alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Survei Alvara: Sejumlah Partai Lama Terancam Tak Lolos Parlemen, Partai Baru Apalagi!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5be249be902cfea45d8b4574/survei-alvara-sejumlah-partai-lama-terancam-tak-lolos-parlemen-partai-baru-apalagi

Survei Alvara: Sejumlah Partai Lama Terancam Tak Lolos Parlemen, Partai Baru Apalagi!

Survei Alvara: Sejumlah Partai Lama Terancam Tak Lolos Parlemen, Partai Baru Apalagi!


Tidak hanya partai baru, sejumlah partai lama pun terancam tidak lolos ambang batas parlemen sebesar empat persen, berdasarkan survei yang dilakukan Alvara Research Center.

Pendiri Alvara Research Center Hasanuddin Ali di Jakarta, Selasa (6/11), mengatakan survei nasional yang dilakukan pada 8-22 Oktober 2018 dan melibatkan 1.781 responden di 33 provinsi tersebut menunjukkan PDI Perjuangan (29,9 persen), Gerindra (18,4 persen), Partai Golkar (9,5 persen), PKB (7,2 persen) dan Partai Demokrat (6,3 persen) yang lolos ambang batas parlemen.

Meski begitu, partai lama yang elektabilitasnya berada di bawah Partai Demokrat, yakni Partai Nasdem (3,4 persen), PKS (2,9 persen), PPP (2,2 persen), PAN (1,6 persen) dinilainya masih memiliki peluang lolos dalam Pemilu 2019.

Salah satu partai baru, yakni Perindo (1,3 persen) pun dinilai masih memiliki kesempatan.

Sedangkan parpol yang berada di ujung tanduk adalah Partai Hanura (0,6 persen), PSI (0,3 persen) dan PBB, PKPI, Partai Berkarya dan Partai Garuda yang keempatnya memperoleh 0,1 persen.

Hasanuddin menekankan yang perlu diperhatikan oleh partai politik adalah sebagian besar responden menyatakan caleg merupakan faktor yang mempengaruhi pilihan. “Performa caleg dalam kampanye akan ikut menentukan naik turunnya elektabilitas partai politik,” tutur dia, dikutip Antara.

Menurut dia, potensi pemilih mengambang sebesar 16,3 persen masih cukup tinggi untuk diraih partai politik karena hanya pendukung PDI Perjuangan dan Partai Gerindra yang sudah solid.

Urutan Terlama
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Quote:
Tinggal lihat kebijakan menjelang pilpress nanti dah. menurut ane lebih enak gak dilolosin agar bisa gabung dengan partai lainnya. biar gak ngabis-habisin dana kampanye gans. Inget tahun awal reformasi, partai sampai diatas 40, berlomba-lomba buat dapat duit partai


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di