alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Medcom.id /
Polisi Kembali Tangkap Dua Anggota Sindikat Joki CPNS
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5be4021b12e2579a1d8b4571/polisi-kembali-tangkap-dua-anggota-sindikat-joki-cpns

Polisi Kembali Tangkap Dua Anggota Sindikat Joki CPNS

Polisi Kembali Tangkap Dua Anggota Sindikat Joki CPNS

Makassar: Polisi kembali menangkap dua orang anggota sindikat joki tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Makassar, Sulawesi Selatan. Dua orang ini sempat buron setelah Polisi membongkar praktik perjokian pada tes CPNS Kementerian Hukum dan HAM, 27-28 Oktober 2018 lalu.


Dua pelaku ini yaitu M Rusnan, 33, seorang wiraswasta, dan Andi Slamet alias Memet, PNS di Pemkot Makassar. Keduanya warga Makassar.


'Peran mereka sebagai pembuat identitas palsu yang digunakan joki agar seolah-seolah sebagai peserta tes seleksi CPNS,' kata Kepala Bidang Humas Polda Sulsel Kombes Dicky Sondani pada konferensi pers di Kantor Polrestabes Makassar, Kamis, 8 November.


Polisi menangkap empat joki pada tes CPNS Kemenkumham, yang digelar di Aula Radio Republik Indonesia, jalan Riburane Makassar, 27-28 Oktober. Selain joki, turut diringkus seorang broker atau perantara dan satu peserta tes yang asli.


Dicky mengatakan, para pelaku terbagi atas beberapa kelompok. Namun umumnya mereka menggunakan modus serupa untuk mengelabui petugas. Aktivitas mereka tercium berkat verifikasi digital panitia tes seleksi.


'Hingga kini sudah delapan yang tertangkap. Masih ada tujuh orang terkait yang DPO (dalam pencarian orang), dan kita masih berupaya melacak keberadaan mereka,' ujar Dicky.


Dari pengakuan tersangka, sindikat joki CPNS bekerja sistematis. Umumnya mereka sudah pernah beraksi dengan cara yang sama, sehingga pola kerja mereka terorganisir. Joki yang kedapatan di Makassar bahkan didatangkan dari luar provinsi.


Para joki diimingi imbalan cukup besar. Jika peserta seleksi CPNS lulus tes, mereka dijanjikan uang senilai Rp10 juta hingga Rp40 juta. Broker meminta kepada peserta antara Rp125 juta hingga Rp150 juta. Sedangkan pembuat dokumen identitas palsu dapat imbalan Rp5 juta.


'Kemungkinan aksi serupa terjadi di kota lain di Indonesia. Rata-rata joki dan broker bertemu dengan peserta tes CPNS pada sesi bimbingan belajar. Dari sana mereka membangun komunikasi,' beber Dicky. 


Para pelaku joki terancam hukuman maksimal enam tahun penjara. Mereka dijerat dengan Pasal 263 juncto Pasal 55 KUHP, karena memalsukan surat dan menggunakannya untuk kejahatan.

Sumber : http://news.metrotvnews.com/daerah/Z...ikat-joki-cpns

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Polisi Kembali Tangkap Dua Anggota Sindikat Joki CPNS 1.436 Pelamar BSSN Ikuti Seleksi Kompetensi Dasar CPNS 2018

- Polisi Kembali Tangkap Dua Anggota Sindikat Joki CPNS Masalah Teknis, Seleksi CPNS di Jateng Mundur

- Polisi Kembali Tangkap Dua Anggota Sindikat Joki CPNS Seleksi CPNS di Jateng Mundur

Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di