alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Tech / ... / Website, Webmaster, Webdeveloper /
Cara Setting Yoast SEO Paling Jitu Bagi Pengguna WordPress
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5be3926996bde693688b456b/cara-setting-yoast-seo-paling-jitu-bagi-pengguna-wordpress

Cara Setting Yoast SEO Paling Jitu Bagi Pengguna WordPress

Yoast SEO merupakan sebuah plugin terkenal yang paling banyak dipakai di WordPress. Plugin ini banyak dipakai karena memiliki berbagai fitur SEO yang handal dan cepat. Biasanya setelah menggunakan jasa web hosting, Yoast SEO adalah plugin utama yang diinstall. Sebelum memulai lebih jauh menggunakannya, alangkah baiknya jika anda memahami cara setting Yoast SEO sehingga pada saat digunakan menjadi lebih efisien. Pada dasarnya, tujuan dari plugin ini adalah membuat artikel kita menjadi yang pertama muncul di situs pencari. Tak heran kalau Yoast SEO merupakan salah satu alat yang banyak dipakai oleh situs-situs terkenal di dunia. Dengan menginstallnya sekarang juga, anda akan bisa memenuni asupan SEO yang dibutuhkan situs anda.

Tahap Awal Menginstal Yoast SEO

Cara Setting Yoast SEO Paling Jitu Bagi Pengguna WordPress


Tahap awal yang perlu anda lakukan adalah dengan menginstal terlebih dahulu. Caranya cukup mudah. Masuk saja ke dashboard WordPress anda, kemudian pilih menu plugin. Masukan kata yoast di mesin pencari plugin. Nantinya anda akan melihat banyak plugin serupa. Tapi tetap pilih Yoast SEO karena plugin ini yang paling recommended dibandingkan dengan yang lain. Setelah anda menemukannya, segera install dan aktifkan plugin ini seketika. Apabila semua proses telah dilakukan, maka anda akan melihat menu SEO dengan icon berhuruf Y ada di dashboard WordPress anda. Ini adalah tanda bahwa anda telah selesai menginstallnya dan bisa digunakan sekarang juga.

Cara Setting Yoast SEO Yang Tepat
  1. Langkah awal yang harus anda lakukan adalah masuk ke dashboard Yoast SEO yang telah anda download. Disitu anda akan melihat banyak kategori yang bisa dipilih. Anda bisa memulai dengan mengatur menu di pengaturan utama atau General. Namun, anda tidak perlu merubah apapun yang ada di bagian ini.
  2. Anda bisa bergeser ke kategori selanjutnya, yakni Features. Kemudian yang harus anda lakukan adalah mengaktifkan bagian Advanced setting pages. Setelah itu, pilih opsi save changes untuk menyimpan perubahan yang anda lakukan. Jika hal tersebut sudah dilakukan, maka anda akan melihat pengaturan menu SEO bertambah menjadi beberapa bagian. Menu tersebut antara lain adalah Search Console, XML Sitemaps, Titles & Metas, Social, dan Advanced, Tools.
  3. Ketiga, anda bisa masuk ke kategori Your Info. Disinilah anda bisa mengatur informasi tentang nama situs atau perusahaan yang anda miliki. Pengaturan ini berguna untuk memberikan pandangan yang jelas kepada visitor yang berkunjung ke situs anda tentang apa saja isi yang tersedia didalamnya. Jangan lupa juga untuk mengupload logo perusahaan agar anda bisa menunjukan kredibilitas anda sebagai pemilik website tersebut.
  4. Kalau anda pindah ke kategori selanjutnya, anda akan melihat pilihan Webmaster Tools. Bagi anda yang kurang familiar dengan fitur ini, berikut penjelasannya. Anda pasti sudah taka sing dengan nama beberapa situs mesin pencari yang populer, antara lain Yandex, Google, Bing dan lain sebagainya. Supaya semakin menarik, anda bisa menambahkan website situs pencari tersebut dengan menggunakan webmaster tools yang tersedia. Dengan memanfaatkan fasilitas ini maka anda akan bisa melihat lebih jauh tentang data mengenai web yang anda miliki di mesin pencari.
  5. Setting keamanan atau security juga sangat penting di Yoast SEO ini. Masuk ke opsi security dan disini anda akan melihat bagian advance meta box tercentang ke arah enabled. Sangat disarankan bagi anda untuk menonaktifkannya atau melakukan disabled.

Cara Setting Yoast Seo Terkait Title Dan Meta

Cara Setting Yoast SEO Paling Jitu Bagi Pengguna WordPress


Jika anda sudah menerapkan cara nomor satu di atas, maka anda akan melihat pengaturan Yoast SEO anda bertambah lebih banyak. Pengaturan ini berhubungaan dengan title dan meta. Bagaimana cara kerjanya? Ikuti panduannya berikut ini:
  1. Pada bagian General anda bisa memilih symbol apa yang nantinya digunakan untuk memisahkan judul. Untuk format yang paling umum adalah tanda strip. Tapi anda bisa merubahnya menjadi yang lain sesuai dengan keinginan anda.
  2. Apa title yang anda inginkan untuk Homepage atau halaman utama website anda? Nah, disinilah anda bisa mentaturnya. Masuk ke tab Homepage dan di kolom tersebut akan terisi secara default dengan title template. Anda bisa mengaturnya sesuai kebutuhan sehingga memungkinkan bagi anda untuk menentukan apa judul dan deskripsi yang tepat mengenai website yang dimiliki.
  3. Selanjtnya di bagian Post Types, anda bisa menentukan seperti apa tampilan judul postingan ketika berada di search engine.
  4. Yang terpenting adalah bagian social. Disini sangat berguna bagi anda yang ingin memperkenalkan akun social media yang dimiliki kepada visitor. Disini semua tersedia lengkap mulai dari kolom Facebook Page URL, Twitter, Instagram, Linkedin URL, dan lain sebagainya. Di era modern ini, keberadaan sosmed memang sangat penting untuk membuat anda lebih mudah dikenali oleh banyak orang.

Cara Setting Yoast SEO Bagian XML Sitemaps

Cara Setting Yoast SEO Paling Jitu Bagi Pengguna WordPress


Cara setting yoast seo di bagian XML Sitemaps sebetulnya merupakan fitur yang sangat penting. Sayangnya banyak pemilik web yang mengabaikannya karena tidak sadar kegunaanya tersebut. Fungsi dari Sitemap XML ini adalah memudahkan mesin pencari untuk mengindeks artikel atau postingan yang telah anda buat sebelumnya. Lalu bagaimana cara setting yoast seo XML Sitemaps ini?
  1. Silahkan pilih menu XML Sitemaps, kemudian masuk ke bagian XML sitemap functionality. Rubahlah statusnya menjadi Enabled. Setelah itu pilih menu save changes untuk menyimpan perubahan yang anda buat didalamnya.
  2. Selanjutnya masuk ke bagian Post Types. Disinilah anda bisa menentukan sendiri konten semacam apa yang anda ingin dan tidak ingin tampilkan di Sitemaps XML yang tersedia. Untuk lebih amannya anda bisa menggunakan settingan default yang sudah disediakan oleh Yoast SEO.
  3. Maksimalkan juga sejumlah Tools berguna yang ada di plugin ini, antara lain Bulk Editor, File Editor, dan Import and Export. Bagian-bagian tersebut punya fungsinya masing-masing untuk merubah judul dan deskripsi di setiap konten yang telah anda posting. Anda pun juga bisa melakukan terhadap sejumlah file dengan format robots.txt dan .htaccess.

Setelah mengetahui sejumlah cara diatas, anda tentunya sudah paham tentang cara setting yoast seo yang tepat. Anda bisa memilih settingan yang sesuai untuk web yang anda miliki. Pasalnya, semua orang akan bersaing satu sama lain untuk menjadikan situs miliki juara satu di mesin pencari. Tentu saja mereka juga akan menggunakan plugin atau fitur yang serupa dengan anda.

Tetapi dengan sedikit konfigurasi di beberapa tempat, anda akan bisa melakukan gebrakan terbaru terhadap sejumlah fitur yang bisa anda aktifkan dan mana yang tidak anda perlukan. Alhasil, anda pun akan bisa membuat website yang dimiliki lebih optimal dan juga bekerja dengan lebih baik lagi dari sebelumnya. Inilah yang pasti akan memberikan kepada anda manfaat terbaik.  Saatnya website Anda bisa bersaing di search engine dengan menerapkan cara setting Yoast SEO yang tepat.
Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di