alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
[COCOKLOGI] Kenapa Flashback identik dengan hitam putih? Simak cocokloginya, Gan!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5be28f431a9975c2158b4577/cocoklogi-kenapa-flashback-identik-dengan-hitam-putih-simak-cocokloginya-gan

[COCOKLOGI] Kenapa Flashback identik dengan hitam putih? Simak cocokloginya, Gan!

[COCOKLOGI] Kenapa Flashback identik dengan hitam putih? Simak cocokloginya, Gan!

[COCOKLOGI] Kenapa Flashback identik dengan hitam putih? Simak cocokloginya, Gan!


@CERITAKITAUNTUKSELAMANYAemoticon-Malu

Quote:


[COCOKLOGI] Kenapa Flashback identik dengan hitam putih? Simak cocokloginya, Gan!

Kenapa Flasback selalu identik dengan hitam dan putih?

Selamat datang dibulan November, bulan dimana hujan mulai datang untuk mengunjungi semesta pertiwi kita setelah sekian lama melalang buana. Selamat datang dibulan dimana euphoria Natal dan tahun baru mulai kerasa sebelum akhirnya akan memuncak di bulan Desember setelahnya. Selamat datang dibulan dimana kita mulai menyadari kalau dalam hampir 11 bulan terakhir masih banyak banget target yang belum tercapai karena kita terlalu terlena sama kehidupan dunia.

Waktu memang kejam. Gak pandang bulu untuk meninggalkan siapa aja yang dia rasa menyianyiakan-nya, dan diakhir tahun kayak gini pasti jadi momen favorite untuk waktu membalas dendam ke kita, manusia.

[COCOKLOGI] Kenapa Flashback identik dengan hitam putih? Simak cocokloginya, Gan!

Beberapa dari kita menganggap kalau November adalah Bulan yang penting bahkan nih ya beberapa lagu kayak “November Rain” jadi lagu legenda banget digenerasi muda yang menceritakan betapa November itu spesial. Ada beberapa alasan yang bikin bulan ini beda dari bulan yang lain emang. Kalau diluar negri sana sih mungkin November bakal jadi bulan dimana suhu mulai menurun dan mungkin dibeberapa tempat bakal ditandai dengan turunnya salju. Di negri kita? Ya karena gak ada salju, cukuplah hujan jadi pertanda kalau kita sedang memasuki bulan-bulan penghujung tahun ini. Dan ya, hujan selalu bisa menghasilkan cerita, beberapa cerita sedih dan mellow mungkin bakal banyak terjadi di bulan-bulan ini dan hujan lah yang bertanggung jawab kalau cerita-cerita tersebut disimpan dalam memori jangka panjang dari otak kita.

Gak cuma tentang suasana hati yang biru, aroma-aroma Flashback juga tercium cukup pekat sih dibulan ini. Flashback selalu jadi ritual penting ditiap-tiap tutup tahun dan biasanya dimulai dari bulan November ini. Semua yang terjadi dihampir 11 bulan belakang bakal direka ulang oleh pikiran dan imajinasi membawa satu dua perasaan yang tertinggal disana untuk kembali dikenang disaat sekarang. Konsekuensinya? Suasana biru makin terlihat jelas dibulan ini.

[COCOKLOGI] Kenapa Flashback identik dengan hitam putih? Simak cocokloginya, Gan!

Segala sesuatu tentang Flashback mungkin identik dengan keharuan. Di film-film sih sering banget kita liat kalau layar mendadak menjadi hitam putih. Flashback seakan-akan membuat film yang tadi nya berwarna menjadi sebuah adegan yang keliatan penuh duka, padahal flashback gak sehitam-putih itu.

Iya, flashback gak sehitam-putih itu kalau diibaratkan bahwa hitam dan putih menggambarkan suasana duka. Flashback juga berlaku kok untuk momen-momen bahagia. Gak jarang sepasang lanjut usia yang punya fungsi kognitif dan motorik yang masih oke melakukan flashback momen pertama kali bertemu dengan pasangannya. Seorang ayah atau ibu udah jelas sering mengingt kembali proses kelahiran anak-anaknya. Terus nih ya seorang pemuda yang sedang meniti jalan hidup pasti gak bakal ngelupain proses dimana dia menyelesaikan bangku pendidikan sebelumnya. Dan momen ini, walaupun punya unsur haru, tetap didominasi dengan perasaan bahagia.

[COCOKLOGI] Kenapa Flashback identik dengan hitam putih? Simak cocokloginya, Gan!

Terus kenapa flashback yang kita kenal selama ini selalu identik dengan hitam dan putih? Kenapa sebuah foto b/w bisa bawa kesan flashback yang dalem banget? Hal ini lah yang sekarang bakal gw analisa menggunakan metoda COCOKLOGI berdasarkan ilmu yang udah gw timba selama ini di perguruan Kijang milik sesepuh kita, sang pangeran kegelapan.

Alasan pertama: Kemungkinan opsi warna lain emang gak ada

[COCOKLOGI] Kenapa Flashback identik dengan hitam putih? Simak cocokloginya, Gan!

Gw kasih tau satu teori mendasar tentang warna ya. Tiap warna, katanya, punya arti tersendiri. Biru identik dengan warna-warna yang menyiratkan jiwa-jiwa tenang yang erat hubungannya dengan karakterisasi dari air. Hijau identik dengan suasana segar daun-daun pegunungan yang membawa suasana pasrah dan relaksasi tak terhingga. Kuning identik dengan kecerahan yang dibawa mentari, kecerahan yang didalamnya tersirat kebahagian semesta. Hampir semua warna punya arti tersendiri, termasuk hitam dan putih. Tapi karena hitam dan putih itu warna dasar, sudah sepantasnya sih momen-momen kayak flashback ini digambarkan dengan warna tersebut, karena mengenang kembali adalah hal mendasar dari tabiat manusia. Next...

Alasan kedua: Flashback itu artinya mengingat sesuatu yang GAK MUNGKIN terulang lagi

[COCOKLOGI] Kenapa Flashback identik dengan hitam putih? Simak cocokloginya, Gan!

Camkan ya kisanak, Sesuatu yang diflashback oleh otak kita itu biasanya sesuatu yang gak pernah bisa TERULANG lagi, kecuali ada salah satu diantara kita penghuni semesta ini yang udah nyiptain mesin waktu dan bisa membuat kita menjelajah waktu kemanapun yang kita mau. Mengingat sesuatu yang diflashback ini sifatnya gak pernah bisa TERULANG lagi, apapun konteksnya (mau kesenangan atau kesedihan), pasti sedikit banyak bakal bawa perasaan-perasaan duka. Dan perasaan duka ini cuma cocok digambarkan dengan nuansa hitam putih. Balik lagi ke poin pertama tentang arti warna yang udah gw jelasin deh coba biar ngerti

“I wish i could go back, not to change anything, just to feel few things twice”

Alasan ketiga: Kenangan, sepahit apapun, gak untuk dilupakan

[COCOKLOGI] Kenapa Flashback identik dengan hitam putih? Simak cocokloginya, Gan!

Pernah denger pepatah yang bilang “bangsa yang kuat adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya”? Nah pepatah ini lah yang jadi dasar pemikiran kenapa lahir poin ke-3. Flashback, yang bisa dikatakan sebagai proses “mengenang kembali”, adalah bentuk dari upaya manusia dalam menghargai apapun yang sudah terjadi dalam proses kehidupannya. Putus sama pacar, perpisahan dengan orangtua, kegagalan dalam berbisnis, semuanya mungkin kerasa pahit untuk dikenang, tapi dibalik itu semua kejadian negatif ini selalu mengajarkan satu hal kalau kita mau setidaknya sedikit peka. Dan itu alasannya kenapa kenangan-kenangan negatif ini layak disebut sebagai pahlawan dan layak juga untuk dikenang jasa-jasanya karena menjadikan pribadi seseorang yang lebih baik. Emang gak nyambung sama warna hitam putih sih, tapi ya seenggaknya, masih berhubungan sama poin ke-2, hitam putih merupakan suasana yang pas untuk menggambarkan hal-hal kayak gini.

Sekian deh cocoklogi kali ini yang bisa gw bagikan. Kalau ada yang punya teori lain kenapa flashback itu identik sama hitam dan putih silahkan tulis di komen. Bye!



Quote:




[COCOKLOGI] Kenapa Flashback identik dengan hitam putih? Simak cocokloginya, Gan![COCOKLOGI] Kenapa Flashback identik dengan hitam putih? Simak cocokloginya, Gan!

[COCOKLOGI] Kenapa Flashback identik dengan hitam putih? Simak cocokloginya, Gan!

[COCOKLOGI] Kenapa Flashback identik dengan hitam putih? Simak cocokloginya, Gan!
Halaman 1 dari 3
Selamat ulang tahun untuk forum tercinta, KASKUS! emoticon-Smilie
klo menurut ane si karna dlo kan foto belum ada warna(item putih) jd kesannya jadul. nah jd klo flashback/nostalgila balik ke jaman dulu jd item putih. emoticon-Peace
Karena kalo Flash kamera silau Gan
flashback memiliki banyak kenangan terpendam yg sudah dilalui...biar ga banyak feeling, jadinya pake hitam putih, sederhana penuh makna emoticon-Big Grin
Balasan post rendyprasetyyo
Quote:


selamat hari lahir, KASKUS! emoticon-Smilie
oh bgtu ya emoticon-nulisah
Wahhh iya yaaa, pasti identiknya ke hitam putih
karena memori otak kadang ada batasannya gan,bisa mengingat momen tapi ga bisa mengingat warna secara detil.Makanya flashback identik dengan monokrom hehehe

pernah baca sih gitu,kalo gapercaya coba aja ente inget2 momen yang pernah ente laluin sambil nginget warna2nya pasti susah wkwk
Kalo menurut ane menyesuaikan sama otak kita, saat kita mengenang masa lalu warna itu seperti gk terlalu menonjol dibanding dengan kejadianny
karena kalau warna-warni kayak pelangi, tar malah disangka lagi branding bre emoticon-Malu
Nice info
ada juga kok film yg present days itu black and white sementara past in colour . misalnya phantom of the opera (gerard butler bersama emmy rossum) film bikinan 2004.

namanya juga hollywood itu global filming benchmark.. apa yg mereka bikin cenderung (bulan selalu ya) diikuti oleh film industry di tempat-tempat lain.

btw phanton of the opera yang itu bikinan pinewood studios yg terkenal dgn james bond.
krn kesan hitam putih itu lebih tepat aja dlm menggambarkan kejadian di masa lalu melalui flashback emoticon-Smilie
gitu ya gan, ane baru ngehhh
flashback a.k.a ngelamun. Sering banget ane lakuin kalo sendiri dikamar kostan menatap langit-langit yg kosong emoticon-Betty
kayah pilem krtun gitu ya kalo plasback hitam putih Gmbrnya
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
Putih hitam
ane kalau plesbek mah diem di wc sambil vape
Halaman 1 dari 3


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di