alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Melek Hukum /
Apakah surat perjanjian tunangan tulis tangan dan bermaterai itu sah di mata hukum?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5be05cfddc06bd19588b4567/apakah-surat-perjanjian-tunangan-tulis-tangan-dan-bermaterai-itu-sah-di-mata-hukum

Apakah surat perjanjian tunangan tulis tangan dan bermaterai itu sah di mata hukum?

Maaf gan, ane ada pertanyaan yang agak ngeganjel nih,

Apakah surat perjanjian tunangan tulis tangan dan bermaterai itu sah d mata hukum?

Mohon pencerahannya gan
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Quote:


Mau diketik atau tulis tangan, selagi memenuhi ketentuan 1320KUHPerdata, sah aja sih, yg mana antara lain:
1. Adanya kesepakatan.
2. Cakap hukum. (Seperti udah dewasa)
3. Obyek tertentu. (Yg diperjanjikan jelas)
4. Causa yg halal. (Tidak bertentangan dg hukum).
Balasan post bobbafett
Maksud dari cakap hukum itu gimana?
Maaf saya orang awam d bidang hukum
Quote:


Udah dewasa.
cakap yak keren emoticon-Cool
beken hukum gituh emoticon-Bingung (S) kasih surat baca bentar langsung tanda tangan,
klo ada yg ngeganjel langsung tolak.
yg cakap gitu lho gan, masa gak taw cakap sih ?
Quote:


Quote:


Quote:


materai / ga materai suatu dokumen sebenernya ga terlalu ngaruh sama sifat pembuktiannya . tetep bisa diajuin ke pengadilan sebagai alat bukti kok kalo ada sengketa. bedanya di administrasi aja entar kalo di pengadilan.

Dewasa ada banyak UU PERDATA 21tahun; UU Perkimpoian L: 18tahun P:16 Tahun; Pidana Anak: 18 Tahun. rata-rata undang undang kita kebanyakan 18 tahun dikategorikan dewasa.

Semua Dewasa belum tentu cakap hukum. (Pemboros, Hilang Kesadaran, atau ditunjuk/dianggap pengadilan kalo Subjek Hukum tersebut tidak cakap hukum)

Khitbah/Pelamaran/peminangan atau bahasa gaulnya "tunangan" tetep harus ikuti syarat UU perkimpoian. Kalau islam liat Kompilasi Hukum Islam.

NB : UU perkimpoian indonesia belum update perihal pertunangan
Diubah oleh cheetosboy
Quote:


Quote:


Quote:


Maaf agan agan dari ane :

Dalam Burgerlijk Wetboek ( Kitab Undang Undang Hukum Perdata pengertian akta autentik adalah surat yaang ditanda tangani, dan di cap atau di waarmerking, oleh pejabat umum yang berwenang untuk itu, yang ditujukan untuk pembuktian /feit di hadapan persidangan. Berarti kalau hanya ditulis tangan, walaupun dibubuhi materai yang cukup tetap menjadi Akta Dibawah Tangan.
Selanjutnya, cakap melakukan perbuatan hukum yaitu mampu untuk bertindak untuk dan atas nama sendiri melakukan perikatan, dan tindakan hukum lainnya dalam hubungan orang dengan orang (van personnen), dalam hhubungan dengan harta benda (van zaaken) baik dengan pewarisan (testamentoir) maupun dengan penyerah terimaan (levering) dengan perikatan untuk melahirkan perjanjian ( van verbintenissen), maupun dalam hal hal yang membatalkan suatu perikatan dan hukum pembuktian dan daluwarsanya suatu perjanjian ( bewijs en verjaarig) mampu mempertanggung jawabkan dirinya, pemikiran maupun perbuatannya (rangkaian sari kuliah pengantar hukum indonesia, penerbit Mutiara, jakarta, 1988). Kriteria cakap melakukan perbuatan hukum (handelingbekwaamp) disini yaitu :
1. Seorang laki laki atau perempuan yang sudah dewasa menurut hukum (meerderjarig)
2. Tidak cacat jiwanya
3. Tidak berada dibawah perwalian (voegdij)
4. Tidak berada dibawah Pengampuan oleh lembaga pengampu (curatele) dalam hal ketentuan hukum kepailitan (failissement verordeningsrecht) sebagai contrario dari yang tidak cakap melakukan perbuatan hukum yakni :
1. Anak anak dibawah umur (minderjaarig)
2. Orang yang cacat jiwanya, tertekan mentalnya
3. Orang orang yang ditaruh dibawah lembaga perwalian (voegdij) karena selalu berlaku sembrono dan perlu diatur.
4. Curatele atau orang yang ditaruh dibawah lembaga pengampuan (curandus) lantaran pailit (yang dikuatkan dengan putusan(het vonnis) pengadilan niaga)

Demikian untuk maklum. Nih gan cendolnyaemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
Diubah oleh madjoeki
Quote:


Emang yg sah di mata hukum cuma akta otentik? Emang akta dibawah tangan ga sah di mata hukum?
Quote:


Tetap sah kok gan. Cuma kan kekuatan pembuktiannya lebih kuat akta otentik gan. Maaf gan
Quote:


Santai, kan kita diskusi
Quote:


Eheee heee bener si aganemoticon-Malu
Akta di bawah tangan yang diakui isi dan tanda tangannya, memiliki kekuatan pembuktian yang sempurna seperti suatu akta otentik. Jadi, selama tidak disangkal, akta di bawah tangan tadi memiliki kekuatan pembuktian yang sama seperti akta otentik....

Sebenarnya lebih penting ada 2 saksi yang sudah dewasa (ikut tanda-tangan dalam surat) untuk memperkuat pembuktian dan menghindari adanya penyangkalan atas surat perjajian di kemudian hari dari pada materai atau apakah surat itu di tulis tangan atau di ketik...
definisi tunangan itu apa ya gan ? dan apa fungsinya surat perjanjian tunangan tersebut?

kalau janji kimpoi diatur dalam pasal 58 kuhperdata :

Janji k4win tidak menimbulkan hak untuk menuntut di muka Hakim berlangsungnya perk4winan,
juga tidak menimbulkan hak untuk menuntut penggantian biaya, kerugian dan bunga, akibat tidak
dipenuhinya janji itu, semua persetujuan untuk ganti rugi dalam hal ini adalah batal.

Akan tetapi, jika pemberitahuan k4win ini telah diikuti oleh suatu pengumuman,, maka ha! itu dapat
menjadi dasar untuk menuntut penggantian biaya, kerugian dan bunga berdasarkan kerugiankerugian
yang nyata diderita
oleh satu pihak atas barang-barangnya sebagai akibat dan penolakan
pihak yang lain; dalam pada itu tak boleh diperhitungkan soal kehilangan keuntungan. Tuntutan ini
lewat waktu dengan lampaunya waktu delapan belas bulan, terhitung dari pengumuman
perk4winan itu.

kalau yang dimaksud peminangan , KHI pasal 13 ayat 1 :
Pinangan belum menimbulkan akibat hukum dan para pihak bebas memutuskan hubungan peminangan
deleted
Diubah oleh Honos
pacta sun servanda,perjanjian mengikat pihak pihak yang mengadakan


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di