alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Ini Strategi Satlantas Bima Agar Masyarakat Tertib Berlalulintas
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5be162dc12e257cc388b4567/ini-strategi-satlantas-bima-agar-masyarakat-tertib-berlalulintas

Ini Strategi Satlantas Bima Agar Masyarakat Tertib Berlalulintas

Ini Strategi Satlantas Bima Agar Masyarakat Tertib Berlalulintas

Operasi Tertib Lalulintas digelar jajaran Polri secara serentak di Indonesia dengan sandi Operasi Zebra, 1-14 November 2018.

Jajaran Satlantas Polres Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB), melaksanakannya dengan cara yang edukatif dan inovatif.

"Kita lakukan di wilayah Bima dengan pendekatan edukatif, sehingga razia tidak terkesan menakutkan," kata Kasatlantas Polres Bima, IPTU Putu Gde Caka SIK.

Dalam Operasi Zebra Gatarin di wilayah NTB, Satlantas Polres Bima tidak hanya melakukan razia di jalan utama.

Satlantas juga menggelar razia ini di tiap Kecamatan yang ada di Kabupaten Bima dengan melibatkan jajaran Polsek di Kecamatan terkait.

Selain memeriksa kelengkapan surat seperti SIM dan STNK, para Polantas juga mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menggunakan helm untuk pengendara roda dua, dan sabuk pengaman untuk roda empat.

Pengendara motor yang masih bandel memaksakan berboncengan tiga orang, menggunakan handphone saat berkendara, juga tak luput dari sasaran razia.

"Pengendara sepeda motor yang masih anak-anak di bawah usia juga kita atensi," katanya.

Seperti juga yang dilakukan dalam razia di depan Polsek Belo dan Polsek Monta, Satlantas Bima memberi edukasi dan sosialisasi pada para pengendara yang terjaring razia.

Menurut Putu, dari ratusan pengendara sepeda motor yang terjaring, ada sebanyak 20 orang yang ditindak dengan tilang, lantaran tidak memiliki SIM, tak membawa STNK, dan juga tidak mengenakan helm.

Putu mengatakan, razia operasi zebra di Bima dilakukan di tiap Kecamatan agar menjangkau lebih banyak masyarakat pengguna kendaraan.

"Tujuannya agar kesadaran tertib berlalulintas ini bisa lebih meluas. Jadi jangan hanya di jalan utama saja masyarakat tertib, tapi abai di jalur-jalur sepi," katanya.

Sebab, kata dia, keselamatan berkendara itu harus dijaga selama berkendara. Kecelakaan lalulintas bisa menimpa siapa saja dimana saja, tapi kalau pengendara sudah lengkap safety maka dampak lakalantas bisa diminimalisir.

Razia di Kecamatan itu, menurut Putu, juga mendukung program Korlantas Mabes Polri tentang Program Kampung Tertib Berlalulintas.

Post ini telah dihapus oleh azhuramasda


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di