alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Pengerjaan MRT Fase II belum akan sampai ke Ancol
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5be3a81d947868296f8b4572/pengerjaan-mrt-fase-ii-belum-akan-sampai-ke-ancol

Pengerjaan MRT Fase II belum akan sampai ke Ancol

Pengerjaan MRT Fase II belum akan sampai ke Ancol
Presiden Joko Widodo (ketiga kanan) berbincang dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kedua kiri), Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kedua kanan) dan Dirut MRT Jakarta William Sabandar (kiri) seusai mencoba kereta Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta di Stasiun Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Selasa (6/11/2018).
Keinginan Presiden Joko "Jokowi" Widodo untuk memperpanjang pembangunan Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta hingga ke Ancol, Jakarta Utara, tampaknya belum bisa segera diwujudkan.

Demikian dinyatakan Direktur Keuangan PT MRT Jakarta, Tuhiyat. Ia memastikan fase II tetap pada rencana awal, Bundaran Hotel Indonesia-Kampung Bandan.

"Ya namanya juga Presiden (yang mengatakan), tetapi kan dalam pelaksanaannya nanti tidak seperti itu," kata Tuhiyat di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jakarta Pusat, seperti dikutip Kompas.com, Rabu (7/11/2018).

Sebelumnya, Jokowi sempat meminta agar pembangunan MRT Fase II yang semula menghubungkan dari Bunderan Hotel Indonesia menuju Kampung Bandan bisa diperpanjang hingga Ancol. Alternatif lainnya, jalur MRT akan berakhir di Stadion Bersih, Manusiawi, dan Berwibawa (BMW), Jakarta Utara.

Jokowi juga sempat menargetkan untuk melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) pada Januari 2019.

"Kita harapkan nanti pada tahapan kedua HI sampai ke Ancol sudah akan dimulai awal tahun depan plus paralel," ujarnya saat ditemui di Stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta, seperti dikutip Okezone (6/11).

Hal ini dilakukan sebab lahan yang sejatinya dimiliki oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI) bermasalah dengan pihak ketiga di wilayah Kampung Bandan, Jakarta Utara.

"KAI-nya sedang berperkara ya dengan pihak ketiga. Jadi, kita harus siap aja berantisipasi kalau lahannya sulit untuk diperoleh maka kita harus juga bisa mencari alternatifnya. Karena fase II harus bisa berjalan sesuai dengan jadwal," jelas Direktur Konstruksi PT MRT Jakarta, Silvia Halim, seperti dikutip Viva.co.id (6/11).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pun melanjutkan, rencana ini akan membuat bertambahnya biaya dari rute awal.

Anggaran yang diperoleh dari APBN yang semula diperkirakan sebesar Rp20 triliun untuk pengerjaan tahap II sampai Stasiun Kota, diperkirakan akan membengkak hingga Rp30 triliun jika rute ditambahn sampai Ancol atau Stadion BMW.

"Ada tambahan, mungkin tambah Rp10 triliun lagi (dari rencana awal Rp20 triliun)," jelas Budi, dikutip CNN Indonesia (6/11).
Alasan ditolaknya rencana
Rencana perpanjangan jalur itu, menurut Tuhiyat, semestinya melalui feasibility study, atau studi kelayakan, terlebih dahulu. Proses itu juga dipastikan akan menelan biaya besar dan memakan waktu yang cukup lama.

"Jadi harusnya diluruskan soal Pak Budi Karya yang bilang perpanjangan (sampai Ancol) itu. Ada mekanisme feasibility study dari segi teknis dan pembiayaan akan beda," ujar Tuhiyat, dikutip Kompas.com (7/11).

Sedangkan untuk uji kelayakan juga membutuhkan waktu yang tak sebentar.

"Panjang itu, bisa tahunan. Saya mengurus (studi kelayakan) itu tahunan, Fase II saja dari 2016, belum (diajukan) ke dewan (DPRD DKI). Jadi enggak bisa diterusin sampai Ancol," lanjutnya lagi.

Hal ini juga terkait dengan pinjaman dana yang didapat dari Japan Internasional Coorperation Agency (JICA). Menurut Tuhiyat, jika tak dilakukan uji kelayakan dengan semestinya, JICA bisa membatalkan pinjaman.

Kendati demikian, Tuhiyat mengatakan bahwa bisa saja rencana perpanjangan rute Ancol dimasukkan ke dalam Fase IV.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan menyatakan, rencana perpanjangan rute ini masih dalam tahap pembahasan internal antara pihak MRT dengan investor dari Jepang dan belum menemui kesepakatan. Rencana tersebut juga sudah disampaikan kepada Jokowi.

"Memang itu yang masih dalam pembicaraan. Emang itulah paparan di dalam pihak pusat dan Jepang. Ini belum selesai dibicarakan tapi sudah telanjur ke publik kan. Jadi ramai pembicaraan. Tapi itu apa yang direncanakan oleh kita dan dipaparkan ke Presiden kemarin," ucapnya, seperti dikutip detikcom (7/11).
Pengerjaan MRT Fase II belum akan sampai ke Ancol


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...ampai-ke-ancol

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Pengerjaan MRT Fase II belum akan sampai ke Ancol Presiden diminta ambil alih bencana tambang Kaltim

- Pengerjaan MRT Fase II belum akan sampai ke Ancol Sepeda motor listrik Jokowi

- Pengerjaan MRT Fase II belum akan sampai ke Ancol Silang pendapat, kasus pelanggaran tim Jokowi-Ma'ruf dihentikan



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di