alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Citizen Journalism /
Jangan Berharap Bisa Beli Minuman di Stasiun Maja
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5be3c5a9dcd77017588b4571/jangan-berharap-bisa-beli-minuman-di-stasiun-maja

Jangan Berharap Bisa Beli Minuman di Stasiun Maja

Jangan Berharap Bisa Beli Minuman di Stasiun Maja
Stasiun Maja: Foto isson khairul

Stasiun Maja (MJ) merupakan salah satu stasiun kereta api kelas II yang terletak di Kecamatan Maja, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Maja yang artinya indah atau cantik, terkenal dengan ciri khasnya yakni Batu Kalimaya terkenal hampir di seluruh dunia. Batu Kalimaya merupakan batu alam terindah nomer dua di dunia. Namanya juga diabadikan sebagai nama Kereta Api jarak jauh KA Kalimaya yang melayani perjalanan Merak hingga Tanah Abang.

Stasiun Maja terletak di ketinggian +40 meter ini termasuk ke dalam Daerah Operasi (Daop) I Jakarta. Stasiun ini memiliki tiga jalur kereta api dengan jalur 1 dan 2 sebagai sepur lurus dan jalur 3 sebagai sepur badug (jalur buntu).

Jangan Berharap Bisa Beli Minuman di Stasiun Maja
(Doc.Pribadi)

Pada Mei 2012, perpanjangan jaringan KRL dan jalur ganda telah diuji coba dan sejak tanggal 17 April 2013 Stasiun Maja sudah melayani KRL/Commuter Line AC tujuan Stasiun Tanahabang dan sudah ada jalur ganda. Maka dari itu stasiun ini hanya digunakan oleh KRL Commuter Line AC yang melayani rute Tanahabang–Rangkasbitung.

Dalam rangka meningkatkan pelayanan dan jumlah penumpang kereta api KRL Commuter Line wilayah Kabupaten Lebak, PT KCI sebagai operator melakukan perpanjangan rute KRL Commuter Line ke Stasiun Rangkasbitung. Saat ini Stasiun Maja sudah direnovasi total, dengan mempertahankan bangunan lamanya yang terkesan klasik dan unik. Akhirnya mulai tanggal 1 April 2017 KRL resmi beroperasi di Stasiun Maja.

Jangan Berharap Bisa Beli Minuman di Stasiun Maja
(Doc.Pribadi)

Renovasi Stasiun sudah berlangsung sejak tahun 2014 dimana PT KAI (Persero) sebagai pengelola dan pemilik asetnya mengijinkan Ditjen Perkeretaapian untuk merenovasi Stasiun Maja menjadi dua tingkat.

Harapan saya sebagai pengguna jasa KRL dan sering berurusan di Kabupaten Lebak, Stasiun Maja semakin menarik lagi dengan beragam kuliner khas Lebak, pelaku UMKM maupun pelaku bisnis lainnya. Sudah semestinya PT KAI (Persero) memperhatikan Stasiun Maja sebagai salah satu penopang KRL Commuter Line untuk membantu meramaikan stasiun agar tidak kosong melompong seperti saat ini.

Hal ini juga dinilai penting karena PT KAI (Persero) sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan pengelola Stasiun Maja harus bisa mendongkrak perekonomian di sekitarnya.

Banten, 08 November 2018
Diubah oleh acongsurya


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di