alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
Sambal Pete Ikan Tongkol Untuk Generasi Millennial
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5be015eda2c06edf258b4567/sambal-pete-ikan-tongkol-untuk-generasi-millennial

Sambal Pete Ikan Tongkol Untuk Generasi Millennial

Sambal Pete Ikan Tongkol Untuk Generasi Millennial


Sambal seakan sudah menjadi kewajiban saat makan. Namun pernahkah kamu mendengar tentang sambal ikan tongkol? Sambal ini sudah tidak asing lagi bagi sebagian masyarakat yang hidup di pesisir pantai dan mereka yang hidup di Kepulauan Seribu. Untuk Wakulovers yang ingin membuatnya di rumah, berikut Wakuliner sebagai pusat Pesan Makanan Nusantara akan mengulasnya dengan detail.

Bahan
• 25 cabe rawit atau sesuai selera
• 6 siung bawang merah
• 2 siung bawang putih
• Garam secukupnya
• Gula pasir secukupnya
• Sedikit vitsin jika suka
• 3 atau 4 papan pete
• 1 buah ikan tongkol segar ukuran sedang
• Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng ikan dan sambal
• 5 buah tomat

Untuk cara membuatnya, kupas pete, cuci bersih kemudian potong menjadi 3 bagian. Bersihkan ikan tongkol cuci bersih, potong menjadi 3 bagian kemudian goreng hingga matang angkat tiriskan. Suwir-suwir ikan tongkol, jangan terlalu kecil ketika mensuwir-suwir ikan tongkol. Cuci bersih tomat, cabe rawit, bawang merah, kemiri, dan bawang putih, setelah itu potong-potong. Catatan, untuk cabe rawitnya cukup ditusuk dengan ujung pisau saja asalkan ada ruang untuk udara panas keluar agar tidak meletus ketika digoreng. Setelah bahan untuk sambal sudah dipotong kemudian ditumis atau digoreng dengan minyak secukupnya sampai matang.

Kemudian haluskan sambal, kamu dapat menggunakan blender dengan menambahkan sedikit minyak goreng. Selanjutnya, tumis ikan tongkol yang telah disuwir-suwir ke dalam wajan dengan sedikit minyak goreng sebentar saja. Masukkan pete ke dalam wajan yang berisi ikan tongkol, tumis lagi sebentar, masukkan sambal yang telah dihaluskan dan aduk rata. Jika perlu kamu dapat menambahkan sedikit minyak goreng dan tambahkan garam, gula pasir dan vitsin secukupnya. Cicipi sambal pete ikan tongkol jika sudah pas dan matikan api. Sambal pete ikan tongkol siap disajikan.

Ketika memasak sambal ikan tongkol, Wakuliner sangat menyarankan untuk menggoreng ikan tongkol terlebih dahulu, setelah itu kamu dapat menggunakan minyak bekas menggoreng ikan tongkol untuk menggoreng sambal, jadi kamu tidak terlalu banyak menghabiskan minyak goreng. Bagaimana, mudah bukan? Untuk kamu yang tidak memiliki waktu luang membuat sambal ini, kamu bisa memesannya secara online di wakuliner.com.

Wakuliner, Solusi Kuliner!
Silahkan download di Android & iOS dengan klik disini.
Atau kunjungi website kami di wakuliner.com
Untuk keterangan lebih lanjut, Telepon : (021) 5421 5151 atau HP / WhatsApp : 0811 1738 777
Kalo yang begini akayknya saya nggak bakat bikinnya walo udah dikasih tutorialnya. hahaha... minta dibikinan ah.


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di