alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Akhirnya Pulau Boracay Kembali Dibuka, Tapi Simak Aturannya!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5be3eba3d675d422758b4567/akhirnya-pulau-boracay-kembali-dibuka-tapi-simak-aturannya

Akhirnya Pulau Boracay Kembali Dibuka, Tapi Simak Aturannya!

Akhirnya Pulau Boracay Kembali Dibuka, Tapi Simak Aturannya!
Foto: Lakwatsero

Boracay, sebuah pulau kecil di Filipina yang letaknya 315 km dari Manila, ibu kota Filipina. Terkenal dengan pantai berpasir putih, laut biru jernih, pemandangan pantai yang sangat indah, nggak ketinggalan indahnya saat sunrise dan sunset. Bisa dikatakan pulau ini adalah destinasi favorit turis saat ke Asia Tenggara.

Akhirnya Pulau Boracay Kembali Dibuka, Tapi Simak Aturannya!
Foto: Lonely Planet

Membludaknya jumlah turis beberapa tahun terakhir ini ternyata turut "menyumbangkan" kerusakan lingkungan di pulau yang cantik ini. Mulai dari menumpuknya sampah di pinggir pantai dan juga rusaknya ekosistem alam di sana. Presiden Filipina, Rodrigo Duterte pun akhirnya memerintahkan untuk menutup Pulau Boracay selama 6 bulan untuk pemulihan, tepatnya dari bulan April 2018.

Setelah pembersihan dan pemulihan tahap pertama, akhirnya Pulau Boracay kembali dibuka untuk turis pada tanggal 26 Oktober 2018 GanSist! Tapi sekarang ada beberapa peraturan baru supaya pulau cantik ini bisa selalu terjaga. Jadi kalo agan emang udah punya rencana buat ke Pulau Boracay dalam waktu dekat, ingat-ingat peraturannya ya!

Akhirnya Pulau Boracay Kembali Dibuka, Tapi Simak Aturannya!

1. Pulau ini hanya dibuka untuk 6000 turis per harinya

Kalo sebelumnya diumumkan pulau ini bisa menampung 16.000 turis dalam sehari, tapi dalam soft opening pada 15 Oktober lalu, kapasitas pulau ini hanya 6000 turis per harinya. Namun, mungkin aja bisa berubah dalam beberapa bulan ke depan.

2. Turis hanya bisa booking dari hotel yang terakreditasi

Ini salah satu cara untuk mengontrol jumlah turis yang datang ke pulau yakni pemerintah akan meminta turis untuk menunjukkan bukti reservassi hotel sebelum memasuki pulau. Sekarang sih baru ada 157 akomodasi yang udah terakreditasi dan yang memuat 6000-9000 kamar di seluruh pulau.

Spoiler for Ini list hotelnya gan:


3. Dilarang party di pantai!

Pengen party di pantai? Buang jauh-jauh deh. Semenjak Laboracay juga udah dilarang, party lain di sepanjang pantai juga sekarang udah nggak boleh. Begitu juga turis nggak boleh minum-minum atau ngerokok di pantai.

4. Watersports sementara dihentikan

Iya buat Agan yang mengincar buat main banana boat, sunset sailing, snorkeling, belum bisa dilakuin sementara di Boracay. Tapi tenang aja, banyak aktivitas lain yang bisa dilakuin di sini.

Akhirnya Pulau Boracay Kembali Dibuka, Tapi Simak Aturannya!

5. Memanggang daging dengan arang di pinggir pantai juga dilarang

Ini juga salah satu cara untuk menjaga lingkungan. Jadi, bye bye deh buat burger chori dan isaw emoticon-Frown

6. Hindari penggunaan plastik sekali pakai

Jadi pemerintah sana juga sekarang lagi merangkul turis buat ngurangin penggunaan plastik sekali pakai yang berbahaya buat lingkungan. Jadi kalo ke sana, bawa aja shopping bag, sendok garpu sendiri (supaya gak pake sendok plastik), dan tumbler minuman ya.

7. E-jeepney gratis sampe Desember

Akhirnya Pulau Boracay Kembali Dibuka, Tapi Simak Aturannya!
Foto: Planet Philippines

Asyik sekarang udah ada e-jeepney di Boracay! Jadi buat turis yang mau datang ke sini sampe Desember, bisa pakai e-jeepney gratis dari satu tempat ke tempat lain.

8. Tukang souvenir dan tukang makanan juga dilarang

Sering kan ya ada kedai-kedai kecil pinggir pantai yang jualan gelang, kalung, gantungan kunci? Ya sekarang mereka udah dilarang buat jualan di pinggir pantai. Tapi tenang aja buat Agan yang mau bawa pulang oleh-oleh, bisa beli barang-barang di D*Mall.

9. Nggak boleh bawa hewan peliharaan ke pantai

Eh tapi ini maksudnya bukan nggak boleh bawa si doggy ke pantai ya. Pemerintah menyarankan buat pemilik hewan itu untuk ngebersihin poopy si hewan saat di pantai. Jadi kalo ada hewan yang keliaran tapi nggak ada yang punya, bakalan ditangkap.

10. Nggak boleh buang sampah sembarangan

Catet nih ya, sekecil apapun sampahnya ya jangan dibuang sembarangan. Sekarang udah ada aturannya kalo buang sampah sembarangan bakalan didenda, jadi simpen aja dulu sampahnya dan baru dibuang waktu ada tempat sampah.

Akhirnya Pulau Boracay Kembali Dibuka, Tapi Simak Aturannya!
Foto: blueorienttravelandtours

11. Membuat istana pasir juga ada aturannya

Di pinggir pantai anak-anak paling suka banget ya buat bikin istana pasir. Atau buat Agan yang pernah ke Boracay, pasti pernah lihat istana pasir bertuliskan Boracay dengan tanggal dibuatnya. Tapi sekarang udah nggak bisa ditemuin lagi karena udah ada peraturannya.

12. Bangku pantai dan payung juga nggak boleh di pantai

Mau main di pantai tapi nggak mau kepanasan (?) Biasanya suka ngadem ya di bangku pantai yang berpayung sambil baca buku dan tidur-tiduran. Tapi sekarang udah nggak boleh lagi tuh bangku pantai dan payungnya. Jadi jangan lupa bawa alas atau handuk besar atau kain Bali dan siap-siap tanning ya!

13. Casino nggak boleh beroperasi

Ini adalah permintaan dari Presiden Duterte langsung GanSist. Menurut Presiden, Boracaya bukan tempat buat berjudi, tapi buat kumpul keluarga dan juga outing.

Kalo diperhatiin emang BANYAK BANGET ya aturannya. Tapi tenang aja semua aturan itu pastinya udah dipikirin sama pemerintah dan pihak terkait, ya tujuannya demi rehabilitasi pulau jadi semakin menghargai lingkungan. Masa tempat sebagus Boracay dibiarkan "dirusak" oleh para pendatang? Makanya harus ada tindakan tegas salah satunya lewat rehabilitasi dan juga proses setelahnya.

Jadi, kapan kita ke Boracay?

Akhirnya Pulau Boracay Kembali Dibuka, Tapi Simak Aturannya!

Sumber
Urutan Terlama
Nah kalo ke pantai gw paling demen deh emoticon-Big Grin
informasinya lengkap sekali emoticon-2 Jempol
Jahat lo gan. Ga promo negara sendiriemoticon-Malu emoticon-I Love Indonesia
Diubah oleh weneedward
Butuh liburan
ijin nyimak gan, hehe
Akhirnya Pulau Boracay Kembali Dibuka, Tapi Simak Aturannya!
Akhirnya Pulau Boracay Kembali Dibuka, Tapi Simak Aturannya!
Akhirnya Pulau Boracay Kembali Dibuka, Tapi Simak Aturannya!
Akhirnya Pulau Boracay Kembali Dibuka, Tapi Simak Aturannya!
Akhirnya Pulau Boracay Kembali Dibuka, Tapi Simak Aturannya!
Akhirnya Pulau Boracay Kembali Dibuka, Tapi Simak Aturannya!
Akhirnya Pulau Boracay Kembali Dibuka, Tapi Simak Aturannya!


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di