alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Dunia Kerja & Profesi /
12 tahun setelah lulus kuliah
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5be097c0d9d77003418b456a/12-tahun-setelah-lulus-kuliah

12 tahun setelah lulus kuliah


Yup, perkenalkan gan.. nickname gw oscarwatch.
Dan ini adalah perdana login gw setelah 5 tahun jarang menjamah forum tercinta ini.. dan banyak yang berubah di forum ini, mulai dari pangkat temen gw yang udah jadi almarhum, menu di dashboard gw yang udah berubah… friend list gw yang isinya 133 orang tapi yang muncul Cuma 10 orang.. dan masih banyak lagi..
Dan itu kenyataan karena selama 5 tahun ini saya sibuk bekerja dan Cuma bisa nongkrong di depan computer beberapa menit  doang .. “ ah masa sihhh?? “ yup, online sih online .. tapi tidak segahar dulu yang biasanya mantengin thread orang dan pamer pertamax di page one.. hehe..
Kemana aja 5 tahun ini gan, sampe lu keliatan baru keluar gua??
yup, lima tahun ini sudah gw habisin untuk mengabdikan diri di sebuah dept store , yang kata orang dept store tempat gw kerja merupakan dept store yang high class.
Hmmm.. but I’m not writing abut this dept.store , tapi gw mau cerita mengenai perjalanan dan pengalaman gw bekerja..

12 tahun setelah lulus kuliah
1.     Pengalaman kerja gw apakah sejalan sama jurusan kuliah?
Gw kuliah D3 gan, di sebuah politeknik swasta di kota bengawan.. jurusan yg gw ambil adalah manajemen informatika, yg hasilnya adalah gw tetep ga bisa bahasa pemrograman dan perkomputeran.. hahahaha..
Gw lulus tahun 2006 dan mulai bekerja tahun 2007 di sebuah perusahaan kecil dibidang servis printer , tapi gw disitu jadi marketingnya gan.. sampai tahun 2011 gw memutuskan resign karena beberapa alas an. Di perusahaan tersebut gw sudah diangkat menjadi branch SPV yang handle 3 toko.. keren? Ga juga gan..hehehe
Selanjutnya gw nglamar menjadi operator sebuah perusahaan telekomunikasi, ada 2 lokasi di Indonesia.. satu di Jakarta dan satunya lagi di jogja, gw keterimanya di jogja itu..apa kerjaannya?
Nerima telpon orang complain dan solving some problems. Cuma bertahan selama beberapa bulan aja.. hehehe..
Dan itu menambah keteguhan gw kalau jurusan kuliah yang lu ambil ga mesti sama dengan kerjaan yang lu lamar..( tapi kan memang kebanyakan orang  baru nyadar kalau ga cocok dengan jurusan yg diambil setelah mau lulus ) *ngeles
emoticon-Najis (S)emoticon-Najis (S)emoticon-Najis (S)


2.     Nganggur?
Setelah keluar dari perusahaan telekomunikasi itu gw ga kerja, gw nganggur? Iya , bisa dikatakan begitu… waktu itu ane punya anak satu dan betapa kagetnya pas istri bilang kalau dia hamil muda.. ( bang!!! Mau gw kasih makan apa anak bini gw )but, dari sini gw focus online gan.. erutama kaskus… sedikit-sedikit gw bisa makan dari penghasilan online..


3.     Dan akhirnya!!!
Ga munafik dong gw butuh duit dan penghasilan tetap?? Sampai akhirnya teman gw info kalau ada lowongan di sebuah department store ternama yang akan membuka cabang di kota Solo ..yup, itu tahun 2013. Dengan minimum pendidikan S1 dan mempunyai pengalaman di bidang retail dan fashion.. Gw sempet mau nyerah dang a PD karena gw ga ada di dalam kualifikasi dan persyaratan yg dibutuhkan.. tapi temen gw tetep kasih support  buat gw, karena rejeki tu ga bakalan kemana-mana..
Dan akhirnya gw lolos setelah ngalahin puluhan pelamar SPV waktu itu.. Alhamdulillah yaaa..


4.     Ini yang mau gw share ke agan.
Gw menilai inilah pekerjaan yang sesungguhnya..
Saling bantai, kalau lu goblok yang jadi jongos terus dah lu…
Dimana otak lu harus diputer terussss.. supaya bisnis lu jalan!
Bukannya ngejelekin kerjaan orang lain yaa.. tapi memang begitu kok..

Saya menilai dari system kerja yang begitu tertata rapi, disiplin.. hmmm, wait…
Gw harus tulis yang menarik dong, karena tag line judul gw mengenai kerjaan gw di dept store..hahaha..


5.     Pengalaman kerja di department  store ( real share )
Jadi, biasanya lowongan di sebuah department store itu di share di website resminya atau kalau ada cabang baru biasanya di share di media social. Nah, waktu itu gw taunya dari website resminya.. tapi ada juga yang broadcast mengenai lowongan ini. Enaknya tu kalau buka cabang baru gan.. karena siapa tau beruntung seperti gw ( ga ada pengalaman tapi lolos ujian ).
Nah, gw mau share mengenai new project sebuah dept.store yaa..
Biasanya disitu dibuka lowongan untuk sebua bagian.. dari SA ( sales associate ) , kasir, security, teknisi ..sampai level operation ( tapi biasanya operation ngambil orang lama ).

Nah, untuk bagian selling floor ( penjualan ) itu ada bagian sendiri-sendiri.. kita nyebutnya department, kalau dept.store nya life style ya ada department ladies apparel, mens apparel, toys, cosmetics , dll. Tapi kalau dept. store nya hardware yaa… ada departemen decoration, home linen, hardware, dll ( saya kurang begitu paham dengan yg ini ).
Agan mantapin tuh.. mau department yang apa.. sesuai minat aja kalau menurutku.. tapi kalau kaya gw yaa.. gw kedapatan megang department women apparel dan lingerie ( aneh yaaa.. cowok disuruh handle department cewek) hahaha.. tapi saya banyak belajar dari sini.
 


emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)


Dari situ gw belajar bahwa ternyata bekerja di department  store tu ga mudah, ga semudah lu berantakin barang , padahal lu ga niat beli.. hehehe
dari situ gw belajar bahwa bisnis itu terus berjalan walau itu ada atau ga ada lu. Dan udah ga berasa gw udah 5 tahun kerja di department store( masih seumuran jagung sihhh). Dari gw pertama ngelamar sebagai SPV yang ga tau apa-apa dan sekarang Alhamdulillah gw dipromosikan sebagai team operation yang tentu saja pekerjaan semakin berat dan separuh waktu mu dihabiskan untuk perusahaan.
Dan sisitu juga gw merasakan bagaimana rasanya perusahaan berpindah manajemen, banyak perubahan disana-sini yang bagi kami sangat tidak masuk akal.. dan bagaimana rasanya gw ditinggal resign sama senior-senior gw, padahal ilmu gw disitu masih satu ruas jari.. dan gw merasakan gimana anak buah lu kendor semangatnya karena menyerah dengan kebijakan-kebijakan manajemen yang baru, sedangkan gw ga bisa berbuat apa-apa .
Hum, gw rasa ini tulisan ngelantur dari plot yaaa.. hehe
buat agan-agan kalau enjoy dengan cerita  gw, silahkan comment yaaa..
dan kalau setuju, gw mau share detail mengenai pengalaman 5 tahun gw kerja di department store, suka duka, pengalaman pribadi, curhat  gw mengenai pekerjaan gw itu dan lain-lain..
 
Terimakasih sudah mau membaca
emoticon-Keep Posting Gan
Urutan Terlama
Ceritanya bagus banget bre.

Menjalani sebuah pekerjaan buat ane adalah sebuah amanah. Bukan hanya sekedar mengharapkan gaji semata. Gak munafik lah kita punya kebutuhan dan kebutuhan itu perlu uang.

Tapi kalau cuma materi aja yang kita harapkan kita gak akan pernah belajar kan bree.? Yang paling penting itu kemauan. Selagi mau mencoba semuanya pasti akan mudah. Gagal? Gagal itu cuma sebuah proses.

Sukses terus bree..

emoticon-2 Jempol
Quote:

Amin gan..
Sory masih belajar nulis..
Hehe

Quote:


Apalagi ane bre. Gak bisa nulis juga. emoticon-Leh Uga


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di