alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Indonesia Update /
Udah Pada Tau Tentang E-TLE? Ternyata Gini Nih Mekanismenya
4.92 stars - based on 12 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5be3eb0f5a5163c2328b4567/udah-pada-tau-tentang-e-tle-ternyata-gini-nih-mekanismenya

Udah Pada Tau Tentang E-TLE? Ternyata Gini Nih Mekanismenya

Udah Pada Tau Tentang E-TLE? Ternyata Gini Nih Mekanismenya

Kira-kira agan di mari udah pada tau tentang E-TLE belum nih? Kalau belum tau rasanya agan pada ketinggalan deh, soalnya ini penting banget nih gan apalagi kalo agan sista termasuk yang setiap harinya beraktivitas dengan menggunakan kendaraan bermotor di Jakarta.

E-TLE atau electronic traffic law enforcement nantinya bakalan bekerja dengan menindak pelanggaran batas kecepatan, pelanggaran marka dan rambu jalan seperti menerobos lampu merah atau kendaraan berada di zebra cross saat lampu merah, salah jalur atau melawan arus, kelebihan daya angkut dan dimensi, pengeteman atau parkir liar, dan tak menutup kemungkinan pelanggar ganjil genap yang terekam. 

Udah paham dikit kan..? tapi apa bedannya dengan e-tilang, Gan? Oitss.. Sabar dulu gan, sebelum ane menjawab pertanyaan ini ane mohon ijin untuk sruput kopinya dulu yah, dari pagi belum ngopi nih .. emoticon-nyantai. emoticon-Ngakak.

Agan sista mungkin udah denger duluan istilah ‘e-tilang’ yang beberapa tahun lalu begitu santer dikabarkan, kemudian bulan lalu juga dilakukan proses pengujian E-TLE. Tapi perlu dicatat nih gan bahwa e-tilang dan E-TLE ini dua hal yang berbeda lohhh, dimana sistem tilang elektronik dalam e-tilang dan E-TLE merupakan dua hal yang berbeda, baik dari segi admistrasinya ataupun teknologi yang digunakan.

Apa Bedanya E-Tilang dan E-TLE Gan.. ? emoticon-Matabelo

 Untuk E-tilang itu, cara kerjanya adalah ketika biasanya seorang pelanggar lalu lintas yang kemudian Polisi yang bertugas akan menulis dan memberikan surat tilang, maka dengan e-tilang tentu berbeda karena penulisan nggak lagi menggunakan kertas namun sudah melalui aplikasi berbasis Android. Jadi, yang biasanya nulis di surat tilang berubah jadi bisa langsung dimasukkan ke aplikasi tersebut. Sementara untuk E-TLE, kamera closed circuit television (CCTV) berteknologi canggih yang akan bekerja dengan memantau pelanggaran lalu lintas.

Biar agan sista makin jelas, nanti bakalan ane jelasin secara gamblang gan, tapi mohon ijin dulu sruput kopi lagi yah.. soalnya mata masih berasa sepet nih! emoticon-nyantai.

Efektif per 1 November 2018, Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya bakal menguji coba sistem electronic traffic law enforcement (E-TLE), sudah terpasang CCTV di beberapa titik guna memantau pelanggaran lalu lintas, salah satunya adalah CCTV di Sudirman-Thamrin. Nah, berikut cara kerja dari sistem E-TLE nih gan :


CCTV E-TLE Mengawasi dan Merekam
CCTV akan bekerja dengan merekam, meng-capture pelanggaran, pelat nomor kendaraan di lapangan kemudian terkoneksi di back office TMC Polda Metro Jaya. Nanti dari back office ada petugas yang akan mengecek database dan melakukan verifikasi jenis pelanggaran kendaraan yang dilakukan.

Petugas Akan Mengirim Surat Konfirmasi Pelanggaran
Setelah melewati proses validasi, maka petugas akan mengirimkan surat konfirmasi akan kediaman alamat pelanggar menggunakan POS Indonesia atau melalui alamat e-mail dan nomor handphone pelanggar, dengan dilengkapi bukti foto pelanggaran. Ingat nih gan, proses ini akan dilakukan maksimal 3 hari setelah terjadinya pelanggaran. Jadi jangan kaget kalau tiba-tiba ada e-mail atau surat mampir ke agan.

Klarifikasi dan Penentuan Subyek Pelanggar
Setelah pelanggar menerima surat konfirmasi, maka pelanggar wajib melakukan konfirmasi penerimaan yang bisa dilakukan melalui website www.etle-pmj.info atau melalui aplikasi ETLE- PMJ yang bisa didownload melalui Google Playstore. Untuk fase ini, pelanggar nantinya diberi waktu selama 5 hari untuk memberi konfirmasi. Metode konfirmasi ini nantinya bisa mengklarifikasi untuk menentukan subyek pelanggar, termasuk kalaupun kendaraan tersebut sudah dijual ke orang lain dan belum dilakukan proses balik nama.

Pemberian Surat Tilang Biru dan Pembayaran Denda
Setelah melakukan konfirmasi maka kemudian pelanggar diberi surat tilang biru serta kode BRIVA (BRI Virtual) sebagai kode virtual yang nantinya pelanggar melakukan pembayaran denda tilang. Untuk jangka jatuh temponya, agan kalo melanggar hanya diberikan tempo 7 hari setelah diberi surat tilang biru dan kode BRIVA. Kalau ga bayar gimana gan? Nah, kalau agan sudah melewati batas tempo pembayaran dan ga bayar juga, maka akan ada tindakan lanjut berupa pemblokiran STNK sementara.
Biar afdol, pantengin juga dong video penjelasan tentang E-TLE Berikut ini :



Nah, sekian dulu ya info tentang E-TLE gan, jangan lupa untuk selalu mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan mengutamakan keselamatan saat berkendara di jalan. Agan udah ada yang pernah melanggar atau pernah ngelihat CCTV E-TLE di jalan dan mau share di mari, boleh gan reply aja dengan cara komentar di thread ini..  

Thanks Kaskuser...  emoticon-Shakehand2 


Quote:

Diubah oleh KASKUS.HQ
Halaman 1 dari 8
Pertamax ane amankan dll ya emoticon-Hansip
nice info gan emoticon-Jempol
gila HT aja sepi banget emoticon-Hammer

yg jadi pertanyaan kl pake Briva kan denda max, apa bisa diambil lgsg ke kejaksaan.. kyk tilang2 spt biasanya?
Quote:

Copot pelat
Pake pelat kendaraan lain
Anti tilang
emoticon-Hammer2
Diubah oleh 0newaccount0
Serem gan uda pake elektronik tapi tetap saja pelanggaran masih banyak & tetap tidak bisa tertib.
efektif ga ya?
kalo orang2 yang gatau tentang teknologi, mereka takutnya linglung tau2 nanti di blokir aja stnknya wkwk
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
Nice impoh emoticon-shakehand
masih bisa "damai" ga gan?
Quote:


Wani piro? emoticon-Leh Uga
Quote:


Kan udah malam emoticon-Hammer2
gitu ye gan
nice inpohnya ye
ada kaitan dengan ETEL gan?
oke min
Quote:


sama sama emoticon-Smilie
mangstab
Patuhilah rambu rambu lalulintas emoticon-Embarrassment

CENDOLIN ANE DONG
gw taunya itil gan
welcome to halaman two
Halaman 1 dari 8


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di