alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Kemendikbud Bantu Rp191 Miliar untuk Ratusan Sekolah Terdampak Gempa di NTB
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5be2a869d44f9fbd0b8b4567/kemendikbud-bantu-rp191-miliar-untuk-ratusan-sekolah-terdampak-gempa-di-ntb

Kemendikbud Bantu Rp191 Miliar untuk Ratusan Sekolah Terdampak Gempa di NTB

Kemendikbud Bantu Rp191 Miliar untuk Ratusan Sekolah Terdampak Gempa di NTB
Foto: Dirjen Dikdasmen Kemendikbud RI, Hammid Muhammad, menyerahkan bantuan simbolik kepada masing-masing perwakilan daerah terdampak, Selasa malam (6/11) di Hotel Lombok Raya, Mataram.


MATARAM - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI menyalurkan dana bantuan senilai Rp191, 38 Miliar, untuk rehabilitasi dan rekonstruksi ratusan bangunan sekolah yang rusak terdampak gempa bumi di Nusa Tenggara Barat (NTB).

Penyerahan bantuan dilakukan Dirjen Dikdasmen Kemendikbud RI, Hammid Muhammad, kepada masing-masing Kepala Daerah terdampak, Selasa malam (6/11) di Hotel Lombok Raya, Mataram.

"Anggaran senilai Rp191.384.541.000, ini untuk seluruh sekolah yang rusak ringan dan sedang akibat gempa bumi di Provinsi NTB," kata Hammid Muhammad.

Dipaparkan, anggaran yang disalurkan itu digunakan masing-masing Pemda untuk SD dan SMP yang rusak sedang dan ringan, di tujuh Kabupaten/Kota di terdampak gempa di NTB.

Selain itu juga untuk digunakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB memperbaiki SMA/SMK dan PKLK yang rusak sedang dan ringan.

"Untuk sekolah-sekolah yang rusak berat, Pemerintah menyerahkan proses rekonstruksinya melalui Kementerian PUPR," jelasnya.

Berdasarkan data Pusat Komando PDB Gempa NTB, jumlah sekolah yang rusak akibat gempa bumi di Provinsi ini mencapai 606 sekolah dan jumlah 3.051 ruang kelas.

Dana bantuan Kemendikbud itu akan digunakan secara swakelola oleh masing-masing sekolah, untuk keperluan rehabilitasi dan pembangunan sekolah darurat.

"Tujuannya agar kegiatan belajar bisa kembali berangsur normal," katanya.

Menurut Hammid, pelaksanaan secara swakelola di mana pihak sekolah melaksanakannya dan mengangkat konsultan teknis secara mandiri dilakukan untuk menunjukkan aspek kebangkitan masyarakat pasca gempa bumi.

"Belajar dari berbagai pengalaman, satu hal yang harus selalu ingatkan, bahwa bangkitnya suatu daerah ditentukan oleh masyarakatnya sendiri," tukasnya.

Sebab, tambah Hammdi, bantuan dari luar itu sifatnya sporadis, datang dan pergi.

"Ini yang harus terus digaungkan kepada seluruhnya agar kita bangkit semua," katanya.

Dari total bantuan tersebut, Pemda Lombok Barat menerima dana bantuan sekira Rp20 Miliar lebih untuk perbaikan sekolah rusak di wilayahnya.

Bupati Lombok Barat, H Fauzan Khalid mengapresiasi upaya Kemendikbud membantu proses rehabilitasi dan rekonstruksi pasca gempa bumi di Lombok Barat, terutama untuk fasilitas pendidikan.

"Kami juga apresiasi bahwa Kemendikbud tidak hanya memperhatikan infrastruktur, namun juga memberi perhatian khusus kepada para guru yang ikut terdampak bencana dengan memberikan anggaran khusus buat mereka," katanya.

Ia memaparkan, jumlah sekolah yang rusak terdampak gempa bumi di wilayah Lombok Barat tercatat sebanyak 38 SMP dan 77 SD.

Dengan bantuan anggaran Rp20 Miliar lebih, Lombok Barat akan menngalokasikan untuk 24 SMP senilai Rp8,6 Miliar lebih dan sekitar 12 Miliar lainnya untuk 70 SD yang mengalami rusak sedang dan ringan.

Sebab untuk sekolah rusak berat, rekonstruksinya diserahkan pemerintah ke Kementrian PUPR.

Fauzan mengatakan, dibanding Kementerian lainnya, Kemendikbud sangat responsif dan cepat tanggap dalam penanganan pasca gempa bumi di Lombok.

"Kami jadi ada modal untuk mendesak kementerian lain untuk melakukan hal yang sama," tukas Fauzan.

Fauzan mengaku, Pemda Lombok Barat sudah mengajukan usulan agar Kementerian Kesehatan juga memberi perhatian khusus bagi tenaga kesehatan yang juga berjibaku dan terkena imbas gempa bumi.
proses pemulihan dilakukan. pengawasan dan audit jg harus ditingkatkan.
semoga kegiatan belajar & mengajar di NTB cepat pulih agar siswa nyaman belajarnya lagi emoticon-Big Grin


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di