alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Perusahaan yang memproduksi chicken nuggets tanpa menyembelih ayam
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5be154c0925233906b8b4569/perusahaan-yang-memproduksi-chicken-nuggets-tanpa-menyembelih-ayam

Perusahaan yang memproduksi chicken nuggets tanpa menyembelih ayam

Perusahaan yang memproduksi chicken nuggets tanpa menyembelih ayam

Regan Morris & James CookBBC News, San Francisco

28 Oktober 2018


Perusahaan yang memproduksi chicken nuggets tanpa menyembelih ayam

Hak atas fotoGETTY IMAGESImage captionMiliaran ekor ayam disembelih tiap tahun untuk dikonsumsi, apakah ini bisa berkelanjutan?

Pada tahun 1931, seorang politisi Inggris yang kemudian menjadi perdana menteri, Winston Churchill memperkirakan bahwa suatu hari manusia dapat "melepaskan diri dari hal mustahil memelihara seekor ayam hanya untuk memakan sayap atau dadanya, dengan cara membiakkan bagian-bagian ini secara terpisah dengan cara yang cocok".

Delapan puluh tujuh tahun kemudian, hal itu menjadi kenyataan seperti yang kami temukan di Just, sebuah perusahaan makanan di San Fransisco di mana kami merasakan potongan daging ayam atau chicken nuggets yang berasal dari hanya sel sayap unggas ini.


Ayam - yang selnya digunakan - masih hidup, dan berkeliaran di sebuah peternakan tidak jauh dari laboratorium.

Daging ini jangan disamakan dengan burgervegeratarian atau yang berasal dari tumbuhan atau produk pengganti daging lainnya yang semakin digemari di toko serba ada.

Tidak, ini adalah daging ayam asli namun dibuat dari sel unggas. Proses ini juga disebut daging budi daya, sintetis, in-vitro, hasil laboratorioum atau bahkan daging "bersih".

Perusahaan yang memproduksi chicken nuggets tanpa menyembelih ayam

Hak atas fotoGETTY IMAGESImage caption"Jadi kita pada dasarnya dapat mengembangkan daging apapun, unggas ataupun ikan langsung dari sel binatang itu," kata Dr Valeti.

Hanya diperlukan dua hari untuk menghasilkan chicken nuggets di sebuah reaktor bio kecil, dengan menggunakan protein untuk mengembangkan sel.

Hasilnya masih belum dijual dimanapun tetapi pimpinan Just, Josh Tetrick mengatakan daging ini akan menjadi bagian dari menu sejumlah rumah makan pada akhir tahun ini.

"Kami membuat produk seperti telur, es krim, mentega dari tanaman dan kami membuat daging dari daging. Tetapi Anda tidak perlu membunuh binatangnya," kata Tetrick.

Perusahaan yang memproduksi chicken nuggets tanpa menyembelih ayam

Image captionPermintaan akan daging terus meningkat di dunia.

Kami dipersilahkan untuk mencoba dan hasilnya menakjubkan. Kulitnya garing dan dagingnya enak meskipun tekstur bagian dalamnya agak lebih halus dari pada nuggets di gerai makanan cepat saji McDonalds atau KFC, misalnya.

Tetrick dan wiraswastawan lain yang membuat daging seluler mengatakan mereka ingin berhenti menyembelih binatang dan melindungi lingkungan dari pengrusakan peternakan pabrik industri.


PBB menyatakan memelihara binatang untuk dimakan adalah salah satu penyebab utama pemanasan bumi dan polusi udara dan air.

70 miliar binatang dikonsumsi

Bahkan meskipun industri ternak konvensional berusaha menjadi lebih efisien dan ramah lingkungan, banyak pihak meragukan apakah mereka dapat bersaing dengan peningkatan permintaan dunia akan protein.

Sekitar 70 miliar binatang disembelih setiap tahunnya untuk dikonsumsi tujuh milar jiwa, kata Dr Uma Valeti, ahli jantung pendiri Memphis Meat di California, AS, sebuah perusahaan daging dari sel terkemuka.

Perusahaan yang memproduksi chicken nuggets tanpa menyembelih ayam

Hak atas fotoGETTY IMAGES

Dia mengatakan permintaan dunia akan daging berlipat dua karena semakin banyak orang yang terentas dari kemiskinan dan dunia tidak akan mampu menghasilkan ternak yang cukup untuk memenuhi kebutuhan sembilan miliar orang pada tahun 2050.

"Jadi kita pada dasarnya dapat mengembangkan daging apapun, unggas ataupun ikan langsung dari sel binatang itu," kata Dr Valeti. "Saya pikir kemungkinannya jauh lebih besar dari pada seiris roti."

Banyak orang Amerika mengatakan mereka memakan lebih sedikit daging tetapi data Kementerian Pertanian AS (USDA) menyatakan rata-rata konsumen masih tetap akan mengkonsumsi lebih dari 100 kg daging merah dan unggas tahun ini - lebih banyak sekitar 9.000 gram dari pada tahun 1970-an.

Perusahaan yang memproduksi chicken nuggets tanpa menyembelih ayam

Hak atas fotoGETTY IMAGESImage captionKita menyembelih 70 miliar binatang setiap tahunnya untuk memberi makan tujuh milar orang, kata seorang pengamat.

Perintis pertanian seluler adalah ilmuwan Belanda, Mark Post. Hamburger hasil laboratorium pertamanya dipanggang pada tahun 2013 dengan biaya US$300.000 atau Rp4,5 miliar.

Tidak ada satu perusahaanpun telah menghasilkan hal ini dalam skala produksi agar dapat menyediakan daging dari sel secara komersial, tetapi Post memperkirakan jika dia mulai memproduksi burger secara massal, dia dapat menjadikan biaya pembuatan menjadi sekitar US$10 atau Rp152.000 per satu burger.

"Itu tentunya masih terlalu mahal," katanya.


Jika Just mampu menghasilkan chicken nuggetsdalam jumlah yang cukup untuk dijual tahun ini, kemungkinan besar tetap tidak akan dihidangkan di rumah makan AS karena pemerintah masih belum memutuskan langkah selanjutnya.

Sebagian besar makanan di Amerika diatur Badan Makanan dan Obat (FDA). Tetapi sebagian - terutama daging ternak konvensional - diatur oleh USDA. Jadi jika Anda membeli pizza beku di AS, USDA menangani pizza pepreronidan FDA mengawasi pizza keju.

"Kami berbicara dengan sejumlah negara di Asia dan Eropa," kata Terick. "Terjadi ketidakjelasan" terkait dengan aturan di AS saat USDA dan FDA melakukan rapat terbuka, katanya.

Perusahaan yang memproduksi chicken nuggets tanpa menyembelih ayam

Hak atas fotoAFP GETTY

"Saya pikir sejumlah negara ingin menjadi pelopor terkait hal ini. Apakah itu tentang kelangkaan pangan, keberlangsungan atau mereka sebenarnya hanya ingin menciptakan sistem ekonomi baru, mereka ingin mengawali hal ini," kata Tetrick.

Tetapi tujuan akhirnya adalah mengeluarkan daging seluler dari laboratorium ke pabrik besar.

Terdapat puluhan perusahaan yang berkecimpung di bidang ini dan mereka menarik perhatian para pemodal tidak hanya dari Silicon Valley. Miliarder Amerika, Bill Gates dan Richard Branson dari Inggris merupakan bagian dari kelompok orang yang telah menanam modal pada teknologi ini.

Produk ini ternyata juga mendapat dukungan Tyson Foods yang telah menanam dana di Memphis Meats.

Tyson adalah pemroses daging terbesar AS lewat pengolahan sekitar 424.000 ekor babi, 130.000 sapi dan 35 juta ekor ayam setiap minggunya. Jadi mengapa mereka melakukan investasi di daging seluler?

Daging tanpa penyembelihan

Perusahaan tersebut memutuskan "untuk beralih dari sebuah perusahaan daging menjadi perusahaan protein," kata Tom Mastrobuoni, direktur keuangan perusahaan modal ventura Tyson, Tyson Ventures.

"Secara sengaja kami memutuskan menjadi perusahaan protein terbesar," tambahnya.

Teknologi canggih Silicon Valley kemungkinan bisa disamakan dengan kebebasan semangat berbisnis AS, tetapi Amerika tetaplah sebuah negara dengan tradisi yang kuat.

The Cattlemen's Association memiliki pengaruh yang kuat dan cowboy adalah sebuah simbol yang paling diacu dan diromantisir dalam sejarah Amerika.

Karena itulah peternak di Amerika memperdebatkan cara pemasaran produk baru ini - sebagai daging bersih, daging seluler, daging tanpa penyembelihan, protein etis, atau hanya daging?

Di peternakan mereka di Ozarks, pegunungan merentang dari Missouri sampai ke Arkansas, Kalena dan Billy Bruce sedang memberikan makan sapi Angus hitamnya, dengan dibantu anak perempuannya, Willa, yang berumur empat tahun.

Perusahaan yang memproduksi chicken nuggets tanpa menyembelih ayam

Image captionKalena dan Billy Bruce, serta Willa.

"Saya pikir produk itu perlu dilabel dengan tepat - protein hasil laboratorium," kata Billy Bruce. "Saat saya memikirkan daging, saya membayangkan apa yang ada di belakang saya, binatang hidup yang bernafas," tambahnya.

Negara bagian Missouri sepakat. Atas desakan para peternak, peraturan menyatakan label daging hanyalah untuk produk ternak.

"Jika dilihat dari keterbukaan bagi konsumen, agar mereka mengetahui apa yang mereka beli dan berikan untuk keluarga, kami pikir hal ini perlu dinamakan secara berbeda," kata Kalena Bruce.

Lia Biondo, direktur kebijakan asosiasi Peternak AS yang bermarkas di Washington DC memperkirakan hukum Missouri ini akan ditiru negara-negara bagian lain.

"Kami akan membiarkan perusahaan-perusahaan itu memutuskan penamaan produk mereka selama tidak mereka tidak menamakannya daging sapi atau daging," kata Biondo.


Tetapi apakah orang akan benar-benar memakannya, terutama di sini di negara peternakan?

Orang-orang di Lamberts, sebuah rumah makan tradisional di Ozarks, Missouri tidak terlalu yakin.

"Daging harus berasal dari peternakan, lahan peternakan," kata Jerry Kimrey. seorang pekerja bangunan dari Lebanon, Missouri.

Makanan Frankenstein

Ashley Pospisil, seorang guru yang juga berasal dari Lebanon mengatakan dirinya tidak ingin memakan daging dari sel.

"Saya ingin mengetahui dari mana asalnya, apakah alamiah ataukah hasil pemrosesan di laboratorioum," katanya.

Perusahaan yang memproduksi chicken nuggets tanpa menyembelih ayam

Hak atas fotoSCIENCE PHOTO LIBRARYImage caption"Orang (pernah) mengatakan bohlam berasal dari Setan...(Tetapi pada akhirnya) kemanusiaan dapat merangkul hal baru," kata Tetrick.

Linda Hilburn, yang membeli steak (sapi) sebelum pulang ke Guthrie, Oklahoma setuju.

"Pertama-tama, saya lebih suka jika (dagingnya) berasal dari sesuatu dengan empat kaki," katanya.

"Ada sesuatu yang menakutkan terkait dengan buatan manusia. Kita telah menciptakan kekacauan disini. Saya lebih menyukai ciptaan Tuhan."

Hilburn bukanlah satu-satunya orang yang mengkhawatirkan "makanan Frankenstein", julukan yang dipakai para pengkritik.

Tetapi Josh Tetrick menegaskan daging asal sel sama sekali bebas kebanyakan penyakit binatang yang melanda produksi daging tradisional.

Dan dia bertaruh bahwa pengalaman akan membuat manusia menghargai kemajuan.

"Pada akhirnya apakah Anda membicarakan perpindahan dari mengambil es atau lemari pendingin, menyembelih paus atau menyuling minyak menjadi minyak tanah dan pindah dari minyak tanah ke bohlam...meskipun orang (pernah) mengatakan bohlam adalah aliran Setan...(pada akhirnya) kemanusiaan dapat merangkul hal baru.

"Ini selalu terjadi dan jika saya harus bertaruh, itu juga akan terjadi dengan hal ini."

https://www.bbc.com/indonesia/majalah-45990573

Apakah anda berminat mau makan
Diubah oleh lostcg
Sumanto seneng deh

Perusahaan yang memproduksi chicken nuggets tanpa menyembelih ayam
habis dimakan


selnya berkembang di perut



waduhemoticon-Swiss emoticon-Swiss emoticon-Swiss emoticon-Swiss
kira2 bakal masuk ke sini nggak ya
pasti propaganda vegan emoticon-Goyang
Pake racun apa biar ayamnya mati?
bakal ada yang tanya halal nggak


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di