alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Cara merawat Mesin Diesel anda agar tetap baik dan jauh dari mogok
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5be2a810902cfec3528b456a/cara-merawat-mesin-diesel-anda-agar-tetap-baik-dan-jauh-dari-mogok

Cara merawat Mesin Diesel anda agar tetap baik dan jauh dari mogok

Cara merawat Mesin Diesel anda agar tetap baik dan jauh dari mogok
 HALOO PARA KASKUKER

Bagi pecinta mobil Diesel ada beberapa Tips agar mobil anda tetap awet dan terawat. saat ini kendaraan roda empat  dengan mesin diesel semakin digemari oleh banyak orang. Harganya yang bervariasi dan cukup terjangkau membuat daya tarik tersendiri bagi mobil diesel. Jika mungkin dulu mesin diesel hanya digunakan poada kendaraan - kendaraan besar sseperti truk. saat ini banyak perusahaan produsen mobil mengembangkan mobil mesin mobil dengan mengembangkan mobil mesin diesel yang difasilitasi dengan berbagai teknologi agar tetap nyaman berkendaraan.

Kalau dulu mesin diesel terkenal bising dan kasar, saat ini sudah banyak jenis varian mobil diesel yang memiliki suara lebih lembut, responsif dan efisien dalam penggunaan bahan bakar.

Meskipun dikenal memiliki mesin yang tangguh, namun mesin diesel juga memerlukan perawatan khusus agar tetap terawat dan jauh dari mogok. berikut tips buat agan2 pengguna mobil diesel

  1. Selalu lakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum mobil agan digunakan

agan dapat melakukan pemanasan mesin paling tidak 10 menit.Tujuan pemanasan ini untuk  memberikan pelumasan pada seluruh bagian mesin mobil agan. jangan terlalu lama karena berakibat juga kurang baik bagi kesehatan disebabkan pembuangan gas buang dari knalpot dapat menggangu pernafasan kita.
  1. Cek pemakaian solar, filter dan tangki solar


Gunakan solar yang memiliki kualitas baik walaupun dengan harga yang mahal. tujuannya untuk mengurangi kandungan sulfur yang terlalu banyak  karena ini berpengaruh sama tanaga mesin yang lebih ringan dan suara mesin juga lebih halus.  
  1. Rajin membersihkan Filter Udara

udara yang bersih dapat membantu proses bahan bakar menjadi sempurna dan performa mesin menjadi maksimal dan irit BBM. Debu dapat menyebabkan mesin akan cepat aus karena debu menjadi bahan pengasah antar silinder dengan ring piston.
  1. Perawatan water sedimenter dan bus pijar

Biasanya filter solar modern sudah dilengkapi dengan water sedimenter. alat ini berfungsi menangkap kandungan air yang terdapat pada bahan bakar mesin diesel. agan juga cek  secara rutin dan berkala kandungan air pada water sendimenter, kalau indikator bahan bakar menyala maka itu menandakan kandungan air pada water sendimenter sudah maksimal dan harus segera dibuang.
  1. Pergantian pelumas oli

Oli juga bagian penting dalam sebuah mesin sebagai pelumas mesin. agan ganti minyak pelumas (oli) anda setiap 5000 KM dan sekaligus filter olinya. Cara mengecek oli mesin agan dengan menarik dipstick oli setelah itu agan perhatiin apakah volume oli beradda di garis normal atau tidak. jangan lupa agan cek juga kekentalan oli mesin mobilnya
  1. Lakukan pembersihan mesin mobil diesel secara rutin

Cara yang paling tepat membersihkan mesin adalah pada saat mobil dalam keadaan hangat. agan terlebih dahulu melakukan pemanasan mesin mobil agan . agan dapat melakukannya dengan engine clean dan engine dressing agar terhindar dari jamur dan karat.

  1. Jangan langsung mematikan mesin mobil diesel

Buat agan pecinta mesin diesel. hal ini tidak kalah penting untuk diketahui karena dapat mengakibatkan mesin "stress" sehingga mengurangi umur mesin diesel sendiri. biarkan waktu 5 menit untuk pendinginan komponen mesin yang memuai saat mobil digunakan.

Demikian buat agan2 sekalian semoga bermanfaat dan mohon share
salam #lappet emoticon-Cendol Gan

Gan kalau Kopling gimana gan, Koling hidrolik itu bisa putus gak yaa,, ada inova tahun 2009 belum pernah cek tali kopling nya tapi kata temen2 itu pakai hidrolik ane jadi binggung, cuman ganti kampas kopling

kalau pakai tali baja kan ada masa nya gan, mohon info nya gann, soalnya tiap ane injek kopling selalu bunyi "ngeeekkk" gitu gan bunyinya
Diubah oleh benoob
Boleh juga neh sarannya Gan... Ntapz...
Ga aneh truk2 yg dijalan mesinnya pada bapuk, perawatannya ribet plus orang sini pada males ngerawat mesinnya, "yg penting jalan coy truk gw"
Balasan post benoob
ada kemungkinan kampas kompling bermasalah, bisa juga kondisi kompling lagi selip, atau ada udara di dalam kompling hirdroliknya( perlu dressing) pengaruhnya bisa ke akselerasi dan over gigi tidak seperti biasanya.

*jika suka dengan postingan ini mohon diberi bintang emoticon-Siap Gan
Balasan post abgtuabangke
sebenarnya perawatanya hanya rajin mengecek kondisi oli,filter dan service berkala secara rutin gan. dijamin mobil agan awet


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di