alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Kronologi & Kontroversi Sandiaga Ditolak Ceramah di Masjid Mamuju
2.14 stars - based on 7 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5be3950a902cfe2d4e8b4568/kronologi-amp-kontroversi-sandiaga-ditolak-ceramah-di-masjid-mamuju

Kronologi & Kontroversi Sandiaga Ditolak Ceramah di Masjid Mamuju

Kronologi & Kontroversi Sandiaga Ditolak Ceramah di Masjid Mamuju
Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno berswafoto bersama warga saat acara dialog publik Di Mall Mamuju, Sulawesi Barat, Jumat (02/11/2018). ANTARA FOTO/Akbar Tado
Oleh: M. Ahsan Ridhoi - 8 November 2018

"Pengurus Masjid Raya Mamuju menegaskan, rumah ibadah bukan ladang untuk berkampanye."


tirto.id - Beredar sebuah rekaman video berisi penolakan terhadap Cawapres Sandiaga Salahuddin Uno di Masjid Raya Mamuju, Sulawesi Barat. Dalam video berdurasi sekitar satu menit itu, Sandiaga berada di tengah kerumunan jemaah masjid. Beberapa pendukung berteriak, meminta pendamping Prabowo Subianto itu tetap berceramah.

Juru Bicara Prabowo-Sandiaga, Andre Rosiade berani memastikan, dalam agenda resmi kunjungan Sandiaga pada, Sabtu (3/11/2018) itu, tak tercantum rencana menjadi penceramah kuliah tujuh menit (kultum) usai salat subuh. Akan tetapi, ada agenda salat berjamaah dan lawatan ke beberapa lokasi di daerah Mamuju.

"Bang Sandi enggak pernah meminta kultum di masjid. Dia itu sangat hati-hati. Setiap kampanye selalu menghindari berbicara di masjid, kan dilarang KPU," kata Andre kepada reporter Tirto, Rabu (7/11/2018).

Anggota badan komunikasi DPP Partai Gerindra tersebut mengakui, beberapa pendukungnya sempat meminta Sandiaga berceramah. Seperti biasanya, kata Andre, Sandiaga menolak.

"Relawan itu meminta, tapi Bang Sandi enggak mau. Bang Sandi itu selalu berkomitmen enggak mau pidato di masjid. Di Padang dulu dipaksa relawan juga enggak mau," ujarnya.

Andre menuturkan, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu justru menengahi ketegangan antara pendukungnya dengan pengurus Masjid Raya Mamuju. Hanya saja menurut Andre, penyebaran video dilakukan seolah bertujuan memunculkan persepsi, ada kerenggangan antara Sandiaga dengan kelompok Islam di Mamuju.

"Kalau lu ikut gue dampingi Bang Sandi, nih, ramai banget dikerubung. Sambutannya meriah. Beda, lah, sama cawapres sebelah," ucapnya.

Kronologi & Kontroversi Sandiaga Ditolak Ceramah di Masjid Mamuju


Masjid Raya Mamuju Bukan Ladang Kampanye

Ketua Pengurus Masjid Raya Mamuju Ramli Abdullah mengakui Sandiaga memang tak berencana menjadi penceramah kultum. Akan tetapi pendukung mantan Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra itu, ngotot minta Sandiaga tetap berceramah.

"Salah itu Pak Sandi dilarang kultum. Pak Sandi maupun timnya tidak pernah minta kultum. Ini saya tanya Pak Sandi sendiri. Yang minta kultum adalah pendukungnya. Simpatisannya," terang Ramli saat dihubungi reporter Tirto.

Pendukung Sandiaga yang ngotot itu, kata Ramli, bernama Syuaib. Ia dikenal sebagai ustaz setempat.

Dalam rekaman video yang beredar, Ramli menyebut Syuaib adalah sosok pria yang berteriak minta kultum tetap dilaksanakan. Ramli sedikit bingung, lantaran Syuaib sebelumnya jarang terlihat datang ke masjid.

"Saya juga bingung kenapa dia sangat ngotot," ujarnya.

"Katanya [Syuaib], cawapres saya mau memberi kultum, memberi pencerahan kepada umat tidak dipersilakan," imbuhnya.


Namun saat itu Ramli tetap tak memberikan panggung bagi Sandiaga. Alasannya, Sandi sebelumnya tak membahas ceramah dengan pengurus masjid.

"Kalau Pak Sandi meminta dan sudah ada agendanya, saya kasih. Mana mungkin saya menolak orang yang mau memberikan pencerahan ke umat Islam," tegasnya.

Ramli juga mengaku tak ada masalah antara dirinya dengan Sandiaga. Justru usai peristiwa itu, kata Ramli, Sandiaga meminta maaf atas sikap Syuaib.

"Beliau langsung menenangkan itu, kok. Kami duduk, dia tepuk paha saya, bilang ‘Sudah-sudah.’ Beliau ikut menenangkan Pak Syuaib," ujarnya.

Tak cuma itu, Ramli berkata, Sandiaga juga berterima kasih karena telah diberi kesempatan salat subuh berjamaah di Masjid Raya Mamuju.

"Masjid Raya tidak pernah untuk politik-politikan. Bupati, gubernur, tidak pernah," pungkasnya.

Quote:


thu kamfreters nafsu amat yah emoticon-Leh Uga
kesian ane ama si Sandi, Nice Job San emoticon-Recommended Seller
Diubah oleh karikai04
Halaman 1 dari 2
tirto congornya bosan
penasaran gw emng si Uno mau kasih ceramah apa soal agama kalo emang jadi ceramah emoticon-Cape d... (S)
mantap pengurus masjidnya emoticon-Recommended Seller

jangan mau dikadalin sama wan bango licik


gimana rasanya ditolak di masjid ? sama dong kek jarot kemarin


ayo laskar demo berjilid2 pengurus masjidnya, ulama antum didzolimi tuh
Diubah oleh kepala.negara
Quote:



malah pendukung nya yg mo ngetes keilmuan ulama sandi emoticon-Big Grin

emoticon-linux2
ceramah di masjid. kapabilitasnya apa?

Balasan post aku.berbohong
Quote:


ulama emoticon-Big Grin
jadi gini.. mending belajar sholat ma baca quran dlu. klo perlu ngaji kitab

apakah uang bisa membuatmu bahagia?
Kronologi & Kontroversi Sandiaga Ditolak Ceramah di Masjid Mamuju
Ustad setempat tapi jarang nongol di masjid?
Kronologi & Kontroversi Sandiaga Ditolak Ceramah di Masjid Mamuju
HALO! WOWOK YA?? WOK GUE DITOLAK KAMPANYE DI MASJID NIH, GUE MESTI BIJIMANA?? BUKAN BIJI ENTE WOK
"Kalau Pak Sandi meminta dan sudah ada agendanya, saya kasih. Mana mungkin saya menolak orang yang mau memberikan pencerahan ke umat Islam," tegasnya.

pantesan umat tambah blangsak yg gak kompeten diberi panggung ceramah, prinsip kehati hatian udah gak ada.
Quote:
ustads dadakan, kalah tahu bulet...emoticon-Cool
Beliau langsung menenangkan itu, kok. Kami duduk, dia tepuk paha saya, bilang ‘Sudah-sudah.’ Beliau ikut menenangkan Pak Syuaib," ujarnya.

Ini maksudnya apa ya...
Pake menepuk paha segala
emoticon-Bingung
Janji ga import bray
Siap2 ga bakalan bisa beli hp terbaru emoticon-Ngakak
abis ceramah peluk cium pendukungnya..mantul coy.emoticon-Leh Uga
penistaan ulama
Balasan post cipokan.yuk
Quote:


dia kagak ditolak gan, cuma ide kamfretes yang ditolak,kalo uda ada janjian ngisi kultum ya dikasi lah ama pengurus masjid, karna ada ada ya ndak di ijinkan
emoticon-No Hope
Balasan post nyairara
Balasan post sebatang.rokok
Quote:


yang janjii ndak import perasaan si wowo deh gan emoticon-Leh Uga
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di