alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Siap-siap! Ponsel Black Market Bakal Diblokir Pemerintah
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5be267f0c1d770ff2e8b456b/siap-siap-ponsel-black-market-bakal-diblokir-pemerintah

Siap-siap! Ponsel Black Market Bakal Diblokir Pemerintah

Siap-siap! Ponsel Black Market Bakal Diblokir Pemerintah



Pemerintah tengah menyiapkan sistem untuk memblokir peredaran ponsel yang dijual melalui pasar gelap (black market). Diharapkan sistem ini akan bisa digelar pada November 2019. 


Regulasi untuk pelaksanaan kebijakan ini akan diatur oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin), sementara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) yang akan menyiapkan sistem DIRBS (Device Identification, Registration, and Blocking System) yang digunakan untuk mendeteksi perangkat dari pasar gelap. 


Siap-siap! Ponsel Black Market Bakal Diblokir Pemerintah




Melansir https://www.cnnindonesia.com/teknolo...l-black-market, Direktur Standarisasi Perangkat dan Informatika, Mochammad Hadiyana, mengungkapkan bahwa timeline pembuatan sistem ini sudah dibuat. Ia juga berharap pelaksanaannya dapat sesuai dengan yang telah ditentukan.


Siap-siap! Ponsel Black Market Bakal Diblokir Pemerintah




Identifikasi perangkat ini dilakukan dengan mengidentifikasi IMEI ponsel ketika ponsel sudah terhubung dengan operator. Jika IMEI ternyata tidak terdaftar maka ponsel bakal tak bisa dipakai untuk melakukan telekomunikasi dan internet.


Siap-siap! Ponsel Black Market Bakal Diblokir Pemerintah




"Pendekatan teknis (untuk mengidentifikasi ponsel pasar gelap) yang lebih efektif dan praktis adalah dengan pengendalian IMEI, jadi begitu (IMEI) tidak dikenal maka tidak bisa dipakai," ujar Ketua Asosiasi Industri Perangkat Telematika Indonesia (AIPTI) Ali Soebroto.

Penyelenggaraan sistem ini akan dibagi dalam tiga fase dalam setahun kedepan. Mulai November 2018, pemerintah sudah masuk ke tahap 1 yakni penyusunan regulasi dan instalasi sistem DIRBS itu sendiri. Selain itu pemerintah juga melakukan sosialisasi kepada instansi terkait seperti operator, vendor ponsel, dan penegak hukum.


Siap-siap! Ponsel Black Market Bakal Diblokir Pemerintah




Proses tahap pertama ini akan berjalan selama enam bulan dan dilanjutkan dengan tahap kedua pada Mei 2019. Pada tahap ini pemerintah akan menlakukan integrasi fungsionalitas hingga akhirnya melakukan pengoperasian sistem sepenuhnya pada November 2019. 

Hadiyana mengatakan bahwa dasar hukum dari pemberlakuan sistem ini adalah UU no.36 Tahun 1999 pasal 32, yang mengatakan setiap perangkat telekomunikasi wajib memperhatikan syarat dan izin yang telah ditentukan oleh Undang-Undang.emoticon-Wow

Kominfo akan berfokus pada Eqiupment Identity Register (EIR) untuk dapat memantau, menganalisis, dan perangkat IMEI. Langkah ini sudah dilakukan oleh beberapa negara lain, seperti Turki, Italia, Kenya, Ukraina, Mesir, dan Nepal.

Melihat adanya kemungkinan jumlah pemblokiran yang sangat tinggi, pemerintah hanya akan memblokir perangkat pasar gelap yang baru dibeli, tapi tidak berpengaruh pada perangkat lama.



Ada yang pernah beli hp BM? Share dong pengalamannyaemoticon-Betty

Urutan Terlama
Kalo beli hp baru garansi internasional itu termasuk hp BM bukan?
Masih ada ya emangnya... Gak takut kualitasnya yak...?
Balasan post bomber25
Quote:


lah belinya dimana gan?
Balasan post vickymalmsteenz
Quote:


ada banyaaaakkk. tergiur harga dibanding kualitas kali gan
Balasan post widiwtyas078
Di indonesa gan
klo beli di luar negeri di bawa ke indonesia gmn tih regulasinya?
Balasan post bomber25
Quote:


kalo udah garansi inter udah aman dan insyaallah resmi
Balasan post adi.prima
Quote:


ane sih belum pernah. tapi kayaknya kalo beli buat dipake sendiri alias gak diperdagangkan ya gpp tinggal bawa aja
Balasan post adi.prima
mksdnya sinyalnya itu loh gan, kn gk terdaftar imeinya, ntr klo regulasi ini dijalankan berarti sudah gk bisa digunakan lgi d indonesia donk?percuma aj beli di luar negeri wlpn ori bukan black market
\emoticon-Cape d...
Balasan post adi.prima
Kalo soal hape ori non bm, biasanya udah kena pajak di bea cukai, jadi seharusnya imei nya bisa terdaftar gane...

Jadi terlepas dari hape BM ataupun bukan, selama barang tersebut sudah lolos pemeriksaan bea cukai, pasti bisa di pakai di Indonesia...

:beer
yang lama ga kena. yang baru kena. lalu gimana dia bedain imei lama dan baru ya?

hmmm masih awam soal ginian


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di