alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Jokowi Minta Dana Desa untuk Inovasi, Tak Cuma Infrastruktur
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5be17d115a516369248b4569/jokowi-minta-dana-desa-untuk-inovasi-tak-cuma-infrastruktur

Jokowi Minta Dana Desa untuk Inovasi, Tak Cuma Infrastruktur

Jokowi Minta Dana Desa untuk Inovasi, Tak Cuma Infrastruktur
4 Tahun Program Dana Desa Jokowi

Dalam sosialisasi dana desa kepada sejumlah kepala desa serta pendamping desa kawasan Serpong, Tangerang Selatan. Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap dana desa digunakan tepat sasaran. "Kami ingin dana desa tidak hanya urusan infrastruktur saja, tapi ke pemberdayaan ekonomi masyarakat desa, menggeser 'grek' masuk ke pemberdayaan ekonomi dan inovasi desa," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan Program Dana Desa yang telah dijalankan oleh pemerintah selama 4 tahun merupakan bentuk perhatian pemerintah kepada desa. Hingga sudah Rp 187 triliun digelontorkan pemerintah untuk pembangunan desa di seluruh Tanah Air.

Dengan adanya Dana Desa, kata Jokowi, angka kemiskinan di desa menurun dua kali lipat dibandingkan di kota. Setidaknya 1,2 juta penduduk di desa sudah berhasil dientaskan dari kemiskinan. "Stunting juga turun dari 37 persen jadi 30 persen. Ini penurunan sangat tajam," katanya.

Selama ini, dana desa memang difokuskan pada peningkatan infrastruktur desa. Sekitar 95 ribu kilometer jalan dan 914 jembatan dibangun di Indonesia dari dana desa. Sekitar 2.200 perahu bagi warga desa dekat laut. Sejumlah 22.000 KK juga telah mendapat akses air.

Tak hanya itu, dana desa juga membantu mengurangi tingkat stunting atau kekurangan gizi anak. Dana desa diharapkan dapat mengembangkan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di setiap desa. Sehingga, kualitas generasi mendatang semakin baik. PAUD yang dibangun 14.000 unit, Polindes sebanyak 4.100 unit, dan pasar desa sebanyak 3.100 unit.

Jokowi mengajak semua pihak terutama para pendamping desa untuk terus mendampingi dana desa ini sehingga penggunaannya tepat sasaran dan memberikan manfaat yang baik bagi masyarakat yang ada di desa.

Spoiler for Sumber Berita:


alhamdulillah, semoga programnya terus jalan, 
emoticon-Salamanemoticon-Salamanemoticon-Salaman
tipuan baru penyemangat cebong


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di