alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
BI Sebut Defisit Transaksi Berjalan Tak Masalah, Sejarahnya Hanya Satu Kali Surplus
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5be171d098e31bdf558b4576/bi-sebut-defisit-transaksi-berjalan-tak-masalah-sejarahnya-hanya-satu-kali-surplus

BI Sebut Defisit Transaksi Berjalan Tak Masalah, Sejarahnya Hanya Satu Kali Surplus

Jakarta - Ekonomi Indonesia masih mengalami permasalahan yang tak kunjung selesai yakni defisit transaksi berjalan (current account deficit/CAD). Namun Bank Indonesia (BI) menilai defisit transaksi berjalan tak masalah asalkan ekonomi terus tumbuh dan masuknya dana asing.

Deputi Gubernur BI Dody Budi Waluyo menilai defisit transaksi berjalan Indonesia masih dalam batas wajar yakni di kisaran 2,5-3% terhadap PDB. Menurutnya kebanyakan dari negara berkembang masih mengalami defisit di level itu.

"Kalau lihat satu angka di bawah yang healthy itu sebenarnya tidak masalah defisit, selama ekonomi terus meningkat," ujarnya dalam cara diskusi di Hotel Pullman, Jakarta, Selasa (6/11/2018).

Menurutnya ekonomi Indonesia selama ini juga tumbuh diiringi dengan defisit transaksi berjalan. Dalam sejarahnya hanya satu kali terjadi surplus transaksi berjalan yakni pada saat krisis 1998.

Namun saat itu neraca dagang RI suplus lebih karena anjloknya angka impor yang melebih penurunan ekspor. Sehingga catatan itu menurutnya justru tidak sehat.

Defisit transaksi berjalan juga sebenarnya masih aman asalkan ada dana asing yang masuk ke dalam negeri. Sayangnya dalan 7-8 bulan kemarin terjadi keluarnya arus modal asing.

Baca juga: Arus Modal Asing Balik Lagi, Rupiah Makin Kuat

Meski begitu pemerintah tetap harus berupaya menekan defisit. Salah satunya dengan mencari cara menekan defisit perdagangan migas.

Pada Agustus 2018 neraca dagang non migas surplus US$ 630 juta. Sayangnya terjadi defisit dari neraca dagang migas sebesar US$ 1,6 miliar sehingga terjadi defisit US$ 1,02 miliar.

Cara lainnya, menurut Dody dengan mendorong sektor pariwisata. Dengan begitu diharapkan akan masuk devisa dari banyaknya kunjungan turis asing.

sumber https://finance.detik.com/berita-eko...k-masalah-asal
semoga nastak nasbung mengerti makna yang mendalam di berita ini.


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di