alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Female / Wedding & Family /
Need advice - Tinggal Serumah dengan Mertua
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5be0665d98e31b0c108b4567/need-advice---tinggal-serumah-dengan-mertua

Need Advice - Tinggal Serumah dengan Mertua

Assalamualaikum Wr. Wb.

Really need advice dan masukan dari rekan2 kaskuser wedding enthusiast disini.

Gw (anak tunggal) dan istri gw (anak tunggal juga) baru menikah kurang lebih 4 bulanan yang lalu. Istri lebih tua dan sebelum nikah sama gw, dia pernah menikah dan dikaruniai 2 anak cowok.

Masalahnya adalah mertua gw dua2nya udah tua dan sakit2an, bapak mertua sakit ginjal dan seminggu dua kali cuci darah, sementara ibu mertua juga sama, ada komplikasi gula, jantung, dan asma.

Mungkin karena kondisi itu, istri jadi gk tega untuk tinggal terpisah dengan orang tuanya. Jadilah kami sekarang tinggal serumah di rumah yang dulu dibeliin mantan suaminya istri untuk anak2nya.

Yang bikin galau adalah, agan2 disini udah pada tau lah ya...tinggal serumah sama mertua, kita jadi diatur2, sementara gw biasa hidup mandiri jauh dari ortu gw. Beda sama istri gw, sejak kecil gk pernah tinggal terpisah dari ortunya. Pas kuliah juga, istri gw pengen ngekos, tp gk dikasih sama ortunya.

Selain itu juga, prinsip2 yang beda dalam mendidik anak. Gw sama istri pengen tegas, kasih aturan sama anak2, tp ketika gw dan istri kerja, di rumah cuman ada kakek neneknya yang notabene ngemanjain bgt sama cucunya. Jadilah aturan2 yang kami buat jadi susah untuk diterapkan ke anak2.

Gw pengen tinggal terpisah dari mertua, tp melihat kondisi mereka yang sakit2an gitu, jadi susah ngomongnya ke istri.

Gw bener2 butuh masukan saat ini, gimana cara ngomongnya dan perlahan-lahan membangun rumah tangga yang mandiri.
Diubah oleh mischa49
udah harga mati ente ga akan bisa ninggalin rumah itu karena kondisi kesehatan

tinggal bijak2 ente ngasih tau mertua...lewat binik ente aja nyampein unek2 ente

ente harus sabar sebab ga akan mungkin binik ninggalin ortu nya dalam kondisi gitu

wis ga ada saran lain yg logis kayak nya emoticon-Toast
beli rumah atau ngontrak yg deket sama ortu. jd tetap pisah atap tp bisa nengok tiap hari tanpa kesulitan. ane jg gitu, cuma beda 2 rumah ama ortu ane.. istilahnya ngesot aja nyampe. tp ga seatap, jd intensitas intervensi jauh berkurang. trus sediakan juga ART buat ortu, jd ada yg jagain mereka juga.

trus klo ga mau di intervensi pola asuh, ya pilihannya:
1. sediakan baby sitter. yg notabene bisa jagain anak tanpa harus nitip ke ortu. tp pastinya susah nyari baby sitter yg bs lebih "kuat" drpd ortu ts. solusi no 2 tetep lebih utama.
2. istri kerja d rumah (jualan atau produksi sesuatu).

krn mau pindah rumah sekalipun, namanya ibu kerja kantoran itu emang resikonya pasti ada pola asuh yg ga sreg di hati tp dilakukan oleh pengasuhnya (baik itu baby sitter ataupun mungkin ortu or mertua).

dan masalah diatur2.. sebenarnya kekuatan negoisasi si.. apa saja hal yg masih bs ditolerir boleh diatur ortu dan mana yg sama sekali ga boleh.

ortu ane jg sering kok mengintervensi dgn memberikan saran yg semi maksa (klo ga diturutin biasanya rada ngambek). tp dgn skill nego suami.. alhamdulillah sampe saat ini masih baik2 aja. krn ya itu sudah clear apa yg boleh dicampuri dan apa yang engga. jd ketika ortu ngasi saran utk hal yg engga, ya pertama ucapkan makasih dulu, selanjutnya nego utarakan knp tidak mau melakukan itu beserta alasannya.

basicly ortu ngatur itu sebenarnya cm ingin yg terbaik utk anak2nya. tp kadang mereka lupa klo anaknya udah nikah. kadang mereka lupa klo dulu mereka sudah nikah ya tidak diganggu lagi oleh ortu (atau jangan2 dulu mereka mengalami hal yg sama di intervensi jd merasa hal itu wajar). semakin tua itu akan kembali ke anak2. jd harus banyak sabar menghadapi orang tua.

good luck emoticon-Smilie
Nikah baru 4 bulanan sama janda dua anak.
Berarti selama ini sebelum istri nikah sama kamu, anaknya dijagain ortunya donk ketika dia kerja.
Kamu gak usah terlalu ngatur2 anak tiri kamu, karena yg bakal nolak diatur2 pasti mereka.

Atau mengatur anak hanya alasan kamu saja untuk hengkang dari situ? Kalau jadi pindah, kalian sama2 kerja, yg jagain anak2 siapa?
Balasan post cloning.ortillo
Memang selama ini kalo istri kerja ya mertua yang jagain anak2.

Itulah dilemanya, sementara mertua gw tipe mertua yang gk pernah jauh dari anaknya, mungkin karena istri gw anak cewek, satu2nya lagi.

Soal atur mengatur anak2, well, mereka anak gw sekarang, dan Alhamdulillah mereka open kok ke gw, gw ngerasa diterima, jadi gk ada masalah...gw sama istri sejalan kalo soal ngedidik anak2.

Kebutuhan sehari2 mertua gw dan istri yang nanggung, karena mereka gk lagi punya penghasilan, cuman ibu mertua gw karena sifat ngaturnya itu kadang suka overlap.

Mulai dari hal2 kecil seperti barang yang gk terpakai dan dibiarin numpuk di rumah, makanan dan kotoran kucing yang dimana2, sampe hal2 besar kayak pola mendidik anak .

Gw paham idealnya rumah tangga itu ya tinggal terpisah sama orang tua, tp kondisi2 itu yang membuat gw jadi dilema untuk ngomong ke istri.

Kondisi2nya :
1. Mertua sakit, untuk keperluan dan kebutuhan di rumah harus ada yg standby, mungkin ini bisa dihandle sama ART, dan artinya tambahan pengeluaran

2. Istri dan gw sama2 kerja, untuk semua kebutuhan rumah tangga, selama ini gw masih patungan, belum bisa gw semua yg cover...kebutuhan yg urgent itu ya makan sehari2, sekolah dan uang jajan anak, sama obat2an buat mertua. Belom lagi mertua kadang karena udh tua gitu, kadang suka merengut kalo gw jalan cuman berempat sama istri dan anak2, tanpa ngajak mereka.

Keluar rumah dikit, hape istri udh gk berhenti bordering, entah titip inilah itulah, nanyain kapan pulanglah, dsb. Istri gw paham gw bete, tp posisi dia dilematis juga.
Sabar gan..gak usah mikirin yg ideal dulu.
Coba Posisikan mertua spt ortu sendiri. Ambil positifnya aja, merawat mertua itu ibadah lhoo, apalagi udah sakit2an gitu.
Quote:


Wah
Mertua idaman nih emoticon-Malu (S)
sakit ginjal sih udah ga bisa ditinggal2 gan.. Apalagi ibu mertua ada komplikasi gula..


Sorry to say, tinggul tunggu waktu aja.. Pengobatannya sih mahal ampun2 kalo cuci darah..

Mau bpjs pun, ttp.mahal
Quote:


Itulah gan, posisi gw sama istri sekarang bisa dibilang kejepit. Susah mau gerak kemana2, sementara anak gw lagi periode emas, anak yang gede kelas 5 SD, itu masa-masanya belajar disiplin, dan adeknya kelas 1 SD, masa ingin tahunya lagi gede-gedenya. Jadi perhatian kami harus terbagi ke dua hal yang sama pentingnya, itu yang bikin gw pusing emoticon-Bingung
Cari kontrakan deket mertua aj
Punya teritorial sendiri, tapi tetap bisa ngunjungin mereka setiap hari.
Istri n cucu jg bisa nginep di mertua klo mereka lg minta ditemenin.

Klo bisa jangan jauh2 de sakitnya parah gt, anak cm satu2nya..
Jgn sampe bikin istri nanti sangat menyesal pas waktu orangtuanya habis dia ga bs nemenin n bikin sedih ortu disisa waktu terakhir
Diubah oleh sella91
Quote:


Sepertinya akan begitu, insya Allah...tinggal ngomong ke istri pelan-pelan

Quote:


Sewa suster yg bisa dipercaya juga bwt jaga mertua.
sori bro kalo gw blak2an
tp lebih baik ente sabar aja
kalo udah kaya gitu, biasanya gak lama lagi
mengalah untuk menang
Hilangin deh sikap egois ente. Masa tega nyuruh istri ninggalin kedua ortunya yang udah sakit2an? Kapan lagi istri agan bisa membalas jasa ortu kalau nggak sekarang??? Nggak sanggup ngebayangin kalau mereka ditinggal berdua, trus meninggal dalam kesendirian. Seperti berita sepasang suami istri yang meninggal tanpa diketahui siapapun, sampai mayat mereka membusuk. Emang hukum alam gan, kita harus bisa menahan ego diri sendiri demi orang tua. Jangan sampe hal yg sama terjadi pada kita saat tua nanti. Anak2 nggak ada yg mau mengurus kita yang udah tua dan sakit2an, mereka lebih memilih hidup bebas dan mandiri tanpa memikirkan kita. Jangan sampe... semoga kita selalu bisa berbakti kepada orag tua sampai akhir hayat merekaemoticon-angel
Diubah oleh madonnastyle
sampein pelan pelan ke istri maunya ente. biar dia sampein ke ortunya. yang pasti smpe nanti ente wajib tinggal sm mereka. anggap mereka ortu sendirilah


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di