alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Buku /
Resensi Buku: “Dinamika Pendidikan Kristen”,CULLY V. IRIS
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5be03f7a31e2e67e6e8b456a/resensi-buku-dinamika-pendidikan-kristencully-v--iris

Resensi Buku: “Dinamika Pendidikan Kristen”,CULLY V. IRIS

 


Resensi Buku: “Dinamika Pendidikan Kristen”, IRIS V. CULLY, Jakarta: Penerbit BPK Gunung Mulia, Cetakan Pertama, 1985, 173 halaman.
A.    Pendahuluan
Dalam zaman postmodern tentunya banyak sekali hambatan yang mungkin dapat menghalangi cara pandang manusia tentang pentingnya pendidikan. Dikarenakan, dengan adanya teknologi yang semakin canggih membuat segala yang di inginkan serba bisa, walaupun teknologi merupakan sarana dalam berbagai informasi pembelajaran namun sangat di sayangkan apabila kita terkecimpung dalam teknologi dan mengesampingkan pendidikan.
Pendidikan merupakan sarana yang sangat penting dalam mendidik manusia agar dapat mengetahui apa yang belum pernah mereka ketahui, dengan beberapa pola dalam mendidik perlunya kita harus mengetahui tujuan dari pendidikan. Pendidikan sendiri juga mempunyai arti  yaitu proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan yang sesuai prosedur pendidikan itu sendiri.
Dalam buku ini dimana penulis berupaya menjelaskan tentang perkembangan atau pertumbuhan rohani setiap orang Kristen, melalui proses pembelajaran baik itu melalui pendidikan sekolah, Gereja, dan juga Kursus-kursus Alkitab lainnya, dimana dapat menolong orang Kristen dalam menghidupi kehidupan yang berkenan kepada Allah.
Dengan mempelajari buku “Dinamika Pendidikan Kristen” Karya  Iris V. Cully. Memberikan kita pemahaman bahwa pentingnya pendidikan bagi kehidupan kita di zaman yang semakin canggih ini, dengan melihat apakah benar hidup kita sudah berada dalam hidup orang Kristen yang sesungguhnya.  Sangatlah penting untuk melihat akan adanya pendidikan Kristen guna menggenapi tugas dan tanggung jawab yang di berikan oleh Guru Agung kita Yesus Kristus kepada murid-muridnya.

B. Isi Resensi
Pada bagian ini terbagi menjadi 3 bagian utama yang nantinya dapat menggambarkan tentang keberadaan buku yang dibuat yaitu: deskripsi, analisis dan evaluasi isi buku. Berikut akan dipaparkan berkaitan dengan hal tersebut.
1. Deskripsi Buku
Tujuan Penulisan buku ini berangkat dari keprihatinan penulis terhadap beberapa hal diantaranya, dimana ada  masyarakat yang belum memahami betapa pentingnya pendidikan dan menggunakan potensial yang ada pada diri mereka masing-masing sebagai manusia, perlunya kita ketahui bahwa dengan adanya pendidikan dapat menolong kita dalam memahami hal-hal dalam mendidik.
Penulis juga memberikan metode-metode dalam pengajaran yang disertai dengan penggertian dari kata Pendidikan  dan tujuan-tujuan dalam unsur mendidik dalam konteks Alkitabiah, guna memperlengkapi orang Kristen dalam pemahaman akan jalan-jalan Tuhan. Dimana dalam era globalisasi ini tentu banyak sekali hambatan yang terjadi dimana dunia memberikan wacana yang sangat memanjakan manusia sehingga banyak orang Kristen yang telah mengesampingkan kebutuhan rohani dalam diri mereka masing-masing.
Sudut Pandang Buku. Penulis buku mengemukakan pendapatnya tentang Dinamika Pendidikan Kristen berangkat dari sudut pandang education. Sudut pandang education yang dimaksudkan ialah bagaimana cara pandang dan tindakan manusia dalam melaksanakan perintah Tuhan, guna memperbaiki sikap polemik dalam kehidupan orang percaya.
Dasar Berpijak/Acuan Buku. Penulisan buku Dinamika pendidikan Kristen ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam mengembangkan metode pendidikan Kristen. Karena kelompok belajar agama Kristen berpijak pada kebenaran Alkitab yang dimana menjadi landasan dalam kehidupan orang percaya.
Sasaran Penulisan Buku. Penulis berharap keberadaan buku ini dapat memberikan sebuah pemahaman baru bagi mereka yang membacanya. Secara umum diharapkan buku ini dapat dibaca oleh semua orang Kristen atau guru sekolah Kristiani, guna semua orang percaya agar dapat memahami prinsip-prinsip Alkitabiah tentang pendidikan.
Fokus Bidang Isi buku. Buku ini ditulis, dalam bidang yang berkaitan dengan “Pendidikan Agama Kristen. Artinya, segala sesuatu yang berhubungan dengan Pendidikan Agana Kristen dan setiap orang Kristen yang membecanya. Secara khusus orang Kristen dimana mereka berpikir bahwa pentingnya, mendidik orang untuk berjalan dalam Terang Allah sesuai dengan buku pedoman yaitu Alkitab.
Isi Pokok Buku. Penulis dalam menuliskan gagasanya membagi dalam beberapa bagian isi pokok buku yang menghentar pembaca untuk dapat memahami tentang “Dinamika Pendidikan Kristen”. Yaitu : pembaca harus memahami akan pentingnya pendidikan dan juga sekolah, Gereja, konteks pendidikan, pusat proses pendidikan,tujuan pendidikan.
2. Analisis Buku.
Pada bagian analisis buku ini akan dipaparkan tentang keunggulan dan kelemahan buku ditinjau dari isi buku, penyajian buku dan bahasa yang dipergunakan.
a. Analisis Isi Buku
Tujuan penulisan buku dipaparkan cukup baik, walaupun kejelasan belum nampak  dalam pemaparannya. Sasaran yang ingin dicapai sangat baik jelaskan secara oleh penulis. Namun demikian, karena buku ini digunakan sebagai buku panduan dalam memahami proses pendidikan.  Tema buku sangat menarik bahkan menimbulkan sebuah cipta bagi pembaca setelah membaca buku tersebut. Pentingnya buku, buku ini sangat diperlukan bagi umat Kristiani dalam melaksanakan proses belajar mengajar. Asadapun  kelengkapan Informasi, hal-hal yang disampaikan oleh penulis buku sudah cukup lengkap bahkan membawa pembaca untuk dapat merubah cara berpikir pembaca melalui urutan isi pokok buku.
Kelebihan buku ini dibandingkan dengan buku lain, tentunya berada pada sudut pandang yang dipakai oleh penulis. Dalam hal ini sudut pandang yang sangat baik guna berkelangsungan proses pembelajaran.
Kekurangan isi buku, dalam buku “Dinamika Pendidikan Kristen” ini dalam yang menjadi kekurangan dalam buku ini yaitu Struktur dalam pengkalimatan yang kurang baik, dan ada beberapa yang sangat kontrasm kalau di lihat dari sudut Tema besar dalam penguraian buku ini. Hal ini tentunya mempengaruhi cara pandang dari setiap orang yang mengambil bagian dalam pendidikan.
Latar belakang penulis dalam hal ini penulis tidak memberikan Profil lrngkap dari penulis buku tersebut, atau data diri penulis yang lengkap.
 3. Evaluasi Buku
Setelah membaca buku secara keseluruhan, dalam hal ini saya sebagai pembaca sangat tertarik akan buku ini, dimana berguna dalam kelangsungan hidup ini untuk mendedikasikan waktu  dalam proses belajar mengajar, baik itu dilingkungan gereja atau institusi-institusi Kristen lainnya. “Dinamika Pendidikan Kristen” merupakan buku sangat baik dalam melaksanankan metode-metode pembelajaran.
                                               

C. Penutup
 Pendidikan merupakan langkah penting dalam kehidupan ini karena itu pergunakanlah waktu yang ada, untuk mengikuti metode-metode yang Allah inginkan kita kerjakan dalam kehidupan ini. Pendidikan yang sangat  berharga dalah pendidikan dalam kehidupan sehari-hari dimana sikap dan karakteristik kita dibentuk oleh Guru Agung kita Tuhan Yesus Kristus. Karena itu sebagai orang Kristen agar kita tidak meleset dari pendidikan yang bersifat curang dan tidak ada lagi asas-asas kebenaran di dalamnya maka kita harus mendasarkan diri kita pada dasar Firman Allah yang merupakan dasar hidup orang percaya.emoticon-thumbsup


Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di