alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Janji Hentikan Impor Hanya Utopia, Harus Realistis
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5be02f6512e25710188b4567/janji-hentikan-impor-hanya-utopia-harus-realistis

Janji Hentikan Impor Hanya Utopia, Harus Realistis

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Sekretaris Jenderal PPP Ahmad Baidowi atau Awiek menilai janji yang disampaikan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto yang akan menghentikan impor apabila terpilih hanyalah utopia. Sebab, ia menilai, Indonesia tidak mungkin bisa menghentikan impor.

"Itu utopia, mana mungkin bebas impor. Tidak usah jauh-jauh, apakah Indonesia bisa buat komponen mobil dan membuat kereta api memang tidak impor," kata Awiek di Jakarta, Senin (5/11).

Dia mengatakan untuk masalah pangan, pemerintah bukan tidak mau swasembada. Akan tetapi, persoalannya sangat kompleks, salah satunya pertumbuhan penduduk yang tinggi dan luas lahan pertanian terus menyusut tiap tahunnya.

Hal itu menurut dia karena tingkat perekonomian semakin tinggi dan masyarakat berpindah dari sektor pertanian ke sektor formal. Awiek mencontohkan di kampung halamannya di Banyuwangi, Jawa Timur, dalam 20 tahun terkahir jumlah penduduk naik tiga kali lipat, sementara lahan pertanian menyusut drastis.

"Di kampung saya pada saat saya kecil, satu RT ada 50 KK atau 50 rumah dan luas hektare sawah, puluhan hektare. Sekarang jumlah KK yang dari 50 menjadi 150 KK sementara itu, pertanian sawah tinggal 5 kelompok pertanian yang itu bisa dicap sebagai lahan pertanian," ujarnya.

Contoh itu menurut dia menunjukkan produktivitas pangan Indonesia merosot sehingga kalau tidak impor, bagaimana kita mencukupi kebutuhan pangan seperti beras. Menurut dia yang terpenting pemerintah bisa menjaga neraca ekspor-impor atau surplus ekspor meskipun tidak ada negara yang surplus ekspornya besar karena menjaga hubungan baik dengan negara lain.

"Soal ekspor dan impor itu biasa, seperti kita hidup sehari hari, tidak mungkin menjual terus pasti membeli. Namun bagaimana menjaga pemerintah menjaga neraca ekspor impor, atau surplus di ekspornya," katanya.

Awiek menilai jangan sampai seorang capres membuat janji yang "muluk-muluk" karena bisa terbelenggu dengan janjinya. Karena itu, dia menilai kalau ada yang menjanjikan Indonesia tanpa impor maka itu merupakan janji palsu.

sumber https://www.republika.co.id/berita/n...r-hanya-utopia
Harusnya sedih aja kalau dengar impor emoticon-Hansip
Kakaknya sendiri importir. Uno jg importir. Ini prabocor ngomong ngga prh mikir wkwkwkwkw goblog. Sdh di takdirkan sbg org goblog gagal dlm segala bidang
Diubah oleh vxvxvx
solusi dari sang mahadewa kodok yg kata nastak bloon sangat brilian gmana tuh?


https://amp.kaskus.co.id/thread/54955ff4148b46803f8b4577/jokowi-yang-surplus-beras-kirim-ke-yang-kurang-beras-tak-usah-impor


https://m.detik.com/finance/berita-ekonomi-bisnis/d-2783342/jokowi-yang-surplus-beras-kirim-ke-yang-kurang-beras-tak-usah-impor



https://nasional.kompas.com/read/2016/11/30/16363721/jokowi.saya.kalau.dengar.yang.namanya.impor.sedih.banget


https://nasional.kompas.com/read/2014/07/02/2151345/Jokowi.Petani.Harus.Dimuliakan.Stop.Impor.
Quote:
Mmg enak impor. Apalagi bagi konglomerat yg mendapat hak impor.

Makanya bgt prabowo bilang no import, lgsg kebakaran jenggot
Mafia Impor bakal ketakutan kalo prabowo menjabat presiden..
Siapa yg sedih denger impor emoticon-Mewek
gak joko,gak bowo,sama bae.kampanye isinya gur ndobol ...emoticon-Big Grin
emang wowok pantesnya jd presiden ethiopia emoticon-Ngakak
usia memakan logika, harap maklum


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di