alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Berita Luar Negeri /
Amerika Serikat terapkan 'sanksi terberat', apakah Iran bisa tumbang?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5be221135a5163f05c8b456a/amerika-serikat-terapkan-sanksi-terberat-apakah-iran-bisa-tumbang

Amerika Serikat terapkan 'sanksi terberat', apakah Iran bisa tumbang?

Keinginan Amerika Serikat untuk melemahkan kekuatan militer Iran dan pengaruh politik negara ini di Timur Tengah diperkirakan tidak akan langsung tercapai dengan penerapan sanksi terbaru dari Washington.

Hal ini disampaikan duta besar Indonesia di Teheran, Octavino Alimudin, saat ditanya soal dampak sanksi AS terhadap Iran.

"Dengan adanya uji coba rudal terbaru, sepertinya pemerintah Iran masih ingin menunjukkan bahwa tujuan (AS) itu belum bisa dicapai," kata Octavino kepada BBC News Indonesia, hari Senin (05/11).

Octavino menambahkan pembatasan penjualan minyak Iran ke pasar internasional bisa berdampak terhadap kekuatan militer Iran, namun untuk bisa berpengaruh terhadap aspek militer ini, masih perlu waktu.

Iran sangat bergantung dengan ekspor minyak dan AS berharap sanksi terhadap sektor minyak Iran akan membuat negara ini terpuruk.

Washington memperingatkan para pembeli minyak Iran untuk mengurangi transaksi menjadi nol, jika tidak mereka akan menerima hukuman dari AS.

Tapi AS juga mengeluarkan dispensasi kepada delapan negara yang memungkinkan mereka mengimpor minyak Iran hingga 180 hari ke depan.

Dispensasi ini, kata Menlu AS Mike Pompeo, diberikan kepada Cina, India, Korea Selatan, Turki, Italia, Yunani, Jepang dan Taiwan.

Dubes Octavino mengatakan sanksi terhadap Iran antara lain membuat Prancis membatalkan proyek pembangunan kilang minyak dan gas di Iran selatan.

Ia mengatakan impor obat dan makanan dari Uni Eropa makin berkurang.

Untuk mengatasi situasi ini, Iran menggenjot produksi obat dalam negeri dengan meningkatkan ketersediaan obat-obat generik.

Amerika Serikat menerapkan sanksi terhadap Iran, yang mereka gambarkan sebagai "sanksi paling berat", enam bulan setelah Presiden Donald Trump mundur dari kesepakatan nuklir dengan negara tersebut.

"Sanksi terhadap Iran sangat kuat. Ini adalah sanksi terberat yang pernah kami terapkan. Dan kita akan melihat apa yang terjadi dengan Iran," kata Presiden Donald Trump.

Para pengamat mengatakan sanksi terbaru AS ini akan memukul Iran, utamanya terkait ekspor minyak, perbankan, hingga pengiriman barang.

Keputusan AS ini menimbulkan reaksi warga Iran yang pada Minggu (04/11) menggelar unjuk rasa di beberapa kota.

Mereka meneriakkan yel-yel "Death to America" dan mengecam sanksi ekonomi AS tersebut.

Para pengunjuk rasa, yang dimotori kelompok garis keras, menolak upaya perundingan dengan Washington.

Sebagai reaksi lebih lanjut terhadap sanksi itu, militer Iran dilaporkan akan menggelar latihan pertahanan udara pada Senin (05/11) dan Selasa (06/11) untuk membuktikan kemampuan pertahanan mereka.

Unjuk rasa anti-AS berlangsung bertepatan dengan ulang tahun ke-39 pendudukan kedutaan Amerika Serikat di Teheran, yang menyebabkan permusuhan antara kedua negara selama empat dekade.

Mengapa AS memberikan sanksi kepada Iran?

Washington kembali memberlakukan sanksi kepada Iran setelah Presiden Trump pada Mei lalu menarik dari kesepakatan 2015 yang ditujukan untuk membatasi ambisi nuklir Iran.

Washington juga mengatakan ingin menghentikan apa yang disebutnya sebagai beragam kegiatan "jahat" Teheran, termasuk serangan dunia maya, uji coba rudal balistik, dan dukungan terhadap kelompok teroris dan milisi di Timur Tengah.

Itulah tujuannya, itulah misinya, dan itulah yang akan kami raih atas nama presiden," paparnya.

Apa dampaknya?

AS telah secara bertahap memberlakukan sanksi terhadap Iran, tetapi para analis mengatakan putaran terakhir ini merupakan yang paling signifikan.

Lebih dari 700 individu, entitas, kapal dan pesawat akan dimasukkan dalam daftar sanksi, termasuk bank-bank besar, perusahaan eksportir minyak dan pelayaran.

Menlu AS Pompeo mengatakan bahwa lebih dari 100 perusahaan internasional berskala besar telah ditarik dari Iran karena dampak sanksi tersebut.

Apakah Iran akan tumbang?

Tak diragukan lagi ekspor minyak akan terkena dampak.

Namun Iran dan mitra-mitra mereka pasti akan mencari celah agar tetap bisa menjalin hubungan dagang.

"Dampaknya bisa sangat berat bagi Iran," ujar Ellie Geranmayeh dari lembaga kajian Dewan Eropa untuk Hubungan Luar Negeri.

"Tapi Iran sebelumnya sudah pernah mengalami beberapa kali, dan mereka bisa melewatinya," kata Geranmayeh.

Sanksi akan memaksa Iran menemukan cara-cara baru untuk menjual minyak, berdasarkan pengalaman bertahun-tahun menjual komoditas ini di masa lalu, ketika menjalani sanksi Barat.


Salah satunya, mungkin Iran akan meningkatkan hubungan yang lebih erat dengan Cina dan Rusia.

Dia juga mengatakan ekspor minyak Iran telah turun hampir satu juta barel per hari, sekaligus diperkirakan berdampak pada sumber utama pendanaan negara itu.

Bagaimana reaksi negara-negara Uni Eropa?

Inggris, Jerman dan Perancis - yang merupakan salah satu dari lima negara yang masih berkomitmen pada kesepakatan nuklir dengan Iran - keberatan dengan sanksi AS tersebut.

Mereka telah berjanji mendukung perusahaan-perusahaan Eropa yang melakukan "bisnis sah" dengan Iran dan telah menyiapkan mekanisme pembayaran alternatif - atau Special Purpose Vehicle (SPV) - yang akan membantu perdagangan perusahaan tanpa menghadapi hukuman AS.

Namun, para analis meragukan upaya ini secara material akan mengurangi dampak sanksi terhadap Iran.


Dan dalam beberapa hari terakhir, Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin mengatakan AS akan melakukan upaya "agresif" untuk menargetkan setiap perusahaan atau organisasi yang berupaya "menghindari sanksi kami".

Siapa yang dikecualikan?

Pemerintahan Trump telah memberikan pengecualian kepada delapan negara untuk terus mengimpor minyak Iran, tanpa menyebut jati diri mereka.

Mereka dilaporkan termasuk sekutu AS seperti Italia, India, Jepang dan Korea Selatan, serta Turki, Cina dan India.

Pompeo mengatakan negara-negara tersebut telah melakukan "pengurangan signifikan dalam ekspor minyak mentah mereka" tetapi membutuhkan "sedikit lebih banyak waktu".

Dia mengatakan dua dari negara-negara itu pada akhirnya akan menghentikan impor dan enam lainnya akan mengurangi impornya dari Iran.

Apa reaksi yang terjadi di Iran?

Sanksi AS terhadap Iran bertepatan waktunya dengan pengepungan kedutaan AS pada 4 November 1979, yang terjadi tidak lama setelah jatuhnya rezim Shah yang didukung AS.

Sekitar 52 orang warga AS disandera di kedutaan selama 444 hari dan sejak itulah kedua negara menjadi bermusuhan.

Kelompok garis keras menggelar protes untuk memperingati pengepungan tersebut setiap tahun, tetapi pada hari Minggu, para pemrotes juga melampiaskan kemarahan mereka terhadap sanksi AS.

Media pemerintah Iran melaporkan jutaan orang di berbagai kota turun ke jalan, dan bersumpah setia kepada Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei, meskipun BBC tidak dapat memverifikasi secara independen angka ini.

Aksi unjuk rasa ini digelar tidak lama setelah pidato berapi-api Ayatollah Khamenei pada Sabtu, di mana dia memperingatkan AS agar tidak "membangun kembali dominasinya" yang pernah terjadi atas Iran sebelum 1979.

Namun, beberapa orang warga Iran melayangkan kekecewaannya - melalui media sosial Twitter - terhadap rezim yang berkuasa di Iran, dengan tagar #Sorry_US_Embassy_Siege yang bergulir hingga 19.000 cuitan di Twitter.

Salah-seorang pengguna menulis dalam bahasa Inggris, "Selama 40 tahun terakhir, rezim Islam Iran mencoba menghadirkan AS dan Israel sebagai musuh Iran. Tetapi orang-orang Iran tidak berpikir seperti mullah. Kami mencintai semua bangsa dan semua orang di dunia."

https://www.bbc.com/indonesia/dunia-46093285
Halaman 1 dari 2
shithole country makin merana..
akan kah tumbang? rakyat iran kasi makan rudal aja... bego ah.... lomba bikin senjata mulu
40 tahun Iran bertahan membuktikan sanksi terbaru akan sia-siaemoticon-Traveller
mau lagak apalah bule amerika itu
mayoritas di amerika itu sama spt di australia & kanada
semuanya bule domba kulit putih aka keturunan tukang genosida perampas tanah

leluhurnya bangsa eropa genosida penduduk pribumi asli & merampas tanah pribumi amerika/australia/kanada
setelah sukses genosida ,langsung bule2 eropa berbondong2 pindah ke tanah rampasan & ngesex membuat keturunan
bule2 domba kulit putih yg ada di amerika/australia/kanada skrg itu semuanya keturunan tukang genosida & perampas tanah

kalian bajingan bule domba paok kulit putih yg di amerika/australia/kanada akan selamanya diremehkan !!!

karena kalian bule domba kulit putih paok yg skrg di amerika/australia/kanada adalah keturunan tukang genosida perampas tanah


Yang jadi pertanyaan itu terutama bagi Indonesia, apakah akan berakibat menaikkan ataukah menurunkan harga minyak dunia?

Itu. emoticon-Cool
Ada yg bela seukuwah.. Eh tapi kan shia bukan i...
amerika memang pengecut beraninya main sanksi, ngajak perang pun main keroyokan emoticon-fuck
Balasan post kutil75
Quote:


by one pun memangnya ada yg bisa memang/berani lawan amerika?

arab pun pernah keroyok israel,kalah pula..
Balasan post beritafilistin
jangan jumawa..by one dengan china atau rusia,amerika belon tentu menang emoticon-Ngakak
arab mending keroyok israel, karena alustista nya ketinggalan banding isroil
nah ini amerika yg punya segala galanya....lawan irak nya saddam aja masih minta keroyokan emoticon-Cape deeehh

Quote:


basi tod basi....

otak mu perlu di upgrade...

emoticon-Wkwkwk
Balasan post beritafilistin
Quote:


yah kalau sdh terpaksa perang mau gau jadi berani gan.
Balasan post kutil75
Quote:


sapa bilang gan alustita arab ketinggalan sata ngeroyok israel?emoticon-Embarrassment
Balasan post beritafilistin
maksud ane, untuk arab sebagian besar masih peninggalan ww2 sementara walau di pihak isroil juga banyak peninggalan ww2 tapi sebagian besar sudah dimodernisasi besar besaran
Balasan post kutil75
Quote:


yg mn? pada perang yom kipur,persenjataan mesir dan suriah lbh moderen krn didukung senjata muktahir soviet,terutama rudal SAM.

perang 6 hari juga persenjataan israel kalah moderen,pakai pesawat2 hibah dr inggris dan prancis,tp pilot2 israel yg byk veteran dr perang dunia mampu memaksimalkan kelincahan pesawat2 mereka yg seadanya

dan juga dari israel merdeka sampai selesai perang 6 hari mereka kesulitan dpt senjata krn byk yg boikot mereka,bahkan mereka pernah pakai senjata bekas NAZI. saat itu amerika menjual senjata ke arab,tp ga mau jual senjata ke israel

tiga kali israel dikeroyok arab,dua kali pertempuran terakhir persenjataan mereka ketinggalan dari arab,yg perang kemerdekaan israel saya kurang tau


Diubah oleh beritafilistin
Tapi sekarang coba zionis serang Hizbullah atau Iran langsung, mikir seribu kali. Proxy zionis di Iraq dan suriah rontok. Resistensi bulan sabit makin kuat.
periode trump sekarang payah, ngga ada perang2nya. bakalan sepi deh genre film perang 5 th kedepan. emoticon-Blue Guy Bata (L)

yang ada paling nanti kisah nyata tentang operation jaga wall mexico emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
kalau sudah puluhan tahun kena sanksi, puluhan tahun hidup susah demi republik islam dan demi imam besar. pastinya sanksi ini akan terlalui tanpa bikin bubar negara.
Quote:


Yah coba aja kalo lastcar elu bilang itu keluar dari persembunyiannya(gak pake human shield), baru dah serang langsung emoticon-Wkwkwk

Eh tapi berani gk tuh perang ga pake human shield emoticon-Wkwkwk
Balasan post beritafilistin
Quote:


Ane heran kenapa pelajaran sejarahya pendukung zionis dimana-mana gak pernah maju2 ke tahun 2000 dan 2006... emoticon-Leh Uga

Hezbollah defeated Israel



How Hezbollah Defeated Israel

https://www.counterpunch.org/2006/10...feated-israel/

https://www.counterpunch.org/2006/10...ated-israel-2/

A Disciplined Hezbollah Surprises Israel With Its Training, Tactics and Weapons

https://www.nytimes.com/2006/08/07/w...hezbollah.html

http://www.conflictsforum.org/2006/h...feated-israel/


Atau mungkin ente berpikir kalau Hizbullah isinya bukan orang2 Arab dan cuma milisi non-negara? emoticon-Leh Uga
Diubah oleh pafor2407
Balasan post pafor2407
Quote:



saya lg nulis tentang perang keroyokan arab nyerang israel


apa hubungan nya dengan hizbolah?

napsu gede tp salah sasaran..menyedihkan
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di