alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Ilmu Marketing /
Gagal Ber-Influencer Marketing? Ikuti Tips Sukses Berikut!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5be2b1e956e6af575d8b4569/gagal-ber-influencer-marketing-ikuti-tips-sukses-berikut

Gagal Ber-Influencer Marketing? Ikuti Tips Sukses Berikut!

Influencer Marketing masih belum banyak dipahami di Indonesia, meskipun saat ini influencer Indonesia sudah semakin banyak. Mungkin ada yang pernah mendengar namun belum pernah menjalankan langsung. Secara sederhana, influencer marketing adalah cara dimana kita mencari influencer untuk mempromosikan produk kita, seperti pengguna Tiktok yang jumlah followernya tinggi ataupun di media sosial lainnya seperti Youtuber, Facebooker, dan Selebgram. Jika anda sedang berencana untuk melakukan ekspansi pasar, maka sangat cocok untuk mencoba influencer marketing, ini merupakan salah satu metode pemasaran yang sedang viral akhir-akhir ini. Beberapa keunggulan influencer marketing selain efektif, modal yang dibutuhkan relatif rendah, namun hasil yang diperoleh relatif tinggi. Jika anda pertama kali mencoba influencer marketing, disini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.  

 
Pertama, pastikan target wilayah promosi dan modal anda. Memastikan target wilayah promosi sangat penting, karena langsung berpengaruh terhadap komunitas pengguna anda. Selain itu juga berdampak pada apakah produk anda perlu proses lokalisasi, dan modal yang dibutuhkan pun akan berbeda setiap wilayah, karena harga influencer mungkin akan tinggi untuk beberapa wilayah tertentu. Jika modal yang anda kucurkan terlalu rendah, maka wilayah Eropa ataupun Amerika mungkin tidak dapat menjadi target promosi anda kali ini.
 
Selanjutnya, analisis kecocokan influencer dengan pengguna produk anda. Anda harus pahami dulu kategori komunitas pengguna anda, dengan demikian barulah dapat menemukan influencer yang cocok untuk mempromosikan produk anda. Misalnya, komunitas pengguna produk anda didominasi oleh wanita, jika anda mencari influencer dengan mayoritas follower pria, maka efek promosi anda tidak akan maksimal. Jika produk anda adalah mainan anak-anak, hendaknya anda mencari youtuber atau channel youtube khusus anak-anak, dengan demikian efek promosi akan meningkat. Saat ini tersedia platform pencarian influencer yang memadai,  anda tentu dapat memanfaatkan platform-platform tersebut untuk memudahkan proses pencarian influencer.
  
Langkah berikutnya, tulislah sebuah undangan kerjasama yang menarik dan sederhana. Youtuber ataupun influencer akan menerima segudang tawaran kerjasama setiap harinya, jika undangan anda terlalu biasa dan tidak menonjolkan keunggulan produk anda, influencer akan sulit menangkap gagasan utama yang ingin anda sampaikan. Bagian penting dari sebuah udangan kerjasama adalah judul/subjek undangan. Pola berikut bisa sebagai referensi anda: nama platform promosi + produk + harga, seperti Undangan kerjasama Youtube+review headset xiaomi+500USD. konten undangan bisa terdiri dari beberapa paragraf, pertama perkenalkan diri anda dan tujuan anda mengirimkan undangan ini, lalu paragraf berikutnya perkenalkan secara singkat padat jelas mengenai produk anda dan sisipkan tautannya untuk melihat informasi lebih lengkap. Dilanjutkan dengan info waktu dan harga kegiatan promosi yang anda tawarkan. Pastikan undangan anda tidak bertele-tele dan informasi yang dibutuhkan sudah komplit, dengan demikian influencer akan mudah memutuskan untuk bekerjasama atau tidak.
 
Terakhir, prediksi nilai channel influencer dan negosiasi harga. Umumnya, influencer akan menginformasikan harga mereka, namun ada juga yang meminta harga yang anda tawarkan. Jika anda diminta untuk membuka harga, perhatikan beberapa aspek berikut: jumlah follower, jumlah viewer rata-rata selama sebulan terakhir, tingkat kestabilan viewer, tingkat interaksi fans, prediksi jumlah viewer mendatang, dan lainnya. Beberapa aspek ini dapat menjadi pegangan anda ketika bernegosiasi. Tentu saja influencer dengan kondisi khusus butuh tips negosiasi yang berbeda pula.
 
Efek influencer marketing meskipun relatif cepat namun tidak dalam sekejap mata. Kesalahan kecil dalam proses mungkin saja membawa hasil promosi yang tidak maksimal, hal kecil selama persiapan hendaknya menjadi perhatian penting anda. 


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di