alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Awas! Ngecas HP di Tempat Umum Bisa Kena Virus Gan!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5be3d5001cbfaaa7208b4567/awas-ngecas-hp-di-tempat-umum-bisa-kena-virus-gan

Awas! Ngecas HP di Tempat Umum Bisa Kena Virus Gan!

Awas! Ngecas HP di Tempat Umum Bisa Kena Virus Gan!



Salah satu modus baru untuk menyebarkan malware ternyata bisa dilakukan jika pengguna melakukan pengisian daya alias "ngecas" baterai ponsel pada kabel yang tersedia di tempat umum. 


Beberapa tempat umum, seringkali menyediakan kotak dan kabel-kabel untuk mengisi daya. Menurut Yudhi Kukuh, analis keamanan dari ESET bahwa peretas bisa menginfeksi layanan itu agar kabel mengirimkan malware kepada korban. Hal-hal kecil seperti inilah yang menurut Kukuh banyak yang tidak disadari oleh masyarakat. 

Melansir https://www.cnnindonesia.com/teknolo...erkena-malware, berdasarkan studi Ponemon Institute, pada 2018 rata-rata kerugian akibat pelanggaran data secara global pada tahun ini mencapai US$3,86 juta atau sekitar Rp56,5 miliar. Selain itu, Breach Level Index juga mengungkap telah terjadi 945 pelanggaran data yang menyebabkan 4,5 miliar catatan data hilang di seluruh dunia pada 2018.

Melihat tingginya angka ancaman kejahatan siber, Yudhi menghimbau agar masyarakat tidak sembarangan untuk mengisi daya ponsel mereka di kotak untuk mengisi daya di tempat umum. Selain itu, ia juga mengimbau agar warga lebih waspada pada hal-hal berikut. 


Quote:



Quote:



Quote:



Quote:



Quote:



Semoga bermanfaat ganemoticon-Om Telolet Om!

Halaman 1 dari 2
klo dr wifi iyes percaya, tp klo dr listrik gmn bisa ngirim malware?emoticon-Cape d...
kabel bisa terinfeksi virus ? emoticon-Bingung (S)
setau ane virus itu kayak aplikasi, butuh file host dan storage, masa kabel yg bisa nyimpen data?emoticon-Bingung (S)
Diubah oleh kena.semprot
Balasan post adi.prima
Quote:


itu analisis keamanan ESET, Yudhi kukuh loh yang ngomong, bukan orang awam
Balasan post kena.semprot
Quote:


itu analisis keamanan ESET, Yudhi kukuh loh yang ngomong, bukan orang awam. buat pengetahuan baru
Balasan post adi.prima
Quote:


itu analis keamanan ESET, Yudhi kukuh loh yang ngomong, bukan orang awam
Balasan post kena.semprot
Quote:


itu analis keamanan ESET, Yudhi kukuh loh yang ngomong, bukan orang awam. buat pengatahuan baru gan, biar gak 'setau ane' aja
Boleh ni gan..
Balasan post adi.prima
klo emnk listrik bisa mengirimkan malware, berarti pki pc ataupun laptop d rmh juga gk aman donk, karena biasa aj perentas menginfeksi lewat listrik?emoticon-Cape d...
sy juga berkecimpung d keamanan jaringan, namun belum ada bukti bhwa jaringan listrik bisa jadi sarana penyebaran virus ataupun malware bahkan trojan juga gk emoticon-Cape d...
Balasan post widiwtyas078
Quote:


pengetahuan baru it's oke, sebagai praktisi keamanan jaringan bkln ane note sbg warning. but ane belum yakin dan belum terbukti analisa Yudhi kukuh krn memang belum terbukti dan faktanya ane sampi 10th berkecimpung di keamanan jaringan, belum temui adanya kasus malware yg di sebarkan melalui listrik :-)
Quote:


mungkin yg dimaksud TS, kabel2 yg biasa buat ngechas itu kan ada juga yg kabel data, jadi kemungkinan bisa buat lewat virus, cuma apa mungkin kena virus klo ngecass pake adapter ? klo iya berarti charger adapter bisa nyimpen virus dong?emoticon-Bingung (S)
ngecas doank ga mngkin kena virus vrohh.... emoticon-Cool emoticon-Cool emoticon-Cool
Mungkin yang tidak tertulis di artikel atau tidak diutarakan oleh narasumber adalah jenis kabel ces nya. Pasti yang dimaksud adalah kabel data (yang mungkin ujung/asal kabelnya tersembunyi dari pandangan). Jika itu kabel ces langsung dicolok dari jaringan listrik nggak akan bisa membawa data.
Balasan post nugudrone
Quote:


"ika pengguna melakukan pengisian daya alias "ngecas" baterai ponsel pada kabel yang tersedia di tempat umum."

Awas! Ngecas HP di Tempat Umum Bisa Kena Virus Gan!
oh jadi bahaya ya
orang awam emang wajib waspada, beda lagi kalo ente orang it emoticon-Big Grin kena virus no problemo flash sendiri malah kadang ada yg buat antivirus sendiri emoticon-Ngakak (S)
Ribet amat ye. Untung ane pake smart telepati. Kaga ade yg begituan emoticon-Ngacir
emoticon-Wakaka

Sejak kapan virus bisa menyebar lewat listrik?
ijin nyimak gan, btw nais inpo, hehe
Awas! Ngecas HP di Tempat Umum Bisa Kena Virus Gan!
Awas! Ngecas HP di Tempat Umum Bisa Kena Virus Gan!
Awas! Ngecas HP di Tempat Umum Bisa Kena Virus Gan!
Awas! Ngecas HP di Tempat Umum Bisa Kena Virus Gan!
Awas! Ngecas HP di Tempat Umum Bisa Kena Virus Gan!
Awas! Ngecas HP di Tempat Umum Bisa Kena Virus Gan!
Awas! Ngecas HP di Tempat Umum Bisa Kena Virus Gan!
Balasan post panjialiansyah
Quote:


sejak analis keamanan ESET, Yudhi Kukuh ngomong kalo kabel charger umum bisa ngirim malware dong. emang mana yang nyebutin listrik? baca dulu yang bener emoticon-Wakaka emoticon-Ngakak orang yang disinggung kabelnya emoticon-Ngakak
Balasan post anvalz
Quote:


siiip gan emoticon-Big Grin
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di