alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Medcom.id /
Jam Terbang Pilot Pengaruhi Cara Atasi Masalah
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5be361d1529a45fc5b8b457c/jam-terbang-pilot-pengaruhi-cara-atasi-masalah

Jam Terbang Pilot Pengaruhi Cara Atasi Masalah

Jam Terbang Pilot Pengaruhi Cara Atasi Masalah

Jakarta: Pengamat penerbangan Alvin Lie mengatakan jam terbang pilot memengaruhi sebuah penerbangan. Menurut Alvin dengan jam terbang yang lebih banyak maka pilot bisa mengatasi masalah saat penerbangan berlangsung.


'Jam terbang berpengaruh terhadap keterampilan pilot mengatasi krisis,' kata Alvin kepada Medcom.id, Rabu, 7 November 2018.


Dia mengatakan jika hanya masalah take off atau landing semua pilot pasti bisa. Ia bilang yang menjadi masalah adalah ketika ada krisis dalam penerbangan pilot yang harus menjadi jalan keluarnya.


Namun selain itu jenis pesawat yang dikemudikan juga menjadi pertimbangan. Hal ini menyinggung kasus Lion Air PK-LQP yang jatuh di Perairan Karawang, Jawa Barat.


'Untuk Boeing 737 Max, dia sudah berapa lama jam terbangnya. Itu yang harus kita lihat,' imbuh Alvin.


Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu menduga pilot Lion Air PK-LQP memiliki ribuan jam terbang di pesawat Boeing seri 737-800 atau 737-900. Menurut dia, dengan diketahuinya jumlah jam terbang berdasarkan jenis pesawat juga bisa menjadi pertimbangan dalam mengungkapkan suatu kasus.


Ia mengatakan dalam menggunakan pesawat jenis Boeing 737 Max pilot pun mesti mendapat pelatihan khusus. Pasalnya dengan ukuran lebih besar otomatis beban pesawat lebih berat. Selain itu, desain sayap pesawat teranyar Boeing ini juga berbeda oleh karenanya diperlukan penyesuaian.


'Pelatihan untuk pilot itu minimal setengah tahun. Dari pelatihan ini dapat dilihat cara berpikir pilot dalam menghadapi krisis. Mungkin cepat berpikir namun reaksi fisiknya kurang dan sebagainya,' pungkas dia.


Pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT610 dinyatakan jatuh di Perairan Karawang. Pesawat rute Jakarta-Pangkal Pinang YANG membawa 189 penumpang dan awak kabin tersebut jatuh setelah 20 menit mengudara.

Sumber : http://news.metrotvnews.com/peristiw...-atasi-masalah

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Jam Terbang Pilot Pengaruhi Cara Atasi Masalah Keluarga Herjuno Dijamin PT Pelabuhan Indonesia

- Jam Terbang Pilot Pengaruhi Cara Atasi Masalah Tujuh Korban Lion Air Kembali Teridentifikasi

- Jam Terbang Pilot Pengaruhi Cara Atasi Masalah Hari Kesepuluh, Tim SAR Temukan Empat Bagian Pesawat Lion Air JT610



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di