesli çorba, dan masih banyak lagi yang lainnya. Tapi, yang paling digemari adalah mercimek çorba. Mercimek itu bahasa Indonesianya, kacang lentil.

Dari lima makanan di atas, mana yang paling membuatmu penasaran?


Sumber : https://www.idntimes.com/food/dining...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Rasanya Cetar, Inilah 5 Makanan Paling Favorit di Turki 4 Jenis Es Krim Enak untuk Vegetarian, Segarnya Tak Ada Duanya

- Rasanya Cetar, Inilah 5 Makanan Paling Favorit di Turki 7 Makanan Enak yang Cocok dengan Sambel Setan, Bikin Kamu Lupa Diet

- Rasanya Cetar, Inilah 5 Makanan Paling Favorit di Turki 11 Ide Unik Olahan Churros yang Kreatif, Bikin Gak Bisa Setop Makan



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di