alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
5 Tanda Kamu Sudah Bisa Mengikhlaskan Masa Lalumu
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5be2e56b1854f792448b4585/5-tanda-kamu-sudah-bisa-mengikhlaskan-masa-lalumu

5 Tanda Kamu Sudah Bisa Mengikhlaskan Masa Lalumu

5 Tanda Kamu Sudah Bisa Mengikhlaskan Masa Lalumu

Setiap orang pasti punya suatu kenangan pahit di masa lalunya. Entah itu pengalaman buruk di masa kecil, pengkhianatan cinta, atau sekedar rasa kecewa terhadap orang-orang terkasih yang tak mudah untuk dilupakan.

Saat menghadapi masa-masa sulit tersebut, tak jarang bahkan akan menimbulkan suatu trauma tersendiri. Dan untuk menghapuskan trauma tersebut, salah satu kunci utamanya adalah ikhlas. Dengan mengikhlaskan semua yang ada di masa lalumu, maka langkahmu menuju masa depan pun akan semakin terasa ringan.

Lalu apa saja indikasi yang mengisyaratkan bahwa dirimu telah mampu mengikhlaskan kenangan pahitmu di masa lalu? Berikut adalah kelima tandanya.


1. Kamu tak akan marah saat harus menceritakan hal itu kembali
5 Tanda Kamu Sudah Bisa Mengikhlaskan Masa Lalumu
Setiap bentuk kekecewaan yang pernah kamu alami, setidaknya akan membekas di hatimu. Dan tak jarang justru akan menimbulkan amarah yang tak bisa kamu pendam. Tapi, bila kamu sudah mengikhlaskannya, maka semua rasa amarah itu pun pasti sudah hilang. Tandanya, kamu sudah bisa memaafkan.


2. Kamu merasa sudah tidak perlu lagi untuk menceritakan hal itu berulang-ulang kali
5 Tanda Kamu Sudah Bisa Mengikhlaskan Masa Lalumu
Saat menghadapi masalah, biasanya kebutuhanmu untuk didengarkan menjadi lebih banyak. Maka, disaat itulah kamu akan lebih sering curhat ke orang-orang yang kamu percaya. Bahkan tak jarang kamu akan mengulang-ulang cerita pilumu tersebut. Hingga akhirnya kamu akan menangisinya lagi dan lagi.

Namun, lain halnya bila kamu sudah mengikhlaskan hal tersebut. Mungkin kamu memang tidak bisa melupakan kejadian yang bahkan membuatmu trauma itu, tapi setidaknya kamu telah merelakannya menjadi cerita di perjalanan hidupmu.

Sehingga kamu merasa tidak perlu lagi untuk mengumbar-umbar cerita tersebut. Kamu paham bahwa hal itu hanyalah masa lalu yang tak perlu diungkit-ungkit lagi.


3. Kalaupun terpaksa menceritakan hal itu kembali, kamu sudah tidak bisa merasakan sakitnya lagi
5 Tanda Kamu Sudah Bisa Mengikhlaskan Masa Lalumu
Tapi, kalaupun suatu saat kamu perlu untuk membagikan pengalaman pahitmu dan menceritakan hal itu kembali, maka kamu sudah tidak bisa lagi merasakan rasa sakit yang dulu pernah kamu rasakan. Tidak ada lagi tangisan dan rasa pilu. Hal tersebut karena lukamu sudah sembuh karena kamu sudah mengikhlaskannya.


4. Kamu mengharapkan yang terbaik untuk siapa saja yang pernah melukaimu di masa lalu
5 Tanda Kamu Sudah Bisa Mengikhlaskan Masa Lalumu
Jika kamu benar-benar telah mampu mengikhlaskan semua kenangan pahitmu, maka tidak akan ada lagi amarah, dendam yang tertuju kepada orang yang dahulu melukaimu. Justru yang ada kamu malah mendoakan mereka agar mereka tidak lagi melakukan hal itu ke orang lain.

Agar tidak ada lagi orang lain yang akan merasakan luka seperti yang dulu pernah kamu rasakan. Dan tentunya, kamu juga akan mengharapkan yang terbaik untuk mereka yang pernah melukaimu.


5. Kamu sudah mampu mengambil hikmahnya dan bahkan membagikannya kepada orang-orang di sekitarmu
5 Tanda Kamu Sudah Bisa Mengikhlaskan Masa Lalumu
Setelah dapat mengikhlaskan segala bentuk permasalahan hidup, rasa trauma dan luka batin yang mendera, maka sudah semestinya kamu dapat mengambil hikmah dari setiap kejadian yang telah kamu lewati itu.

Semakin kamu mengikhlaskan, maka semakin banyak hikmah yang dapat kamu petik. Sama seperti kebahagiaan. Tiap satu kebahagiaan yang kamu miliki, maka kamu wajib untuk menebarkan satu kebahagiaan pula kepada orang lain.

Begitu juga dengan hikmah yang telah kamu dapatkan. Sebarkanlah hikmah yang telah kamu dapatkan ke orang-orang yang kamu cintai atau bahkan ke seluruh orang di dunia ini.

Buktikanlah bahwa setiap pengalaman buruk ataupun kenangan pahit yang pernah kita rasakan, akan dapat berubah menjadi sesuatu yang sangat indah bila kita mampu menerima, memaafkan dan menghiasinya dengan keikhlasan. Yuk, belajar ikhlas.


Sumber : https://www.idntimes.com/life/inspir...mpaign=network

---

Baca Juga :

- 5 Tanda Kamu Sudah Bisa Mengikhlaskan Masa Lalumu 5 Hal Ini Akan Menyemangati Dirimu yang mengalami Broken Home

- 5 Tanda Kamu Sudah Bisa Mengikhlaskan Masa Lalumu Walau Jadwalmu Padat Sempatkan 6 Hal Ini Biar Energi Terisi Kembali

- 5 Tanda Kamu Sudah Bisa Mengikhlaskan Masa Lalumu 8 Pengingat yang Bikin Kamu Berhenti Menghakimi Masa Lalu



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di