alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Ingin seperti Elon Musk, Bill Gates, Mark Zuckerberg, dkk? Terapkan 5 hour rule
4.95 stars - based on 21 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5be32a3b14088d975c8b4569/ingin-seperti-elon-musk-bill-gates-mark-zuckerberg-dkk-terapkan-5-hour-rule

Ingin seperti Elon Musk, Bill Gates, Mark Zuckerberg, dkk? Terapkan 5 hour rule

Ingin seperti Elon Musk, Bill Gates, Mark Zuckerberg, dkk? Terapkan 5 hour rule

Ketika lelah setelah pulang kerja, sekolah, atau kuliah, apa yang ente lakukan? Nonton TV/youtube? Buka Instagram? Main ML/PUBG? Dan tak terasa, ente ngabisin waktu berjam-jam buat ngelakuin itu. Itu hal yang normal kok gan, kebanyakan orang melakukan itu.

Tapi memiliki kebiasaan orang normal tidak cukup untuk membuat ente bisa sesukses Elon Musk, Bill Gates, Mark Zuckerberg, dkk gan! Thomas Corley melakukan sebuah penelitian selama 5 tahun terhadap 200 orang yang menjadi miliarder atas usahanya sendiri (bukan warisan), dan menemukan bahwa orang-orang tersebut tidak menghabiskan waktunya untuk nonton TV/youtube, stalking orang di instagram, apalagi main ML/PUBG. Sekitar 86% dari mereka justru menggunakan waktu luang mereka untuk membaca, tapi bukan sekedar untuk hiburan. Bahkan, sekitar 63% dari mereka mendengarkan audiobook ketika sedang berada di kereta komuter untuk berangkat kerja.

Pernah dengar nama-nama orang-orang sukses seperti Bill Gates, Mark Zuckerberg, Jack Ma, Barrack Obama, Warren Buffett, Oprah Winfrey, Elon Musk, Mark Cuban, dan nama lainnya? Mereka semua memiliki kesamaan gan. Mereka semua menerapkan "5 hour rule" sehari-harinya. 

Jadi, sebenarnya APA SIH 5 HOUR RULE itu?
5 hour rule adalah sebuah aturan simpel, yaitu untuk menggunakan sekitar 5 jam waktu kita setiap minggu untuk mempelajari sesuatu, biasanya dengan membaca buku, berpikir, dan bereksperimen.

Tapi gan, ane kan sibuk banget. Ane GAK ADA WAKTU untuk hal-hal kayak gitu
Kebanyakan orang bakal berdelusi bahwa mereka tidak punya waktu untuk itu. Tapi kalo ente ingin sukses, jangan seperti kebanyakan orang gan! Orang-orang sukses biasanya melakukan hal ini dengan cara menyisihkan 1 jam di setiap hari kerja mereka (senin-jumat) tak peduli sesibuk apapun mereka. Orang sesibuk Elon Musk, Mark Zuckerberg, dkk aja bisa menyisihkan waktunya, bagaimana mungkin ente gak punya waktu? Itu jelas hanya ilusi semata gan.

Ane udah mulai membiasakan 5 hour rule ini gan, dan ane ngerasain banget kebiasaan ini banyak ngerubah diri ane, terutama pandangan ane dalam berpikir. Tapi ketika ane sedang baca di kampus misalnya, dan dilihat temen ane, kebanyakan dari mereka bilang "Wah keren ya baca buku setebal ini. Aku pengen banget tapi gak punya waktu". Padahal kalau mau dibandingkan, sebenarnya ane jauh lebih sibuk daripada temen ane tersebut.

Ingin seperti Elon Musk, Bill Gates, Mark Zuckerberg, dkk? Terapkan 5 hour rule


MEMBACA
Orang-orang sukses termasuk Mark Cuban dan Dan Gilbert, pemilik Cleveland Cavaliers, menghabiskan waktunya satu hingga tiga jam setiap hari untuk membaca. Elon Musk belajar bagaimana membuat roket, yang membuatnya mendirikan SpaceX, dengan membaca. Selain memperluas pengetahuan ente, Jack Ma, salah satu pendiri Alibaba, mengatakan bahwa “membaca dapat memberi Anda awal yang baik; ini sering apa yang tidak dapat diperoleh teman-teman Anda. Dibandingkan dengan yang lain, pembaca lebih cenderung mengetahui strategi dan taktik industri lain.”

Bahkan kalau ente tidak sempat untuk membaca selama satu jam setiap hari, mulailah dengan 20 hingga 30 menit. Ane ke mana-mana selalu baca buku gan. Jadi ketika sedang mengantre atau sekedar menunggu makanan di tempat makan, ane manfaatkan waktunya untuk membaca. Ketimbang waktunya terbuang sia-sia buat ngecek HP. Ente juga bisa mencoba audiobook kalo lagi di kereta/mobil atau waktu lagi olahraga.

Lalu, buku-buku seperti apa yang perlu dibaca?
Karena tujuannya untuk belajar, tentu yang harus ente baca bukan novel apalagi komik naruto gan emoticon-Wkwkwk
Disarankan membaca buku-buku nonfiksi seperti sejarah, sains, filsafat.
Mungkin ente bisa mulai dari buku-buku seperti Guns Gers and Steel by Jared Diamond, Cosmos by Carl Sagan, Sapiens by Yuval Noah Harari, atau mungkin ente pengen liat 6 buku rekomendasi Bill Gates

Ingin seperti Elon Musk, Bill Gates, Mark Zuckerberg, dkk? Terapkan 5 hour rule


BERPIKIR DAN BEREFLEKSI
Selain itu, 5 hour rule juga mencakup refleksi dan berpikir. Termasuk melamun menatapi atap rumah sambil berpikir tentang kehidupan ente sehari-hari atau mencatat apapun yang terbesit di pikiran ente. Biasanya dilakukan dengan bertanya-tanya akan sesuatu, termasuk yang baru ente jalani di hari ini atau di hari sebelumnya.

Berfokus pada masa lalu memberi ente kesempatan untuk belajar dari kesalahan yang ente buat, serta menilai apa yang ente lakukan dengan benar. Jadinya, ente bakal lebih sesuai untuk mencapai sasaran dan meningkatkan kehidupan Anda. Penelitian yang dilakukan oleh University of Texas juga menemukan bahwa istirahat dan refleksi mental meningkatkan pembelajaran.

Ingin seperti Elon Musk, Bill Gates, Mark Zuckerberg, dkk? Terapkan 5 hour rule


BEREKSPERIMEN
Yang terakhir adalah eksperimen cepat. Ben Franklin dan Thomas Edison menjadi penemu dan pemikir terkemuka karena eksperimen mereka. Gmail ada karena Google mengizinkan karyawan untuk bereksperimen dengan ide-ide baru.

Alasan eksperimen sangat berguna adalah karena ente melihat fakta, bukan sekedar berasumsi. Eksperimen menunjukkan kepada ente apa yang berhasil. Ente bisa belajar dari kesalahan ente dan mendapatkan umpan balik dari orang lain. Yang terbaik dari semuanya, eksperimen tidak terlalu memakan waktu. Seringkali, ente bereksperimen melalui aktivitas yang sama dengan yang ente lakukan tanpa pengujian.

Jack Ma bahkan merekomendasikan penerapan pengetahuan yang telah ente pelajari ke skenario kehidupan nyata. Misalnya, setelah membaca buku tentang kerja sama dan kerja tim, Anda dapat mengambil pekerjaan sukarela baru untuk menerapkan pengetahuan itu.

Ketika Anda membuat kebiasaan belajar, ente akan menjadi lebih sukses dan produktif dalam hidup. Dengan berinvestasi dalam kebiasaan membaca, ente dapat memastikan bahwa ente tumbuh sendiri - dan perusahaan ente - setiap hari.


SUMUR
https://www.linkedin.com/pulse/5-hou...unkumar-gupta-
https://www.entrepreneur.com/article/317602
https://www.businessinsider.com/rich...s-2014-6/?IR=T
Diubah oleh setan.mati
Halaman 1 dari 8
Orang kita masa mudanya terlalu banyak bermain
Quote:


Kalo masih anak-anak sih gapapa gan, emang dunianya dunia main. Tapi kalo udah umur 13 gitu sih kayaknya udah perlu berefleksi dan bereksperimen.
Wah mulai sekarang ane kudu nerapin nih pef awer rul. Siapa tau bisa sukses kayak nama-nama yang disebutin di atas.
berhenti coliemoticon-Cool
wahhh, coba ane terapin ahhh
ntar ane resapin dlu gan
sambil baring di kasur
yang penting niat gan
Maka nya jgn coli melulu lw pada tong....
Ingin seperti Elon Musk, Bill Gates, Mark Zuckerberg, dkk? Terapkan 5 hour ruleIngin seperti Elon Musk, Bill Gates, Mark Zuckerberg, dkk? Terapkan 5 hour ruleIngin seperti Elon Musk, Bill Gates, Mark Zuckerberg, dkk? Terapkan 5 hour rule

Ingin seperti Elon Musk, Bill Gates, Mark Zuckerberg, dkk? Terapkan 5 hour rule Ingin seperti Elon Musk, Bill Gates, Mark Zuckerberg, dkk? Terapkan 5 hour rule Ingin seperti Elon Musk, Bill Gates, Mark Zuckerberg, dkk? Terapkan 5 hour rule

Ingin seperti Elon Musk, Bill Gates, Mark Zuckerberg, dkk? Terapkan 5 hour rule Ingin seperti Elon Musk, Bill Gates, Mark Zuckerberg, dkk? Terapkan 5 hour rule Ingin seperti Elon Musk, Bill Gates, Mark Zuckerberg, dkk? Terapkan 5 hour rule
ga usah ribet,

5 jam browsing juga sama aja dapet hal hal baru. asal browsingnya jangan sistem reproduksi manusia terus emoticon-Ngakak
kebanyakan orang sih hanya main main dan ngurusin hidup orang

itu yang di habiskan di masa muda nya

emoticon-Cool
minat baca masih kurang, kebanyakan mah
Quote:



boleh juga nih kata TS, ane jadi inget kata presiden pertama kita doi bilang "bebek berjalan berbondong-bondong, elang terbang sendirian", kalo pola pikir selalu ngikutin orang kapan bisa jadi seperti tokoh yang disebut TS yah kalo misal kaga bisa juga minimal ngikutin alm. om bob sadino yang pola pikirnya selalu out of the box emoticon-Jempol
nice gan emoticon-thumbsup
para pendiri negeri ini juga pembaca akut, gak cuma bule aja emoticon-Big Grin
Manfaatkan waktu gan
dan banyakin relasi gan
sudah jarang banget pemuda kaya gtu gan, bawa bawa buku tebel, sambil baca... buat agan bagus tuh emoticon-Jempol
Ni trit baru layak 10000% layak ht
Nice bgt deh
ingin jadi seorang master gamer, jadi terapkan 5 jam sehari untuk bermain game emoticon-Leh Uga
Rata2 udah gue terapin semua.. Kecuali eksperimen.. emoticon-Cool
Diubah oleh filusufkacang
Halaman 1 dari 8


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di