alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Medcom.id /
Korban Gempa Sigi Masih Bertahan di Tenda
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5be3e05b9e740481198b4580/korban-gempa-sigi-masih-bertahan-di-tenda

Korban Gempa Sigi Masih Bertahan di Tenda

Korban Gempa Sigi Masih Bertahan di Tenda

Sigi: Sebagagian warga korban gempabumi di Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah, masih bertahan di sejumlah lokasi pengungsian. Mereka bertahan meski hanya menggunakan tenda-tenda terpal.


Seperti di lokasi penampungan pengungsi di wilayah Desa Pombewe dan Sidera, Kecamatan Sigibiromaru, Kabupaten Sigi, rata-rata warga belum mau kembali ke desa mereka.


'Rumah kami habis, sekaligus kehilangan matapencaharian,' kata Berto, salah seorang warga Desa Jonoge yang mengungsi ke Desa Pombewe karena desanya porak-poranda seperti dilansir Antara, Kamis, 8 November 2018.


Berto menjelaskan, bukan hanya rumah yang rusak, tetapi seluruh harta benda dan matapencaharian telah hancur karena digoncang gempabumi yang banyak juga menyebabkan banyaknya korban jiwa.


Hal senada juga disampaikan Markus, salah seorang warga desa Sidera, Kecamatan Sigibiromaru. Sebagian permukiman di Desa Sidera juga diterjang gempabumi dan banyak warga kehilangan tempat tinggal dan harta benda.


Untuk sementara mengungsi ke wilayah perbukitan di Desa Sidera, sebab lokasi tersebut berada pada ketinggian dan paling bagus untuk lokasi pengungsian sementara.


Di lokasi itu, kata Markus, pengungsi bukan hanya dari Desa Sidera, tetapi sebagian juga berasal dari Desa Jonoge. Desa Jonoge berbatasan langsung dengan Desa Sidera, khususnya Dusun II Jonoge.


Saat terjadi gempabumi, lokasi permukiman penduduk Dusun II Jonoge bergeser sekitar 200-an meter ke arah selatan dan semua rumah dan bangunan lainnya termasuk badan jalan hampir dua kilometer yang menghubungkan Desa Jonoge dan Sidera ikut lenyap bagaikan ditelan bumi.


Markus juga mengatakan belum mau kembali ke desanya, sebab rumah dan isi rumahnya habis terkubur lumpur. 'Ya mungkin akan kembali, tetapi belum bisa pastikan kapan waktunya,' ungkap Markus.


Di lokasi pengungsian Desa Pombewe masih terdapat sekitar 297 KK warga Desa

Jonoge.

Sumber : http://news.metrotvnews.com/daerah/e...tahan-di-tenda

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Korban Gempa Sigi Masih Bertahan di Tenda Mahasiswa Universitas Tadulako Kuliah di Tenda Darurat

- Korban Gempa Sigi Masih Bertahan di Tenda Kisah dari Topalu'e (3)

- Korban Gempa Sigi Masih Bertahan di Tenda Kisah dari Topalu'e (2)



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di