alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
PERJALANAN PANJANG SKUTIK LISTRIK GESITS
4.33 stars - based on 6 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5be39e6892523306398b4572/perjalanan-panjang-skutik-listrik-gesits

PERJALANAN PANJANG SKUTIK LISTRIK GESITS

Perjalanan Panjang Skutik Listrik Gesits

PERJALANAN PANJANG SKUTIK LISTRIK GESITS

Presiden RI Joko Widodo baru saja menjajal skutik listrik buatan dalam negeri, Gesits (Garansindo Electric Scooter ITS). Jokowi mencoba skutik elektrik itu di halaman Istana Negara Rabu (7/11/2018).

Perjuangan Gesits untuk bisa mencapai fase produksi tidak bisa dibilang mudah. Banyak tantangan yang dialami, termasuk melawan raksasa-raksasa otomotif roda dua asal Jepang, yang sudah lebih dulu menggurita di Indonesia.

PT Garansindo Inter Global membuka jalan dengan menggandeng Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, untuk bekerja sama menciptakan teknologi sepeda motor nasional, yang akhirya sampai pada skuter listrik Gesits.

ITS sudah punya kompetensi soal riset di bidang kendaraan listrik, yang sudah terbukti lewat beberapa produk prototipe yang pernah dibuat. Beberapa sistem kendaraan listrik sudah berhasil dikuasai, mulai dari pengatur, penampil (display), sampai pengawasan (monitoring).

PERJALANAN PANJANG SKUTIK LISTRIK GESITS

Berikut kisah perjalanan Gesits sampai sekarang:

Juni 2015
Tonggak sejarah dimulai dari sini, di mana nota kesepahaman (MoU/ memorandum of understanding) rencana kerjasama pembuatan motor listrik disepakati, antara CEO Garansindo Group Muhammad Al dan Rektor Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Joni Hermana di Surabaya, Jawa Timur.

Agustus 2015
Buat pertama kalinya, Motor listrik hasil kerja sama Garansindo dan Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), tampil di hadapan publik Tanah Air pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2015. Bentuknya saat itu masih “telanjang”, yang merupakan versi awal dari prototipe.

Sempat terjadi kendala saat itu, kala pihak Garansindo dan ITS melakukan demo di hadapan media dan pengunjung IIMS 2015. Namun itu, membuat mereka tak menyerah untuk terus mengembangkan lagi sampai mencapai titik sempurna.

Mei 2016
PT Garansindo Inter Global dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) akhirnya mendebut sepeda motor listrik Gesits di Gedung Riset Mobil Listrik, Surabaya, Selasa (3/5/2016). Produk ini merupakan hasil kolaborasi antara periset dari dunia pendidikan dan pebisnis otomotif nasional.

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir, bahkan sempat melakukan pengujian performa pertama prototipe Gesits di ITS.

November 2016
Proyek terus berlanjut, di mana berselang tujuh bulan dari peluncuran pertama, tepatnya pada 7 November 2016, Gesits dites sepanjang Jakarta hingga Bali (Tour de Jawa - Bali) oleh tim Garansindo dan Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Pengujian performa ini dilakukan pada lima unit Gesits. Hal ini dilakukan sebagai langkah kesiapan untuk produksi massal, seperti pengkajian performa, jarak tempuh dan konsumsi energi, serta dari sisi aspek keselamatan.

Agustus 2017
Persiapan GESITS masuk lini produksi, sekaligus penandatanganan perjanjian kerja sama produksi dan pendirian pabrik di kawasan industri PT. Wijaya Karya (WIKA, Persero), Cileungsi, Bogor, Jawa Barat, antara PT Wijaya Karya Industri dan Konstruksi (WIKON) dan PT. Gesits Technologies Indo (GTI).

Pada tahap awal, pabrik akan menggunakan salah satu bangunan seluas 2.400 meter persegi, yang akan dimanfaatkan untuk fasilitas penerimaan komponen, perakitan kendaraan, dan pengujian akhir. Kemudian hasil produksi akan ditampung dalam sebuah gudang penyimpanan sementara seluas 1.400 meter persegi.

Volume awal produksi sendiri ada di angka 50.000 unit dan akan terus ditambahkan, hingga mencapai produksi 100.000 unit per tahunnya.

Oktober 2017
Calon skuter listrik nasional ini akhirnya menarik perhatian Menteri ESDM Ignasius Jonan, yang akhirnya mencoba performa Gesits di lingkungan Kementerian ESDM. Jonan menegaskan Gesits sebagai solusi transportasi sepeda motor yang ditunggu Pemerintah dan produk yang siap diproduksi.

Agustus 2018
Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir meninjau kegiatan persiapan produksi di pabrik PT. Wijaya Manufakturing (PT. WIMA) di Cileungsi, Bogor, Jawa Barat. Kunjunga ini sebagai sinyal kalau Gesits, sudah siap masuk jalur produksi massal, dan akan dipasarkan di dalam negeri.

November 2018
Soft launching  versi produksi Gesits, yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (7/11/2018). Orang nomor satu di Indonesia itu jadi yang pertama menjajal versi produksi Gesits.

Dirinya juga memastikan kalau Gesits sudah siap untuk masuk pasar otomotif dalam negeri dan akan diproduksi massal pada awal 2019. Jokowi bahkan berjanji akan membeli Gesits sebanyak 100 unit.
Diubah oleh papaganteng212
Halaman 1 dari 7
Awas nanti nasibnya kaya mobil jin 😂😂😂
Semoga bisa bersaing & laris ya emoticon-Recommended Seller
apapun yg diproduksi negeri sendiri wajib didukung dan diapresiasi, bukan dinyinyiri...
tugas pemerintah selanjutnya memberi akses seluas2nya dan klo bisa meniadakan pajak untuk komponen pendukungnya...
ayolah, pesawat aja bisa bikin...
Berat utk Gesit bisa langsung bersaing dengan motor di pasaran saat ini.
Banyak masyarakat yang pasti bertanya seperti:
- Support after sales nya bagaimana?
- Ketersediaan spare part bagaimana?
- "Pom" Listrik/station nya sudah tersedia?
- Harga jual kembali nya tinggi ga?

Hal-hal mendasar seperti ini yang jadi pertanyaan di masyarakat,
Smoga Pemerintah sdh punya jurus jitu atasi masalah2 di atas emoticon-Big Grin
menuju pilpres nihhh
berapa ya harga jualnya? bentuknya mirip vario ya. emoticon-I Love Indonesia (S)
model nya bagus juga sih


kalo charging bisa dirumah atau di kantor dulu harusnya
berapaan ya ?

Jokowi daripada bagi bagi sepeda lebih baik bagi bagi gesit aja
Diubah oleh anti.kritik.212
Tampangnya mirip2 merk sebelah emoticon-Big Grin
casnya masih memakan waktu lama sama batrenya mahal klo rusakemoticon-Ngacir
mudah2an batrenya bisa murah
Mantap gan
Diubah oleh roodher
wah auto laris kalo sudah di endorse sama pak jokowi.....

semoga sukses dah si gesits...
liati aja
semoga proyek nya terealisasi dengan benar emoticon-Malu
transpotasi macam apa lagi ini emoticon-Ngakak
Quote:


Ini memang hal paling mendasar yg bisa dijadiin acuan.
Masyarakat indo jga pasti berharap si gesits ini mampu bersaing di pasaran. Tp kembali lg ke beberapa hal yg disampein sama agan ini. Kalo dari segi ini aja udh kalah, berat utk dilanjutkan
dijual tanggal 34

emoticon-Ngakak
kayanya bakal laku nih. cuma sparepart sama servis gt gimana ya? apa motor elektrik sama kaya motor2 biasa?
Udah lah pakde. Kasih tau aja ke masyarakat. Kapan gesits udah SIAP di garasi rumah masyarakat. emoticon-Big Grin

Bosen dengernya aturan kendaraan bermotor listrik aja ga kelar2. Giliran launching no 1.

Ga beda jauh sama ASEMKA. Lebih parah malah. Ga jelas cara belinya. emoticon-Big Grin

Hmmm....lucu juga
Owh gitu ya bre
Panjangan mana sama
PERJALANAN PANJANG SKUTIK LISTRIK GESITS emoticon-Betty
Diubah oleh aretralala
Halaman 1 dari 7


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di