alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Automotive / ... / Kendaraan Roda 4 /
Jangan Malu-maluin Gan, Sudah Paham Fitur Overdrive?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5be0224814088d2f738b4568/jangan-malu-maluin-gan-sudah-paham-fitur-overdrive

Jangan Malu-maluin Gan, Sudah Paham Fitur Overdrive?

Jangan Malu-maluin Gan, Sudah Paham Fitur Overdrive? Hehe


Kalau sebelumnya kita sudah ngobrol soal teknik kick down, buat akselerasi di mobil bertransmisi matik, kali ini gan soal fitur overdrive. Namun memang, beberapa pemilik kendaraan bertransmisi matik, termasuk ane belum paham sama over drive. Hahaha

Makanya pas tadi ane ngulik artikel, nemu di Kompas.com dan beberapa media otomotif lainnya mengupas soal fitur ini. Sangat bermanfaat gan harus diakuin. Terima kasih para jurnalis otomotif.

Soal posisinya dulu gan, tombol overdrive biasanya da terletak di knob transmisi, supaya mempermudah akses pengemudi untuk mencapainya ketika berkendara.

Jangan Malu-maluin Gan, Sudah Paham Fitur Overdrive?
Foto Intersport.id

"Biasanya pengguna transmisi otomatis awal hanya tahu posisi transmisi D, buat mobil bisa jalan. Padahal saat ini ada fitur yang bisa dimanfaatkan, untuk mendapatkan pengalaman berkendara layaknya mobil transmisi manual," ucap Technical Support Auto2000 Agus Mustafa kepada Kompas.com.

Ketika mobil berjalan normal biasanya overdrive sedang bekerja. Ini membuat kendaraan melaju hingga gigi tertinggi.  Namun perlu dicatat ini gan, saat overdrive mati, dengan cara menekan tombol overdrive dan melihat tanda “O/D off” pada instrumen panel, ICU kendaraan memerintahkan transmisi tidak menggunakan gigi tertingginya.

Begini mudahnya, jika transmisi mencapai lima percepatan, dengan overdrive mati hanya sampai di gigi empat.
Memang biasanya pengemudi hanya tahu teknik kick down buat mendapatkan torsi, tapi dengan hadirnya overdrive jadi lebih memudahkan.

Jangan Malu-maluin Gan, Sudah Paham Fitur Overdrive?
Foto Kompas.com

Kehadiran tombol overdrive, digunakan buat kenyamanan berkendara dengan memerintahkan gigi turun lebih rendah, tanpa memindahkan tuas transmisi. Jika fitur overdrive tidak ada biasanya overdrive sama dengan posisi D-3.

"Akibatnya kita mendapatkan torsi untuk berbagai kebutuhan misal mendahului kendaraan lain, menanjak, atau engine break. Ini baiknya pengemudi paham dan tahu bagaimana memanfaatkannya terutama untuk perjalanan selama musim mudik Lebaran," ujar Agus.

Bagaimana Gan? udah cukup jelas lah ya, mantap cendol gan. emoticon-Cendol Gan
Quote:


emoticon-Ngakak (S)


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di