alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Melek Hukum /
Saran menagih hutang
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5be39084902cfee67c8b4567/saran-menagih-hutang

Saran menagih hutang

Selamat pagi agan2 sekalian, saya mau bertanya barangkali ada yang punya pengalaman yang persis seperti kasus sy.

Ceritanya, bekas pegawai sy sekitar bbrp bulan yg lalu ada pinjam uang utk beli hp dan jg ambil barang dagangan sy (produk2 laundry) untuk dijual kembali. Krn saat itu blm ada masalah dan sempat tercicil sekitar 30% nya saya percaya2 aja. Ternyata bbrp bulan kemudian mulai berulah dan setoran barang dagangan tersebut tidak diberikan kpd sy ditambah cicilan hutang blm ada lagi. Sewaktu saya tagih utk setoran dagangan akhirnya dia mengaku bahwa hasil jualan barang dagangan sy tsb terpakai uangnya utk keperluan pribadinya.
Sejak saat itu dia menghindar (sdh tdk kerja lagi kpd sy dan setiap bertemu keluarga sy dia seperti buru2 & buang muka) sampai akhirnya krn kesal dng sikapnya sperti tdk ada tanggung jawab
3 bulan yg lalu saya berhasil menakut2i dia spy tanda tangan surat pernyataan diatas materai. Dlm surat tsb tertulis batas waktu melunasi hutang pinjaman dan barang dagangan akhir tahun ini gan. Waktu tanda tangan surat, dia janji bakal nyicil rutin tiap minggu sampai lunas, tapi ternyata zonk. Sedangkan waktu tersisa hanya bulan depan.

Menurut agan2, apakah sebaiknya jika sdh jatuh tempo :

A. saya samperin kerumahnya dan sita barang2 seharga pinjamannya

B. kasih peringatan lagi walaupun sy yakin dia ini sangat ndableg (bilang iya taunya mangkir terus)

C. langsung perkarain aja ke polisi / pengadilan?
Lalu jika kasus ini dipolisikan, krn ini perdata tetapi dlm rincian surat pernyataan dia mengakui telah membawa barang dagangan saya namun tdk disetorkan apakah itu termasuk penggelapan ya gan? Seperti itu apakah bs diproses?

Sejujurnya saya tdk mempermasalahkan nominal uang yg sdh dia pinjam hanya saja saya merasa kecewa dan ingin sekali memberi dia pelajaran spy jera tidak ngutang dimana2 (menurut pengakuan dia sendiri dia sering berhutang ke teman2nya). Sy ingin dia kapok spy nggak main2 sama hukum dan bohongin org lagi.

Menurut agan gimana ya baiknya?
Diubah oleh kireina.kira
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Quote:


hallo gan... saya cb menanggapi permasalahan agan...

sebelumnya saya mau tanya, sudah berapa kali agan buat surat pernyataan itu ?dan utk barang2 dagangan agan yg dia jual lg apa ada bukti selain srt pernyataan itu ?contoh seperti saksi. apa isi srt pernyataan nya ?

jika ada saksi yang kuat dan srt pernyataan itu ada pernyataan dia mengakui atas perbuataannya, lebih baik agan buat laporan ke polisi,, nanti di polisi akan mengarahkan tindak lanjut... tapi sebelum buat laporan, lebih baik agan persiapin bukti2 yang kuat ya...

utk masalah hutang yg dia janjikan dihold dl aja gan, urus dl masalah barang dagangan agan dl, nti kt bs liat dari perkembangan kasus agan di kepolisiannya.. nti pasti dia akan dipanggil oleh phk kepolisian...

dan jgn agan lakukan utk menyita barang2 dia, karena nanti pihak keluarganya atau dia bisa triak maling... kecuali, kalau dr pihak dia yang memberikan barang2 dia utk menutupi utangnya...

lebih baik gan, agan tunjuk pengacara utk pedampingan pd saat agan buat laporan ke polisi y gan...


semoga permasalahan agan cpt terselesaikan ya...



bacaan sambil ngopi ni gan ---->>> mfferdiansyah.blogspot.com

trims..
Quote:



Surat pernyataan cuma dibuat sekali gan. Kalau saksi saat dia tanda tangan ada 2 org, dan dia mengakui sendiri bahwa memang uang hasil jualan tsb memang digunakan untuk kebutuhan dia pribadi.

Saya sih sebenernya mau lapor kepolisi cm dr pihak keluarga kasih saran mending lgsg disamperin ke rumahnya saja, dibicarakan, dan sita barang aja gitu gan tapi ada saksi juga dr warga rusun (dia tinggal dirusun) dan saksi dr keluarga saya. Kalau menurut agan gimana?

Semisal dr cara itu juga tidak berhasil, baru sy buatkan laporan polisi gt gan. Ada saran juga dr teman, sewaktu nanti sy dtg kerumahnya suruh ngerekam percakapan antara saya dan dia spy ada bukti jelas yg keluar dr omongannya sendiri.
Kalau saya biasa nya saya ihklaskan gan cuma langsung saya putus hubungan sama orang tersebut sampe orang disekitarnya
emoticon-Traveller emoticon-Traveller emoticon-Traveller
Balasan post kireina.kira
Quote:


hallo gan....

kalau menurut saya, dengan cara mediasi / musyawarah dahulu itu tidak masalah gan, tetapi jgn langsung menyita barang2 tsb ya, pd saat agan mediasi / musyawarah agan mengeluarkan bahasa agar dr phk dia kasih jaminan berupa barang dgn senilai hutangnya... intinya hrs dr pihak mereka ya yg ksh jaminan barang ya gan.. dan jangan lupa serta kan saksi dan tertulis pd saat agan menerima barang jaminan ya...

nah utk bukti lainnya, pd saat agan mediasi juga, boleh agan rekam pengakuan atas perbuatannya..

jika tidak berhasil juga ya laporkan saja kepolisi tp ya itu minimal agan sdh siap dengan bukti2 yg kuat ya......


semoga dapat terselesaikan ya gan...


jika info lbh lanjut di PM boleh atau agan coba baca2 di mfferdiansyah.blogspot.com ya gan... disitu ada cara penyelesaian hutang piutang diluar pengadilan..

trims..

Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 06
SOLUSI DARI PERMASALAHAN AGAN :

1. Melakukan mediasi dengan pihak tersebut, dengan disertai barang jaminan sampai dia dapat melunasi hutang nya, karena jika ada pengingkaran janji untuk mencegahnya sah sah saja jika kita meminta barang jaminan kepada si yang punya hutangjangan lupa buat surat pernyataan.

2. Jika dibawa ke pidana penggelapan, agan harus perhatikan , cicilan tsb pernah lancar sampai 30% jika pernah tersendat karena suatu lain hal, jika agan bawa ke pidana penggelapan, kecil kemungkinan, karena dia ada niat baik untuk mengembalikan walaupun hanya 30% persen jikalau dia tidak mencicil sama sekali baru bisa dikatakan penggelapan

Dan hati2 gan, jika agan bawa handphone untuk merekam percakapan agan dengan dia dan perekaman tersebut dilakukan secara diam diam atau tanpa persetujuan dia, agan bisa kena “Stik Balik” karena agan tidak punya wewenang untuk melakukan perekaman tersebut, dan agan dapat di kategorikan menjebak ,karena tidak ada persetujuan untuk merekam dari dia.

Kalo kurang jelas bisa datang atau tanya tanya saya melalui whatsapp 088212261408


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di