alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Merasa Salah Jurusan, Apa yang Harus Dilakukan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5be1136aded770545f8b4568/merasa-salah-jurusan-apa-yang-harus-dilakukan

Merasa Salah Jurusan, Apa yang Harus Dilakukan

Merasa Salah Jurusan, Apa yang Harus Dilakukan

Teman atau bahkan diri Anda sendiri mungkin pernah mengeluh soal kesalahan memilih jurusan saat kuliah. Merasa salah jurusan ternyata sangat umum dirasakan oleh mahasiswa setelah melalui semester awal kuliah. Mahasiswa seringkali merasa tidak cocok menjalani mata kuliah yang ada pada jurusannya. Beberapa orang memiliki keberanian untuk memulai lagi kuliah dari awal. Sementara banyak lainnya mencoba bertahan dan menyelesaikan kuliah hingga lulus dan berkarir di bidang yang tidak disukainya. Lantas langkah apa saja yang bisa Anda lakukan saat merasa salah jurusan? Berikut ulasannya.  
1. Cari pengalaman yang sesuai
Saat Anda merasa salah jurusan, cobalah menambah pengalaman dengan magang dan berorganisasi di bidang yang Anda minati. Semisal Anda memiliki ketidakcocokan dengan jurusan yang sedang dijalani, Anda bisa mencari pengalaman yang sesuai dalam organisasi kampus ataupun perusahaan yang membuka lowongan magang. Pengalaman menjadi nilai tambah untuk CV Anda saat nanti melamar pekerjaan yang tidak sesuai dengan jurusan.
2. Membekali diri dengan kemampuan yang relevan
Skill atau kemampuan adalah hal yang penting. Berkaitan dengan pengalaman, Anda harus menunjukkan bahwa diri Anda memiliki kekuatan di bidang tersebut. Saat melamar pekerjaan, Anda bisa menunjukkan hal-hal yang dapat Anda capai dari pengalaman yang telah Anda jalani.
3. Perluas jaringan di bidang yang ingin kamu tekuni
Jika Anda ingin bekerja di bidang yang tidak sesuai dengan jurusan, maka Anda harus mulai menjalin pertemanan dan meluaskan jaringan pertemanan dengan orang-orang yang sesuai dengan bidang yang Anda sukai. Bagaimana caranya? Anda bisa menghadiri berbagai kegiatan diluar kampus seperti acara meetup, workshop, atau kompetisi yang berhubungan dengan bidang yang Anda minati. Mengikuti beragam kegiatan ini, dapat mempertemukan Anda dengan teman-teman maupun ahli di bidangnya sehingga Anda bisa memiliki akses untuk mempelajari dan mempunyai banyak kesempatan untuk mengembangkan potensi yang Anda miliki.
4. Tetap semangat dan ingat perjuangan Anda sejak awal
Salah jurusan seringkali membuat Anda tidak semangat menjalani kuliah. Semakin mendekati akhir masa kuliah, dengan beragam tekanan saat membuat skripsi, terkadang membuat Anda berpikir lagi untuk memulai kuliah sesuai jurusan dari awal. Jangan menyerah, Anda harus berpikir ulang mengenai biaya, dan kesanggupan mengulang mata kuliah yang sesuai dengan minta Anda dari awal, berkuliah dengan mahasiswa yang usianya lebih muda, serta waktu lulus kuliah yang mendekati umur maksimal pelamar berstatus fresh graduate.
5. Mengkolaborasikan minat dengan latar belakang pendidikan yang Anda jalani
Jangan pernah pesimis dengan jurusan yang Anda pilih. Anda harus berpikir kreatif dengan cara menggabungkan manfaat ilmu yang Anda pelajari saat kuliah dengan minat yang Anda miliki.

Meskipun merasa salah mengambil jurusan, Anda tetap harus semangat menjalani pilihan yang sudah Anda buat. Jangan pernah menyesal, karena pasti ada jalan untuk meraih yang Anda impikan. Dalam dunia kerja saja, banyak karyawan yang memiliki background yang berbeda dengan background kuliahnya.

Gambar: pixabay
kalo ngerasa salah jurusan,ini tips dari ane :
bilang stop ke supirnya,kasih duit ongkos. lalu nyari angkot yang sesuai jurusan emoticon-Hammer


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di