alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Indonesia Update /
Bagian Mileneal Dunia, Generasi Muda Harus Terus Implementasikan Nilai Sumpah Pemuda
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5be286ad9e74049e6c8b4585/bagian-mileneal-dunia-generasi-muda-harus-terus-implementasikan-nilai-sumpah-pemuda

Bagian Mileneal Dunia, Generasi Muda Harus Terus Implementasikan Nilai Sumpah Pemuda

[img][/img]

JPP, MALANG - Nilai-nilai Sumpah Pemuda harus terus diimplementasikan oleh generasi muda kampus yang saat ini menjadi bagian dari generasi global milenial dunia.

Demikian dismpaikan Menpora Imam Nahrawi saat hadir dalam dialog kebangsaa bertema "Sinergi Semangat Sumpah Pemuda, Resolusi Jihad dan Kebudayaan", yang digelar civitas akademika Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur, Senin (5/11/2018), di Aula Widyaloka.

Menpora menekankan, nilai-nilai Sumpah Pemuda harus terus diimplementasikan oleh generasi muda kampus yang saat ini menjadi bagian dari generasi global milenial dunia. Para mahasiswa sebagai generasi terdidik, sambung dia, harus menyadari bahwa ada sisi-sisi penting yang harus terus disadari dan dijadikan pondasi pengembangan dirinya.

Di antaranya, menurut Menpora, usia emas pemuda, pemuda sebagai pelopor perubahan, dan pemuda sebagai pemimpin masa depan. "Generasi muda harus menjadi individu-individu hebat, melahirkan gagasan-gagasan besar, dan apa yang dihasilkan diimplementasikan ditengah masyarakat," kata Menpora. 

Menengok jauh ke belakang, 90 tahun ikrar Sumpah Pemuda, yang kala itu anak muda bangsa di tengah situasi penjajahan Belanda bertekad bulat agar Indonesia merdeka dengan menyatukan diri menanggalakkan segala ego sektoral, primordial, dan lebel-lebel lain yang memisahkan. Diperlukan niat dan tekad sungguh-sungguh penuh keikhlasan untuk melakukan sesuatu saat ini dari para pemuda demi kemanfaatan besar di masa mendatang.

"Jika hari ini setelah 90 tahu yang lalu, kita dapat mengenang dan merasakan dasyatnya Sumpah Pemuda, apakah 90 tahun yang akan datang ada dari kita yang dapat dikenang anak cucu kita," tanya Menpora yang pada kesempatan itu langsung memimpin pembacaan ikrar Sumpah Pemuda dari atas podium.

Sebagai kata kunci, masa depan bangsa terletak di pundak para pemuda yang di dalamnya ada para mahasiswa. Yang terpenting, harus ada yang dikerjakan di hari ini yang dapat dirasakan manfaatnya pada hari-hari mendatang. Belajar di kampus saat ini, setidaknya melahirkan skripsi, tesis, desertasi, yang bisa dijadikan pedoman untuk para pemangku kepentingan.

"Contoh konkret, saat saya menulis tesis S2 di Unpad, saya meneliti kebijakan Menpora yang kebetulan saya sendiri, tentang kebijakan pembekuan PSSI kala itu. Terjadi pertentangan batin, tetapi sebagai mahasiswa saya tetap obyektif, dan hasilnya banyak lahir regulasi turunan dari tesis itu untuk kebijakan-kebijakan bermanfaat di Kemenpora," tambahnya.

Hadir pada acara tersebut Deputi Pemberdayaan Pemuda Faisal Abdullah, Rektor UB Nuhfil Hanani AR, Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah, dari FHUB Muchamad Ali Safa'at, dan Forkompimda Malang. (por)


Sumber : https://jpp.go.id/humaniora/sosial-b...-sumpah-pemuda

---

Kumpulan Berita Terkait HUMANIORA :

- Bagian Mileneal Dunia, Generasi Muda Harus Terus Implementasikan Nilai Sumpah Pemuda Kemenristekdikti Bentuk Unit Mahasiswa Pengawal Ideologi Bangsa di Kampus

- Bagian Mileneal Dunia, Generasi Muda Harus Terus Implementasikan Nilai Sumpah Pemuda Buka Youth Expo and Festival, Menpora Bangga Atas Capaian Prestasi Pemuda Indonesia

- Bagian Mileneal Dunia, Generasi Muda Harus Terus Implementasikan Nilai Sumpah Pemuda Kemenpora Beri Penghargaan Kepada 36 Pemuda Berprestasi

Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di