alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Story / Heart to Heart /
Putus asa belum mendapat pekerjaan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5be233d1dbd7708f7a8b4571/putus-asa-belum-mendapat-pekerjaan

Putus asa belum mendapat pekerjaan

Gan ane mau curhat. Ane lulus kuliah bulan Juli 2018 dan sampe sekarang belum dapat kerja. Sewaktu kuliah ane aktif berorganisasi, IPK ane cumlaude, IPK ane 3.7an tapi ane hanya lulusan sastra, pas kuliah pun ane dibiayain pemerintah lewat beasiswa karena keluarga ane nggak sanggup untuk bayar kuliah.

Ane udah apply hampir 200 lebih perusahaan, tapi belum dapet juga. Ane udah berusaha dan berdoa, tapi rasanya nasib ane ga semujur temen-temen ane yang lainnya. Ane sedih banget, bahkan untuk ongkos dateng interview saja ane ga punya gan. Ane masih minta sama ibu ane untuk ongkos berangkat intervew, ibu ane bahkan harus pinjam uang ke tetangga. Baru banget kemaren ane ikut interview di salah satu bank, tapi ane gagal. Ane ga tau kenapa, padahal rasanya ane sudah percaya diri ketika interview dan interview pun rasanya berjalan lancar. Tapi masih gagal juga. Kemarin ane juga udah ikut tes cpns, selama sebulan penuh ane belajar mati-matian tapi ane gagal di tes TKP (Tes Kepribadian).

Niat ane kerja untuk bantuin ibu ane. Rumah ane kalo hujan besar pasti atapnya bocor, pintu rumah ane udah pada bolong-bolong dan tikus tiap malem pasti masuk walaupun udah diakalin pintu yang bolong itu ditutup pakai batu bata. Ane niat kerja untuk bantuin ibu ane benerin rumah, bantuin ibu ane untuk ngelunasi hutang2 ibu ane.

Ayah ane udah meninggal dunia, jadi hidup kami cuma mengandalkan uang pensiunan ayah ane yang hanya cukup untuk makan sehari-hari. Ibu ane juga punya cita-cita untuk pergi haji, dan ane ingin mewujudkan itu. Tapi entah kapan.

Sampai saat ini ane masih aktif apply lamaran. Tapi terkadang ane merasa putus asa, merasa gagal jadi anak, merasa hidup ini seakan tidak adil. Setiap malam ane pasti menangis di kamar, tapi ane ga mau ibu ane tau kalo ane nangis. Ane mau curhat ke temen ane, tapi ane malu banget. Makanya ane curhat di sini. Maaf banget ya gan, panjang curhatnya.


UPDATE:
Wah gan makasih banget semua atas saran dan dukungannya! Ane ga bisa balesin satu-satu, kaget ane liat tritnya banyak yang komen ngasih saran dan dukungan. Terima kasih banget, sekarang ane mau bangkit lagi! Makasih banget banget, liat komen agan2 sekalian membuat ane percaya diri lagi
Diubah oleh belarusaj
Halaman 1 dari 3
Curhat ke temen dongok. Ntar temen lu yg udah kerja biasanya ngasih info, mayan. Atau ketemu temen yg blum kerja bisa kerja sama ngapain kek biar dpt duit sambil nunggu dapet kerja.

Tanpa temen mau jadi apa hidup lu. Goblok
Balasan post batmanluck99
Quote:


Ane udah bilang ke temen2 ane kalo ada info loker tolong kasih tau. Tapi ane ga curhat ttg masalah keluarga ane. Makasih gan
Quote:


Ga perlu bilang ma temen klo masalah keluarga. Itu aja cukup
Quote:


Ga perlu bilang ma temen klo masalah keluarga. Itu aja cukup
Quote:


cari link gan, mngkn kerabat ente, temen ente sejurusan yg sdh diterima kerja
Halo agan
Kalau boleh tau domisilinya dimana?

Pertama cari aja intern intern dulu, buat batu loncatan

Setelah kamu udah dapet ilmu dan pengalaman nya bisa cari pekerjaan lain
Ente lulusan sastra Cumlaude pula, coba deh dulu pas agan milih jurusan sastra niat nya karena apa ? mau masuk kerja dimana ? Kalo ente apply sesuai jurusan ente pasti ada kok yang nyantol , semangat gan emoticon-Shakehand2
tetap semangat gan, putus asa boleh tp jangan lama2. harus segera bangkit lagi. rejeki itu ga cuma kerja didunia real. sekarang ini jaman semakin canggih. apa2 lewat internet atau hp bisa. sambil melamar kerja, coba iseng2 buat video youtube ataupun blog, jualan di Ig atau kalo agan jago gambar bisa jual tuh gambar didunia internet. siapa tau rejeki nya agan disitu?
ane walaupun sudah kerja, jg sering ngeluh dalam hati gan. kerja cm serabutan sering disuruh2 gaji kecil. ga enak. tp beruntung ane masih ada youtube, masih ada penghasilan sampingan yg masuk. walaupun masih sedikit. tp ane merasa, di youtube ini cocok dg diri ane. ada prospek masa depan. bahkan ane punya angan2, tak akan ragu tinggalkan kerjaan sekarang jika di online sukses
saran ane gan, sembari menunggu lowongan kerja, kagak ada salahnya gan kita mendekatkan diri sama allah swt, misalnya menjalankan sunahnya (puasa senin kamis, sholat dhuha (yg ini memang manjur gan untuk membuka pintu rezeki), sholat malam, kita mengabdi 100% gan kepada tuhan kita, dijamin gan hidup ente makin tenang adem, jauh dr pikir pikiran negatif (belum dpt kerja), cuma ini gan yang bisa ane saranin hehehe
Jangan gengsi, cari kerja sambilan buat batu loncatan, yg penting ada kegiatan, salah satu nilai tambah dalam interview ya saat ini nte sedang bekerja bukan menganggur. Inget sebagai batu loncatan
Anjiiirrr 200 perusahaan??
Nyantai aja gan, rejeki sudah ada yg atur tinggal gmn kita berusaha
semangat yah gan ,
ane jadi keinget adek ane emoticon-Frown
Lulusan satra biasa nya kerja di mana ? emoticon-Bingung
hebat bener ente, gak skalian ambil arkeologi ataw sain sejarah yg bergerak di bidang non profit emoticon-Ngakak (S)
Saran ane :
1. Sebagai loncatan, cb cari kerjaan yg tdk membutuhkan kriteria yg berat, cb cr yg lulusan SMA atau standard D1, misalkan sebagai staff mini market @lf@ atau Ind0m@rt, sambil terus cari pekerjaan yg sesuai dengan jurusan sekolahmu.
2. Mungkin ada sesuatu di pribadi agan yg kurang berkenan bagi perusahaan, cobalah search di Internet utk cari tips2 berhasil dalam melamar pekerjaan.
3. Bikin usaha sendiri, atau search di internet lowongan kerja freelance (nggak tahu agan Jurusan Satra bahasa apa sih)
4. Tetep doa
1 kata, jobstreet
- Kadang pintar secara akademis saja tidak cukup. Wajah yang rupawan juga menentukan apakah seseorang diterima bekerja apa tidak. Muka jelek membuat yang interview empet. Kepribadian gak bisa ketahuan dalam satu kali interview yang singkat, yang dinilai itu ya first impression.

- Jika sadar masalahnya ada di fisik, jangan terpaku pada pekerjaan yang "elite", seperti kerja di bank atau perusahaan besar. Karena saingan kamu banyak, yang IPK tinggi, jurusannya sesuai (Akuntansi misalnya), mukanya menawan, dan pintar bicara lagi.

- Jurusan sastra bisanya apa ya? Excel word bisa? Akuntansi bisa? Design bisa? IT ngerti? Translate bahasa Inggris mungkin? Kalau gak ada yang kamu bisa, coba lamarnya posisi admin, hrd, jaga toko juga jadilah ya yang penting ada penghasilan dulu.

- Satu hari apply sekitar 20-30 lamaran (ini minimal dan harus dilakukan), zaman sekarang gampang ini, gak perlu modal amplop dan print-an. Klik apply doank di jobstreet. Kalau niat banget, samperin kompleks ruko di sekitar tempat tinggal kamu, dan kelilingi tuh dari ujung ke ujung. Biasanya ada yang suka tempel kertas buka lamaran. Tapi kalau ini kamu masukin lamaran mesti modal amplop + kertas.
ente alumni mana?
Coba cari link/kenalan ke angaktan ente yg udah kerja mapan & jadi bos2, mungkin mereka bisa jadi solusi
Kerja kecil2an dulu....bner kata ortillo. Keliling ruko yg deket2...pasti ada...kerjaan sekecil apapun ambil aja...nambah relasi...nambah peluang buat kerjaan yg lebih besar.

Jgn gengsi sama ijazah. Jgn terpaku harus dpt kerja kantoran.
Sambil jualan online juga bisa. Kamu keliling lihat sekeliling kamu....apa yg bisa/bantu jual. Misal ada toko boneka....ya fotoin satu2. Taruh di tokopedia, bukalapak dkk....kali ada pembeli. Toko baju, toko sepatu....apa aja...bilang dulu ke pemiliknya....mau ikut bantu jualan online. Jd ga diusir gara2 moto2 barang emoticon-Ngakak
Oiya....klo moto barang juga harus oke. Jgn asal2an.
Hp ga mumpuni? Lha ini bisa internetan...bisa buka website kan...ga perlu buka lewat aplikasi. Ga perlu donlot2 banyak app...cukup buka lewat web....tpi kudu rajin tiap hari ngecek. emoticon-Big Grin

Kamu punya hobi? Ya jualan dr hobi kamu juga bisa...misalnya ane hobi merajutkan. Drpd bengong di rumah...ya ngerajut kapanpun sempat. Hasilnya dijual.
Klo cowok...biasanya bikin kerajinan atau bahkan masak. Tetangga ane kmrn ada lho yg jualan bumbu rujak online! Selain online juga bisa dititipkan di warung.
Bnernya banyak banget klo mau berwirausaha....cuman ya itu. Kudu telaten. Ga nyerah...dan konsisten.

Klo soal wawancara kerja....be confident. Smile. Nothin to lose. Jgn kaya gua dulu diwawancara malah pingin nangis emoticon-Ngakak
gini ya... semangat kamu sudah oke tapi berhenti sampai disana ada banyak mindset yang harus di rubah dikepalamu.

1. kamu lulus dengan nilai bagus dan kuliah dari beasiswa...itu merupakan point + jangan kamu matikan sebagai alasan kegagalan mu dapet kerja dengan alasan univ nya ngga terkenal itu bodoh, ane dari univ biasa aja..tapi ane bisa bersaing..ane menunjukan ane mampu....ijazah ane bukan kertas doang tapi otak jalan.

2. kamu apply sampe 200 perusahaan berapa kali di interview....preview surat lamaran mu apakah ada yang salah...kalo ngga preview tempat kamu melamar jangan jangan ketinggian expetasi nya....di selaraskan lah gan.

3. kamu jangan menunggu doang dong....ciptakan pekerjaan walau hanya sekedar nunggu sampe dapet kerjaan... jualan online kek...tinggal oper oper tangan doang.....atau contoh ter ekstreme.....beli kacang sekilo...goreng...plastikin serebuan..jual titip di warung...banyak hal yang bisa dilakukan.

semangat membahagiakan bagus..tapi sertai dengan tindakan bre emoticon-terimakasih
Sabar gan, yang penting usaha dan doa jangan pernah putus, satu lagi gan, coba minta doa restu sama nyokap tulus. Tetep semangat!emoticon-Shakehand2
Halaman 1 dari 3


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di