alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5be038f6d44f9f2c198b4571/ane-bingung

Ane Bingung

Agan agan , ane bingung , lagi kalang kabut banget , mau berhenti kuliah atau nggak ? Ane sebenernya pengen banget kuliah , ane udh semester 6 , sempet cuti 1 semester gara2 nggak punya biaya buat bayaran , uang ane kepake bantu ortu , ane juga udh kerja tp kan tau kan gaji di Indonesia apalagi belum punya s1 sekalipun skill banyak yaa nasibnya apes aja. Ane sampe buka usaha catering but mau dikata apa lagi yaa , ane juga punya ade yg harus ane biayain gara2 dia juga masuk sma swasta. Apa ane berhenti kuliah aja yaa ? 😭😭😭😭
pegangan bre.



Nih ane kasih pundak buat bersandar emoticon-Betty (S)

Jangan berhenti kuliah gan, nanti menyesal loh kalau berhenti....

Pepatah selalu bilang "kepuncak gunung itu banyak rintangan"
Tapi setelah dipuncak ente bisa melihat seberapa luasnya ciptaan-Nya
Diubah oleh o.best
Sayang udah semester 6 bentar lagi lulus. Kalau lulus ente ngelamar kerja bisa dapat gaji lebih bagus ketimbang lulusan sma.

Sementara kuliah, kalau bisa nyetir coba jadi gojek atau grab bagus juga tuh.
Ortu lo sama sekali gak ada penghasilan kah bro? emoticon-Bingung (S)
Atau lo ajari juga adek lo buat cari duit sendiri


Kuliah aja, nanggung. Pasti ada jalannya.
Nanti kedepannya malah nyesel lagi gara gara ga ngelulusin kuliah.
berhenti aja,
ntr klo susah nyari duit lagi ya tinggal menyesali keadaan lagi

beres toh
Trus kalau berenti kuliah
Masalah bisa selesai emoticon-Hammer2

Bentar bentar ketawa dulu Ane Bingung



Lebih baik cari usaha sampingan... Ngojek dagang online kalau punya modal dikit.

Pasti ada jalannya...ajarin adek nya usaha atau bantu kamu usaha. Biar ada tambahan uang


Quote:



Sayang kalo di udahin lho kaka ts. Perjuangan kaka ts sampe semester 6 juga ane rasa gak mudah.
Bantu ortu bukan tiap hari kan?
Saran dari kaka agan ra.due.aran mungkin yang paling pas untuk kondisi kaka ts
Saya sarankan tetap kuliah. Nanggung, udah mayan banyak berjuang keluarin duit,, klo tau dari awal lu berenti mah mending di awal ga usah daftar kuliah. Tapi kan ini udah terlanjur, jadi hargai duit yg sudah u cemplungin ke pendidikan.

Pertama2, minta tolong ke Tuhan. Se sering mungkin. Setiap jam, setiap menit, setiap napas kalo perlu.
Kedua, minta tolong ortu & keluarga. Bilang bahwa ini urgent, kuliah tinggal dikit lagi lulus, mohon kerjasamanya, sama2 bantu minimal bantu mikir gimana cara dapetin uang dikit2 tapi halal.
Ketiga, minta tolong keringanan pembayaran ke kampus & sekolah swasta adekmu itu. Meskipun cuma berkurang dikit, itu sudah membantu.
Keempat, kuat2in fisik dan mental: banting tulang, peras keringat lebih. Ambil kerja sampingan, ngojek ato apa. Ato jual2in barang2mu yg gak kepake, downgrade hape misalnya. Ato sediakan jasa, ketikkan tugas temen ato apa kek. Putar otak, pasti ada aja kesempatan. Jangan malu ato gengsi, kerjakan aja dulu.
Saya gak menyarankan hutang, krn sepertinya kamu gak bakal kuat bayar bunga nya. Jangan sekali2 berhutang kalau menurutmu menyanggupi seluruh pembayaran itu berat. Kalopun kepepeeet banget, pinjamlah uang ke kerabat, minta keringanan, pinjaman yg super lunak tanpa bunga, cicilan perbulan sesanggupnya.
Kuliah lah yg betul. Rajin2 belajar, pahami ilmunya, perbanyak kenalan, baik2 ke dosen. Kalau bisa sih cari kesempatan pindah kerja yg gajinya lebih bagus, tanya aja ke semua kenalanmu, siapatau rejeki.
Semangat... Masih muda, masa depan masih panjang..
Kalau plan A gagal, masih ada 25 huruf lagi. Atur strategi mu baik2..
aduh ane juga binun emoticon-Bingung (S)
Lanjut terus aja gan kuliahnya, udah semester 6.. sebentar lagi kelar itu emoticon-Angkat Beer

Kalo memungkinkan coba ajarin adekmu cari penghasilan sampingan, misalnya jual gorengan atau jadi pramusaji di cafe..

Kalopun adekmu gk bisa bantu cari penghasilan, ya ajarin dia buat lebih hemat aja dan ngertiin keadaan orang tuanya emoticon-coffee
Quote:


Itu doang solusi yg bisa lu pikirin? Cuma nyerah pilihannya?

Ya udah mo bilang apa lagi gw, kuy
lanjutin tinggal bentar lagi itu
cuti lah...selama cuti ambil kerjaan2 sampingan..emoticon-Angkat Beer
secara cepat ane mah saran selesain dulu tu kuliah sembari kerja, sayang lo gan kalau di tinggal kuliahnya
tenaga sama waktu harus dikorbankan lebih
coba freelance jadi spg lumayan sih dpet nya, tpi harus sabar
Muslim kan?
Sholat bre berdoa minta petunjuk ama yg diatas...sholat istiqoroh insyaallah diberikan yg terbaik....
yang sabar bray
Quote:


kalo bukan? Ane Bingung
kuliah dlu bre, tu nambah peluang rejeki lu


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di